GANTI BAHASA

Mengenal Jenis Tomat Berdasarkan Karakter Tanamannya

Ketemu lagi dengan dwisangpetani, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tuntas tentang buah tomat, mulai dari pengenalan jenis jenis dan karakter tanaman tomat, pembudidayaan, sampai kandungan yang terdapat pada buah tomat.

Di blog dwisangpetani ini akan saya jelaskan tentang buah atau tanaman tomat satu persatu, yang akan saya tuliskan secara berkala dan akan saya sambung dengan artikel selanjutnya, tujuanya agar sobat tidak terlalu jenuh membaca artikel yang terlalu kepanjangan.

www.dwisangpetani.com
Tomat

Baiklah" utuk artikel pemula tentang tomat saya akan memulai dengan,

Mengenal Jenis Tomat Berdasarkan Karakter Tanamanya



Tanaman tomat mempunyai jenis dan karakter tanaman atau pohon yang berbeda beda, menurut sepengetahuan saya, ada 3 jenis tipe atau karakter tanaman tomat yang di antaranya yaitu,

1. Tomat tipe determinate


Tanaman tomat jenis ini mempunyai umur yang pendek biasanya di manfaatkan para petani dalam satu kali panen.

Adapun karekter jenis tanaman tomat determinate yaitu,

  • Pertumbuhan atau kelangsungan hidup tanaman akan berakhir dengan pemanenan buah yang pertama. Atau kata lainya berakhir dengan seiring pertumbuhan buah.
  • Memiliki umur yang singkat dan perkembangan batangnya sangat cepat.
  • Jenis tipe tanaman ini bagus utuk di budidayakan di negara berkembang, yang produksinya tidak terfokus pada segi kualitas ( bentuk dan ukuran ). Melainkan lebih mendominan ke segi kuantitas yang berkaitan erat dengan harga jual.


Berikut adalah contoh jenis tanaman determinate.
Tomat royal
Tomat lentana
Betafilla
Servo

2. Jenis tipe semideterminate


Tomat semideterminate merupakan hasil silang antara tomat determinate dengan tomat indeterminate. Tomat semideterminate mempunyai tinggi pohon mencapai 1 - 2 m, jumlah tandan dan hasil produksinya lebih banyak dari pada determinate.

Jenis tomat indeterminate pembudidayaanya lebih mudah, bagus di tanam di lahan terbuka, yang tidak begitu banyak membutuhkan perawatan yang intensif. Sobat bisa menanam di area pekarangan atau di perkebunan yang luas.

Contoh tanaman jenis tomat semideterminate
Fortuna 23
Royal 58

3. Tipe jenis tomat indeterminate


Tomat jenis ini mempunyai karakter yang di antaranya yaitu.

  • Pertumbuhan batang terus berlanjut begitu juga pertumbuhan buahnya.
  • Umur panennya lama dan pertumbuhan batangnya relatif lambat. Umurtanamanya lebih lama di banding dengan determinate.
  • Pertumbuhan tanaman tingginya mencapai 2 - 3 meter, sehingga harus memakai alat bantu berupa lanjaran.
  • Bisa tumbuh dengan baik pada media tanah atau juga secara hidroponik. baik itu secara terbuka (open field) ataupun ditanam di greenhouse.
  • Banyak di budidayakan di daerah negara maju seperti Eropa dan Amerika. Beberapa contoh jenis tomat indeterminate yaitu,

Tomat cery dan tomat beef, marta, ovation, natama super, sewety.

Setelah sobat sobat semua memahami jenis dan karekter tumbuhan tomat, jadi pada nantinya dalam pemilihan bibit utuk berbudidaya tomat sobat tinggal memilih jenis tomat apa yang mau di budidayakan.

Pembahasan susulan akan saya jelaskan pada artikel berikutnya yaitu mengenai, cara penyiapan bibit tomat dari biji yang berkualitas. Yang tentunya jangan sampai di lewatkan ya sobat sobat.

Sekian penjelasan tentang" Mengenal Jenis Omat Berdasarkan Karakter Tanamanya.
Saya akhiri pertemuan kali ini dengan ucapan banyak terimakasih atas kunjungannya dan perhatianya, sampai ketemu lagi di artikel berikutnya.

0 Response to "Mengenal Jenis Tomat Berdasarkan Karakter Tanamannya"

Post a Comment