GANTI BAHASA

Tips Menanam Tomat di Musim Hujan dengan Media Polybag

Ketemu lagi dengan dwisangpetani, pada kesempatan kali ini dwisangpetani akan berbagi tip cara menanam tanaman tomat di musim hujan, yang mana sebetulnya pada musim hujan ini sangat susah dan sulit utuk menanam jenis tanaman tomat ini.
Kebanyakan petani mengeluh karena tanamanya rentan sekali terserang hama dan penyakit. Utuk itu saya akan mencoba berbagi tips bagimana cara menanam tomat pada waktu musim hujan.

Tidak perlu berpanjang lebar, langsung saja sekarang ke topik pembahasanya, simak baik baik supaya tidak gagal paham.

Tips Menanam Tomat di Musim Hujan dengan Media Polybag

www.dwisangpetani.com

Persiapan media dan polybag tanaman tomat


Begini sobat, karena budi daya tomat ini di lakukan pada musim hujan, dan tanaman tomat paling rentan dengan hama dan penyakit pada musim ini, maka dari itu media polybag yang akan saya gunakan adalah media polybag tertutup,

apa itu media polybag tertutup..?

Media polybag yang di gunakan utuk menanam dan pada bagian permukan media tanah tertutup,..

Buat apa fungsinya..?

Fungsinya" utuk menompang air hujan supaya tidak terlalu membanjiri media tanam yang terdapat di dalam polybag, sehingga kelembaban media selalu setabil dan tidak menyebabkan akar membusuk yang akan membuat tanaman tomat pucuk daunya menguning kemudian mengriput karena kebanyakan penyakit.

Cara penyiapan media tanam
Utuk media tanam, saya akan menggunakan "
Tanah humus ( tanah subur) : 2
Kulit padi giling ( merang) : 1
Pupuk kandang yang sudah siap pakai. : 1
dengan perbandingan 2:1:1

Proses pembuatan media tanam tanaman tomat,
Utuk membungkus media tanam di atas, saya menggunakan polybag dari plastik kresek, begini cara pembungkusan medianya.

www.dwisangpetani.com

  • Ambil 2 helai kantong kresek ukuran sedang.
  • Selanjutnya rangkapkan ( dobelkan) plastik tersebut, kemudian isi dengan media yang saya sudah terangkan di atas tadi.
  • Setelah itu beri lubang pada bagian bawah media kantong plastik ini, sobat bisa menggunakan tusuk gigi atau kayu utuk melubanginya" tujuanya utuk pembuangan air di saat penyiraman.

Baca juga"
Cara Mempersiapkan lahan tanam

Persiapan media selesai sekarang menuju ke tahap berikutnya.

Penanaman bibit tanaman tomat


Pada tahap ini saya anggap sobat sudah punya bibitnya ya" apabila belum punya bibitnya sobat bisa lakukan penyemaian terlebih dahulu bagaimana caranya" si mak, cara semai tanaman tomat.
Langsung saja, kita menuju ke proses penanaman,


  • Ambil media yang sudah di siapkan di atas,
  • Selanjutnya buat lubang di tengah media sekitar muat utuk ukuran bibit pada polybag kecil.
  • Setelah itu kemudian ambil bibit yang sudah siap tanam, bukak polybagnya, kemudian tanamkan pada media yang ada di dalam plastik kresek tersebut.
  • Lakuman penyiraman pada media sekedarnya saja.
  • Lakukan penutupan pada bagian permukaan atas media, di usahakan air hujan tidak masuk ke dalam polybag plastik kresek tersebut.

Penanaman selesai, sekarang tinggal mebuju ke perawatan tanaman.

Perawatan rutin tanaman tomat


Usaha budidaya tanaman tomat akan berhasil atau tidaknya, itu tergantung dari perawatanya. Maka dari itu lakukan perawatan yang baik dan tepat.

Adapun langkah langkah dalam perawatan tanaman tomat dalam polybag adalah sebagai berikut"

Penyiraman
Penyiraman di lakukan dengan menyesuaikan kelembaban tanah pada media polybag tersebut. Apabila polybag tersebut sudah mulai kekurangan air lakukan lah penyiraman dengan menycampurkan pupuk organik cair ke dalam air dengan dosis 5 liter dalam 1 tutup botol POC. Campurkan poc setiap sobat akan menyiram tanaman tomat tersebut.
Karena medianya tertutup sebaiknya penyiraman menggunaan alat berupa botol bekas minuman yang di potong kemudaian pada tutupnya di beri potongan selang yang di runcingi.
Dalam penyiramanya, tusukan selang tersebut ke dalam media polibag.

Penyemprotan rutin
Penyemprotan dilakukan bertujuan agar tanaman terbebas dari hama.
Penyemprotan di lakukan setiap 1 minggu 2x, sobat bisa menggunakan pestisida alami utuk menyemorotnya.
Lakukan penyemprotan dari batang sampai keseluruh bagian daun.

Pemangkasan
Pemangkasan di lakukan utuk membuang tunas tunas air yang muncul pada ketiak daun, bertujuan agar tanaman bisa maksimal tumbuh dengan 1 atau 2 cabang saja. Sehingga buahnya nanti bisa maksimal.

Pembasmian hama tanaman tomat
Hama dan penyakit tanaman tomat pada musim hujan biarpun perawatanya kaya apa tetap akan berdatangan, oleh karena itu pembasmian bisa di lakukan dengan penyemprotan.
Apabila penyakit kutu putih dan trip daun mulai muncul sebaiknya semprot dengan insektisida utuk tanaman, penyemprotan di lakukan dengan campuran insektisida dosis rendah, dan di lakukan secara rutin dan berkala. 2hari 1x, sampai hama dan penyakit benar benar hilang.

Pembuahan tanaman tomat

www.dwisangpetani.com

Tanaman tomat yang perawatan dan pemupukanya benar, maka dia akan tumbuh subur dan segera berbunga. Tapi jangan senang dulu, karena tanaman tomat yang sudah berbunga belum tentu bisa berbuah, kebanyakan kasus yang di alamai petani kaya gitu.

Utuk menycegah terjadinya kerontokan bunga pada tanaman tomat sebaiknya sobat bisa semprotkan perangsang bunga dan buah pada tanaman, dan juga pemupukan majemuk juga di anjurkan, seperti NPK, tujuanya untuk menujang daya tahan dan unsurhara yang akan mendominnan ke tanaman tomat sehingga bunga tidak rontok dan akan menjadi buah.

Proses panen tanaman tomat

www.dwisangpetani.com

Panen tanaman tomat di lakukan apabila tomat sudah mulai menguning dan memerah, dan cara pemetikannya dengan memotek batang buah supaya di ikutkan sehingga tanaman tomat tidak mudah busuk.
Ada juga yang proses pemanenanya pas masa hijau, dalam arti buahnya belum masak atau matang" ini di lakukan biasanya karena ada pesanan dari luar atau memang di sengaja utuk di pasarkan dalam bentuk seperti itu yaitu masih berujut tomat yang masih hijau.

Lebih jelasnya silahkan tonton vidionya" di bawah ini..👇


Di anjurkan"
Cara menyemai biji tomat yang baik dan benar
Proses penyiapan bibit biji tomat yang agar berkualitas
Mengenal jenis tomat berdasarkan karakter tanamannya

Oke sobat sekian dulu artikel tentang" Tips Menanam Tomat di Musim Hujan dengan Media Polybag dari saya semoga bisa berman faat, silahkan di share dan di bagikan dengan yang lain, terimakasih.

6 Responses to "Tips Menanam Tomat di Musim Hujan dengan Media Polybag"

  1. Halo ketemu lagi kita hehehe.. Di daerahku para petani Tomat gagal sekarang ini, tapi sebelumnya ada yg berhasil. Mungkin, saya bisa mencoba mempraktekkan seperti yang sudah pak boss sampaikan itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba, mase" semoga berhasil,..lebih bagus di taruh di teras, yang kena matahari tapi tidak kena hujan...

      Delete
  2. Dari dulu aku selalu terkendala kalau nanam tomat, akhirnya gak lagi-lagi deh. Tipsnya nanti dicoba deh 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus sering mencoba mbae..biar lebih tau..hee

      Delete
  3. pas nih, saya baru nyemai bibit tomat di polibag. Trims infonya

    ReplyDelete
  4. metodenya mirip dengan cara menanam cabe rawit di polybag juga ya om,

    ReplyDelete