GANTI BAHASA

Penyebab dan Cara Mengatasi Tanaman POT mati

Oke sobat ketemulagi dengan dwisangpetani pada kesempatan kali ini dwisangpetani yang juga memiliki Channel youtube Dwi siswanto" akan berbagi pengalaman tentang kenapa tanaman pot bisa tiba tiba layu dan kemudian mengering aluas tidak hidup lagi.

Awal mula saya lihat tanaman pot bongsai anggur saya, yang layu" dan saya kira karena faktor dari kurang penyiraman saja, tapi setelah saya siram beberapa hari kemudian tanaman bongsai anggur saya malah mati" mungkin di antara sobat sekalian pernah mengalaminya' maka dari itu tujuan saya apload artikel ini adalah mengasih tau dan juga bagaimana cara mengatasinya.
Mari kita simak ulasan berikut di bawah ini"
www.dwisangpetani.com
Penyebab tanaman pot
Mati

Penyebab dan Cara Mengatasi Tanaman POT Kering



Pebyebab yang bisa mengakibatkan tanaman pot kering

Adapun faktor faktor yang menyebabakan tanaman dalam pot kering yaitu"

1. Terlalu banyaknya penyiraman


Kebanyakan orang beranggapan salah' kenapa?..karena, mereka mengganggap bahwa tanaman di dalam pot bagus apabila sering di siram setiap hari, khususnya pagi dan sire" bahkan ada pula yang beranggapan menyiramnya 1 hari 1 kali, ini juga salah' loo, .
Saya kasih tau" penyiraman yang baik itu sebaiknya langsung mengecek kedalam media tanamnya. Sobat bisa mengambil atau menusukan jari ke tanah tersebut utuk mengetahui bahwa kapan akan di siram dan kapan belum waktunya di siram.

Kenapa penyiraman ini harus benar benar tepat pada tanaman yang ada di pot atau di teras bahkan dalam rumah"
Penyiraman yang tepat dan tidak terlalu berlebihan, membuat akar sehat dan tidak busuk, dan juga tanah yang sehat itu' tanah yang tidak mengandung bakteri dan jamur.
Jadi langkah yang tepat utuk penyiraman, sebaiknya di lakukan jadwal rutinitas" lakukan pengecekan dulu baru penyiraman.

2. Kurangnya Cahaya matahari


Cahaya matahari merupakan sumber cahaya yang di butuhkan oleh tumbuhan utuk berfotosintesis atau mengolah makanan, nah apabila tanaman sobat yang berada di dalam pot kurang terkena sinar matahari, kemungkinan akan mati' biarpun tidak secara langsung.
Kenapa demikian..? Karena tanaman tersebut tidak makan karena tidak bisa mengolah makanan, yang akhirnya layu.

Utuk mengatasinya" sobat harus meletakan tanaman pot yang ada di dalam atau teras rumah dengan keadaan masih terjangkau matahari.

3. Kurangnya cairan dalam tanaman


Kurangnya cairan pada tanaman juga bisa mengakibatkan layu dan kering. Hal ini di sebabkan karena kurangnya penyiraman dan penempatan tanaman pot yang salah.
Pebempatan tanaman dalam pot sebaiknya di sesuaikan dengan suhu dan penguapan yang sesuai. Jadi antara penguapan dan cairan dalam tubuh tanaman seimbang.

Solusinya sebaiknya apabila tanaman kurang cairan segera di pindah tempatnya yang lebih teduh, dan jangan terlalu lama membiarkan tanaman tidak di siram.

4. Tanaman kekurangan nutrisi



Tanaman yang kekurangan nutrisi atau zat hara yang kurang biasanya akan gagal tumbuh atau yang sering orang bilang tanamanya kerdil.

Solusi sebaiknya lakukan penyiraman sesuai kelembaban tanahya, dan lakukan pemupukan yang tepat.

5.Terserang penyakit, hama dan bakteri


Ini dia yang menyerang tanaman bongsai anggur saya" yaitu terserang hama pada bagian pengakaran, yang hama ini suka dengan tanah yang gembur dan terlalu lembab, dan apabila menyerang kulit akar akan gropos bahkan habis, yang tersisa tinggal batang kayu akarnya saja.
Sehingga tanamn layu dan daun juga batangnya mengering.

Cara perawatan dan mengatasinya
Setiap melakukan penyiraman sebaiknya di campur dengan pestisida alami, atau apabila sudah memunculkan tanda tanda terserang" sobat bisa gunakan insektisida dengan dosis sedikit di campurkan dengan air yang akan di gunakan utuk menyiram.
Dan penyiraman di lakukan dengan melihat kelembaban tanahnya.

6. Pemakaian media yang salah


Ini yang sering kita tidak sadari" dengan menanam tanaman baik itu tanaman hias atau yang lain, apabila mau di tanam di dalam pot biasanya menggunakan media kompos pupuk kandang dan di campur tanah, tapi dalam kenyataanya, justru kompos dan pupuk kandang sering mendatangkan hama akar.

Hama akar akan menyerang tanaman dengan cara menggrogoti akar sampai habis, ini bisa menyebabkan tanaman daunya layu dan kering.

Solusi, sebaiknya dalam menanam di pot, utuk media dasar, pakai tanah biasa" yaitu tanah merah atau tanah lempung berpasir 75%, baru 25% di atasnya kasih kompos pupuk kandang, jadi hama tidak maauk ke bagian pengakaran. Karena cendawan dan kerabatnya biasanya mengejar pupuk kandang dan kompos.

Sekian dulu artikel dari saya mengenai, penyebab dan cara mengatasi tanaman pot pati, semoga bisa bermanfaat terimakasih.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Tanaman POT mati"

Post a Comment