GANTI BAHASA

Jenis Hama Pohon Mangga dan Cara Membrantasnya

Ketemu lagi dwngan saya dwisangpetani, ome ya' sobat, pada kesempatan kali ini dwisangpetani akan berbagai atau menuliskan sebuah artikel yang membahas tentang " hama pada pohon mangga" dan juaga akan saya jelaskan bagaimana cara membrantasnya.

Baik sobat" tanaman mangga akan tumbuh baik dan berbuah lebat apabila dalam suatu tanaman mangga tidak terserang hama ataupun penyakit, tapi yang kerap terjadi yaitu tanaman mangga mengalami gangguan hama atau penyakit yang tidak di duga, berikut akan saya perkenalkan hama dan penyakit pada tanaman buah mangga, yang di antaranya yaitu"

www.dwisangpetani.com

Jenis Hama Pohon Mangga dan Cara Membrantasnya


1. Kepik Mangga


Hama ini terkesan sangat menyebalkan,
Hama ini menyerang buah mangga sehingga buah mangga menjadi bintik bitik hitam, dengan serangan hama ini buah bisa saja menjadi busuk dan menyebabkan rotok di saat belum tua.

Cara mengatasinya"

  • Utuk pencegahan sebaiknya semprot buah dengan pestisida alami, dengan cara ini lebih evisien dan tidak berbahaya saat di konsumsi nanti apabila sudah tua.
  • Apabila sudah terlanjur terserang sebaiknya di buang, buah yang sudah terserang agar tidak menular ke buah yang lain.
  • Bisa juga di semprot dengan pestisida kimia, insektisida, tapi kurang bagus saat buah di konsumsi.


2. Hama putih


Hama ini menyerang pada bagian daun tanaman manga, dengan cara menghisap sari pada daun kemudian daun menghitam dan kering.

Cara pembasmianya"

  • Cukup semprotkan insektisida berbahan aktif merata ke bagian daun, penyemprotan ini sebaiknya di lakukan pada sore hari apabila di depan rumah, soalnya takut kalo banyak anak kecil pada main, dan keracunan.
  • Penyemprotan di lakukan 1minggu sekali sampai hama mati dan musnah.


3. Bubuk buah mangga



Hama jenis ini menyerang tanaman mangga pada bagian buahnya, kadang juga menyerang bunga dan daun muda pada mangga.
Buah yang terserang hama ini terlihat biasasaja, tapi apabila di belah buah busuk pada bagian dalamnya.
Ini yang menyebabkan buah jatuh dan busuk.

Pembasmianya"

  • Cukup semprotkan pestisida alami utuk pencegahan.
  • Apabila sudah terserang, semprotkan' zat Prothephon 480SL kepada buah .


4. Lalat buah


Jangan di sangka penyerangan lalat buah ini tidak berbahaya, apabila di biarkan terus menerus bisa menyebabkan fatal pada kelangsungan kehidupan tanaman mangga, awalnya biasa saja tapi apabila lalat buah sudah bertelor kemudian menjadi larva, ini yang bisa menyebabkan busuk pada bagian dalam buah.

Cara membrantasnya"

  • Utuk pencegahan sobat bisa semprot dengan pestisida alami.
  • Sebaiknya bungkus buah dengan plastik atau koran secara rapat tapi di beri lubang sedikit. Sehingga lalat buah tidak bisa masuk.
  • Apabila terlanjur terserang sebaiknya buah di buang apabila buah sudah kelihatan bitik hitam dan menguning, belum saatnya.


5. Wereng


Hama jenis ini banyak menyerang tanaman mangga biasanya pada saat musim kemarau. Hama wereng menyerang tanaman mangga khususnya pada bagian pembungaan. Apabila bunga di serang dengan sekala banyak, oleh hama wereng akan mengakibatkan bunga kering dan rontok, karena cairan di serap oleh wereng tersebut, sehingga sobat bisa gagal panen.

Cara mengatasinya"

  • Sobat bisa melakukan pengasapan pada pohon mangga, serta pembeian semprotan dengan pestisida natural BVR.


6. TUNGAU



Tidak kalah dengan wereng jenis hama ini juga menyerang tanaman mangga lewat bunganya. Dan cara pembrantasanya juga sama" semprotkan pestisida natural BVR, dan lakukan pengasapan.

7. Penggerak batang


Hama yang satu ini sangat di waspadai oleh kalangan petani mangga, karena kerap sekali membuat tanaman mangga mati.
Ciri ciri khusus tanaman mangga yang terkena penggerak batang ini yaitu, biasanya pada batang mengeluarkan cairan kuning, tapi bukan getah, dan terdapat lubang kecil pada batang. Apabila di potek atau di pangkas batang akan bolong.

Penanggulangan hama ini"

  • Sobat bisa menginjeksi, atau menyuntikan cairan insektisida pada bagian tengah batang yang terkena hama tersebut, dengan catatan tanaman tersebut tidak sedang berbuah.


8. Kutu tempel ( sebutan sendiri)


Hama jenis ini hampir mirip dengan lintah, dia menempel pada batang dan bentuknya tipis, bila di lihat sekilas hampir tidak terlihat, warnanya coklat menyerupai corak kulit tanaman mangga.

Hama ini akan bergerombol nempel di kulit, dan akan menghisap sari kulit, kulit akan mengering dan terdapat seoerti cork hitam.

Pembasmianya; semprot dengan insektisida berbahan aktif, di semua permukaan vatang, terutama pada bagian yang ada kutu tempelnya.

Demi kian di atas adalah hama pada pohon mangga dan cara membasminya,

Lebih jelasnya lihat"

Vidio Jenis hama tanaman mangga dan cara membasminya"


Sekian artikel dan vidio mengenai "Jenis Hama Tanaman Mangga dan Cara Membrantasnya" semoga bisa bermanfaat terimakasih.

0 Response to "Jenis Hama Pohon Mangga dan Cara Membrantasnya"

Post a Comment