GANTI BAHASA

Cara Agar Tanman Mangga Cepat Berbuah | praktek pupuk organik limbah dapur

Ketemu lagi dengan dwisangpetani, oke ya sobat' pada kesempatan kali ini dwisangpetani akan menerangkan atau berbagi pengalamn bagimna agar tanaman mangga kita bisa cepat berbuah.

Tanman mangga sejatinya adalah tanaman yang bisa berbuah sesuai dengan awal pembibitanya.

Saya contohkan"

Pembibitan tanaman mangga lewat "tumbuh biji" 
mempunyai kemampuan berbunga dan berbunga dalam waktu paling cepat 6 -7 tahun.

Pembibitan tanaman mangga dari hasil " sambung pucuk" 
mempunyai kemampuan dalam berbunga dan berbuah antara 3- 4 tahun.

Pembibitan tanaman mngga dari hasil "Cangkok" mempunyai kemampuan berbuah lebih cepat, asalkan bibit induk yang di cangkok sudah pernah berbuah yaitu kisaran 2 - 3 tahun sudah mulai berbuah.

Tapi yang sering jadi kendala adalah kenapa tanaman mangga kita tidak kunjung berbuah, nah di artikel ini saya akan berbagi pengalaman pribadi tentang tanaman mangga saya yang sudah berbunga dan akan segera berbuah, yang mana tanaman ini saya pupuk cukup menggunakan pupuk organik limbah dapur.

Bagaimana prosesnya mari sobat di simak artikel berikut"

Cara Agar Tanaman Mangga Cepat Berbuah

www.dwisangpetani.com


Penggemburan tanah


Tanah pada sekeliling tanaman mangga sebaiknya di gemburkan terlebih dahulu' di samping menggemburkan tanah dengan cara di cangkul, rumput liar yang ada pun harus di buang. Tujuan di lakuan
penggemburan adalah"
Supaya dalam proses penyiraman maupun pemupukan, air mudah terserap oleh tanah, dan langsung menuju kebagian pengakaran.

Memberi pupuk organik limbah dapur

www.dwisangpetani.com
pupuk limbah
dapur

Langkah berikutnya yaitu memanfaatkan sampah atau limbah dapur, di sini yang saya maksud dengan limbah dapur yaitu" seperti nasi sisa, bekas sayuran yang sudah di buang, cangkang telor, daging sisa, dll yang masih tergolong organik ( bukan plastik)
Cara mengaplikasikanya ke tanaman mangga yaitu cukup di potong potong sampahnya, kemudian taburkan ke bagian pengakaran tanaman, yang tanahnya sudah di gemburkan seperti yang sudah saya terangkan di atas.
Dan siap utuk di urug"

Memberikan urugan dengan lumpur selokan

www.dwisangpetani.com
mengurug
dengan lumpur selokan

Setelah sampah organik di tebarkan selanjutnya proses fermentasi dengan cara mengurugnya" dengan menggunakan lumpur yang ada pada selokan. lupur yang ada pada selokan akan berubah warna yang tadinya berwarna kehitaman dalam 5 hari akan berubah seperti tanah biasa yaitu kecoklatan.

Memberikan siraman dengan menggunakan air bekas cucian beras

www.dwisangpetani.com
menyiram dengan air
cucian beras

setelah pengurugan dengan menggunakan lumpur selokan, selanjutnya lakukan penyiraman dengan menggunakan air bekas cucian beras, dilakukan dengan rutin 2 hari sekali di seling dengan penyiraman seperti biasa yaitu menggunakan air bersih.

dengan cara metode yang saya jelaskan di atas, maka tanaman mangga" yang sudah berumur 3 tahun ke atas yang baik itu dari hasil pembibitan cangkok maupun pebibitan setek dengan sambung pucuk 1 priode kedepan pas musim mangga berbuah, akan menunjukan hasilnya, mangga sobat bisa mulai mengeluarkan bunga. Biarpun itu baru bunga yang pertama, yang sering orang sebut dengan belajar berbuah.

lebih jelasnya tonton vidionya

tapi biasanya apabila tanaman mangga yang baru belajar berbuah buahnya akan rontok, atau sisa 1 buah doang, atau bahkan akan rontok semua.

tapi setidaknya ini hanya sementara yang akan di susul dengan buah atau bunga yang nantinya akan menghasilkan taaman mangga berbuah lebat.

sekian dulu tips pertanian mangga dari saya yaitu tentang Cara Agar Tanaman Mangga Cepat Berbuh semoga bisa bermanfaat. Atas perhatianya saya ucapakan banyak terimakasih.

0 Response to "Cara Agar Tanman Mangga Cepat Berbuah | praktek pupuk organik limbah dapur"

Post a Comment