GANTI BAHASA

Jenis Tanaman Buah yang Bagus utuk Komplek Perumahan

Artikel kali ini saya buat utuk tujuan, agar memudahkan para sobat yang tinggal di daerah kompleks perumahan, dalam menentukan tanaman apa saja yang bagus, cocok dan tumbuh subur di sekitar kompleks perumahan.

Yang mana sudah saya surfai di setiap perumahan ternyata jenis jenis tanaman ini yang bagus dan tumbuh subur bahkan bisa berbuah banyak.

Adapun tanaman yang saya maksud, akan saya coba jelaskan satu persatu mari di simak ulasanya, di bawah ini.

Jenis Tanaman Buah yang Bagus utuk Komplek Perumahan


1. Tanaman mangga

www.dwisangpetani.com
Tanaman mangga

Tanaman buah jenis mangga ini sangat bisa tumbuh subur dan bisa berbuah apabila di tanam di depan perumahan. Tanaman mangga tergolong tanaman yang bagus utuk komplek perumahan karena"

  • Memiliki akar yang ke dalam tanah, sehingga tidak merusak ubin ( bangunan).
  • Tanamanya rimbun, sehingga bisa membuat suasana sejuk.
  • Apa bila berbuah kaya akan manfaat.
  • Tinggi tanaman utuk hasil cangkok pun, sangat pendek, sekitar 3 - 4 m, jadi tidak mengganggu kabel listrik.


Adapun media yang bisa di manfaatkan, utuk menanam jenis tanaman ini adalah sobat bisa menggunakan pot berukuran besar atau lebih bagusnya lagi di tananm langsung ke media tanah.

Agar tanaman mangga yang sobat tanam di daerah perumahan ini cepat berbuah dalam jangka waktu yang pendek, sebaiknya pembibitan di ambil dari proses cangkok atau sambung pucuk.

Utuk perawatan, lakukan sesuai prosedur yang baik dan benar mulai dari penyiraman rutin, pemupukan, dan pembasmian hama.

Baca juga
Tips variasi tanaman mangga lain jenis, dan cepat berbuah.
Macam jenis mangga yang ada di indonesia

2. Tanaman Jambu (air maupun biji)

www.dwisangpetani.com
Jambu air dan biji

Jenis tanaman buah jambu juga sangat cocok utuk di tanam di daerah atau lingkungan komplek perumahan.
Tanaman jambu ini bisa tumbuh dengan buah yang lebat.

Seperti kebanyakan tanaman di area perumahan, media yang di gunakan bisa dengan pot, atau di tanam di tanah langsung.

Untuk menghasilkan buah lebih cepat, pembibitan tanaman jambu sebaiknya menggunakan media cangkok, sambung pucuk, atau bisa juga menggunakan setek batang.

Sama seperti tanaman yang lain, perawatan di mulai dengan, pemupukan, penyiraman, dan juga pembasmian hama.

Baca juga
Panduan lengkap cara budidaya jambu biji
Cara budidaya jambu air

3. Tanaman kelengkeng

www.dwisangpetani.com
Kelengkeng

Tanaman ini bisa tumbuh di tempat yang bersuhu panas maupun dingin, begitu juga dataran rendah maupun tinggi. Jadi cocok di tanam di komplek perumahan yang kebanyakan suhu udaranya panas.

Seperti kebanyakan tanaman, untuk memper cepat pembuahan' sebaiknya pembibitan di ambil dari cara, cangkok, sambung pucuk.

Tanaman kelengkeng bisa tumbuh dan berbuah rutin dengan menerapkan metode perawatan yang maksimal, yang di mulai dari penyiraman, pemupukan, dan juga pembasmian hama dan penyakit tanaman.

Baca juga
Budidaya tanaman kelengkeng


4. Buah srikaya

www.dwisangpetani.com
Buah Srikaya

Buah ini bagus juga ditanam di area kpmplek perumahan karena apabila di tanam dengan bibit proses cangkok, tanaman ini biarpun kecil tapi sudah bisa berbuah.

Ternyata buah srikaya juga banyak kaya akan manfaatnya, rasa buahnya harum, sangat manis, cuman bijinya lumayan banyak.

Tanaman srikaya tumbuh subur apabila pengairan atau penyiraman di lakukan secara rutin, selain itu' pemupukan juga harus seimbang, sehingga bisa menyuplai kebutuhan nutrisi pada tanaman srikaya ini. Pembasmian hama dan penyakit yang sering menyerang biasanya ulat daun, dan lalat buah.

5. Tanaman Sawo

www.dwisangpetani.com
Tanaman sawo

Jenus tanaman ini juga lumayan bagus di tanam di komplek perumahan, karena kalo dari hasil cangkok tanaman sawo sudah bisa berbuah biarpun ukuran tanamanya pendek.

Tanaman sawo juga tergolong tanaman yang tidak mengikuti musiman utuk bisa berbuah, seperti yang saya lihat, di tetangga rumah saya, tanaman sawonya pendek tapi sudah berbuah.



Perlu di perhatikan, karena tanah komplek perumahan merupakan hasil dari tanah urug, yang mungkin di ambil dari berbagai macam tanah yang belum tau asal usulnya, maka dari itu' sebaiknya di priksa dulu jenis tanah apa yang terkandung di dalamnya.

Atau bisa juga, sebelum melakukan penanaman alangkah baiknya tanah tersebut di gali terlebih dahulu kemudian di suburkan.

Kebanyakan tanah komplek pada dasarnya adalah persawahan, kemudian di lapisi tanah urugan paling tidak 1 meter dari permukaan tanah, jadi yang perlu sobat lakukan buat galuan 1m kemudian beri urugan dengan tanah yang sudah di olah.

Ini sangat menentukan utuk berlangsungnya pertumbuhan pada bibit, apabila tanaman buah sobat sudah besar dan akar mulai menembus lapisan tanah urug biasanya tanaman akan tumbuh subur dengan sendirinya, karena tanah pesawahan biasanya subur.

Baca juga
Cara mudah mempersiapkan lahan tanam

Saya rasa sekuan dulu artikel singkat tentang "Jenis Tanaman Buah yang Bagus utuk Komplek Perumahan" dari saya semoga bisa bermanfaat. Atas perhatianya saya ucapkan banyak terimakasih.

0 Response to "Jenis Tanaman Buah yang Bagus utuk Komplek Perumahan"

Post a Comment