GANTI BAHASA

Budidaya Porang Omset Sangat Lumayan

Porang merupakan jenis umbi umbian yang sekarang lagi marak di budidayakan di Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena hasil panen porang bisa mencakup jutaan bahkan milyaran rupiah.

Hasil panen tanaman porang kebanyakan di ekspor ke luar negri" seperti Jepang dan cina". Di sana umbi porang di jadikan makanan, kosmetik dan prodak prodak lain yang nyatanya bisa laku di pasaran.

Di indonesia salah satu petani porang yang banyak yaitu di daerah madiun, jember dan daerah jawa timuran, tanaman ini 1 hektar bisa panen mencapi 16ton, dengan demikian bisa meraup pundi pundi uang yang banyak.

Berikut adalah cara menjual porang"
www.dwisangpetani.com
Budidaya porang

Porang sendiri adala h umbi yang sangat besar bisa mencapai 3kg 1 umbi" dan apabila di jual dalam bentuk basah porang ini sekarang di hargain 2.500 rupiah perkilo.
Dan apabila berbentuk irisan yang sudah di keringkan porang ini harganya mencapai 25.000 rupiah perkilo, dan apabila di jual dalm bentuk serbuk atau tepung" 1kgnya di hargain 600.000 rupiah.

Bisa di hitung sediri apabila 1 hektar bisa panen 16 ton pasti bukan sedikit lagi untungnya.

Cara budidaya porang


Pembibitan porang bisa di lakukan menggunakan bijinya dari bunga porang, atau bisa menggunakan umbinya, atau juga bisa menggunakan umbi kecil yang tumbuh di daun porang, atau di ketiak batang daun.

Penanaman


Porang bisa tumbuh subur di tanah yang berhumus dan berpasir" dan di naungi oleh pepohonan yang tinggi" dalam arti tanaman porang membutuhkan sinar matahari 70% dia bisa tumbuh subur".
Apabila di tanam di lahan lepas dengan sinar matahari 100% sebetulnya masih bisa tumbuh cuman hasilnya kurang maksimal.

Cara menanamnya pun cukup mudah tinggal buat lubang sedalam 1 jengkal dan lebar 10cm bibit porang sudah bisa berkembang dengan baik. Tapi dengan catatan" tanahnya di gemburkan dulu seluas yang mau di tanam porang.

Penanaman porang sebaiknya di beri jara 1m antara tanaman yang satu dengan tanaman yang lain, krena tanaman ini bisa berkembang dengan postur batang yang besar dan daun yang lebar" sehingga atara satu sama lainya tidak berhimpitan.

Perawatan tanaman porang


Dalam perawatan tanaman porang soabat cukup melakukan penyiangan rumput liar dan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman porang, dan melakukan penggemburan tanah 1hari sebelum melakukan pemupukan.

Pemupukan di lakukan dengan memberi pupuk kandang pada usia 2 minggu setelah tanam, di susul dengan memberi pupuk urea setelah 1bulan" kemudian pupuk Sp36, setelah 3 bulan, dan 6 bulan kemudian di beri lagi pupuk Sp3.

Utuk hama tanaman porang kalau hamanya hewan pemangsa umbi seperti" tikus, babi hutan dan lain sebagainya, tidak perlu di hiraukan" karana porang mengandung zat yang apabila di makan mentah bisa menyebabkan muntah dan gatal.

Yang perlu di perhatikan adalah hama pada tanah, dan virus yang bisa menyebabkan busuk umbi, daun menguning dan kering, kalo kejala ini terjadi sobat bisa' memberi perpaduan GDM SAME, GDM Black Bos dan POC GDM yang mengandung unsur hara makro mikro lengkap sehingga tanaman tumbuh sehat karena antibodi tanaman meningkat.

Setelah priode satu biasaya 1,5 th umbi sudah bisa di panen tapi masih dalam keadaan kecil biasanya setengah kilo atau1kg beratnya" lebih menghasilkan sobat bisa panen priode 2 atau 3" sehingga apabila tanaman subur bisa mencapai 3kg per umbi.

Masa panen


Masa panen bisa di lakukan dengan cara mencabut tanaman dan mengambil umbinya, sedangkan utuk yang umbi kecilnya bisa di jadikan bibit baru.

Utuk pengolahan setelah panen sobat bisa langsung di jual dalam bentuk basah atau umbi utuh, atau bisa di iris dan di jemur, atau bisa di haluskan dan di ambil tepungnya.

Hasil panen


Sobat bisa memasarkan hasil panen lewat pengepul atau langsung fia online , dan mengekspornya sendiri.

Demikian sekilastentang " budidaya porang omset yang lumayan, semoga bisa bermanfaat terimaksih

0 Response to "Budidaya Porang Omset Sangat Lumayan"

Post a Comment

IKUTI BLOG INI