GANTI BAHASA

Terbongkar Kenapa Cabai Naik di Musim Hujan

 Tidak salah lagi, musim hujan sudah mulai memasuki negara kita, siap siap harga cabai melonjak tinggi. Yang mengalami dampak kerugian yang cukup besar adalah konsumen yang berjualan makanan pedas, seperti warteg, masakan padang, bahkan tukang gorengan pun ikut merasakan dampak dari naiknya harga cabai tersebut.

www.dwisangpetani.com


Selidik demi selidik ternyata ini yang menyebabkan harga naik utuk cabai di musim hujan, yang di antaranya yaitu"

1. Sedikitnya Setok Cabai

Iya benar sekali, sedikitnya setok cabai yang ada, sangat mempengaruhi harga cabai itu sendiri.

Kenapa setok cabai sedikit..?

Jawabanya adalah karena sedikitnya petani yang menanam cabai di saat musim penghujan tiba.

Kenapa demikian,..?

Karena mereka selalu merugi, karena biaya menanam, beli bibit, pemupukan, penyemprotan, dan perawatan lainnya, tidak sebanding dengan hasil panen. Biarpun orang awam selalu menduga"

Wah" petani cabai pada kaya nih, harga cabai mahal banget, melebihi harga daging.

Itu salah besar karena petani juga bingung mau menjual cabainya, karena utuk menutup kerugian yang terlalu besar maka dari itu terpaksa harga di naikan.

2. Gagal Panen

Seperti yang sudah saya ulaskan di atas, yang mana petani mengalami kerugian, ini masih sedikit maklum. Tapi kali ini kalo sampai gagal panen pastilah petani merugi 100%.

Penyebab gagal panen, biasanya di akibatkan karena kelembaban tanah yang tinggi, sehingga memfaktori tumbuhnya jamur pada bagian pengakaran. Ini yang menyebabkan, tanaman cabai daunya kriting, susah tumbuh, bahkan kalo tumbuh dan berbunga, belum tentu bunga itu bisa berubah menjadi buah, yang ada malah rontok, lalu tanaman layu dan mati.

Demikian ini yang menyebabkan setok cabai semakin sedikit.

Sebetulnya ada petani yang menyiasati dengan menggunakan metode ayoman plastik ( metode sungkup) dan membuat parit utuk mencegah air yang terlalu besar masuk ke tanah.

www.dwisangpetani.com


Ayoman plastik dibuat dengan cara di bikin tenda atau sejenis atap yang mana atapnya menggunakan plastik yang tembus cahaya.

Dan media tanahnya juga di sungkup dengan plastik.


BACA JUGA: 

Cara Menanam  Cabai di Teras rumah


Ini bisa memungkinkan tanaman cabai 70% bisa tumbuh dan berbuah. Tapi tidak memungkinkan akan banyak buahnya.

Biarpun berbuah kadang ada yang buahnya bagus, dan kadang juga ada yang buahnya belum menua mulai membusuk" ini yang menyebabkan petani kadang memanen buah dalam bentuk ijoan, sehingga kualitas pedasnya kurang, biasanya pada cabai rawit.

Tapi kalo masih bisa terkena sinarmatahari atau masih cuaca bisa panas biarpun setengah hari kemungkinan tanaman cabai lumayan bagus. 

Cara metode ayoman plastik ini membutuhkan biaya yang lumayan, di samping itu memakan waktu untuk membuatnya, sehingga petani jarang yang melakukanya.

Adapun cara lain utuk menyiasati cabai yang mahal, biasanya para penjual sayur mateng, membuat cadangan setok cabai ketika musim penghujan mau tiba, di saat itu cabai masih murah. Adapun caranya, dengan membuat cabai itu kering, dengan cara menjemurnya, lalu di simpan di plastik utuk persedian di saat cabai mahal.

Cuman kekurangan cara di atas adalah, rasa cabainya pedasnya sedikit berkurang, karena zat cair pemedas pada buah cabai sudah hilang saat proses penjemuran.

Okeh,...demikian sedikit tentang ulasan kenapa cabai di musim penghujan selalu naik, semoga bisa bermanfaat dan paling tidak bisa sedikit menambah wawasan kita. Baiklah saya akhiri artikel ini dengan ucapan Terimakasih.

0 Response to "Terbongkar Kenapa Cabai Naik di Musim Hujan"

Post a Comment

IKUTI BLOG INI