GANTI BAHASA

Cara Pembibitan Tanaman dengan Sambung Sisip

Berbagai macam cara bisa di jadikan utuk pembibitan tanaman, mulai dari generatif ( tanam biji ) atau dari vegetatif ( setek, cangkok, okulasi, sambung pucuk, merunduk, sambung sisip) dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini saya akan menerangkan bagaimana cara pembibitan tanaman dengan metode sambung sisip. Yang mana sebetulnya cara ini mirip dengan sambung sisip kaki ganda, yang membedakan yaitu, kalo sambung sisip di ambil dari batang tanaman yang sudah berbuah dan di sambung dengan batang tanaman dari biji.

Bagaimana prosesnya, .? Yuk segera di simak penjelasan di bawah ini,

Cara Pembibitan Tanaman dengan Sambung Sisip



Langkah langkahnya adalah sebagai berikut,

1. Siapkan bibit dari hasil generatif ( tanaman dari biji)


Sobat bisa menanam sendiri dari biji atau mengambil bibit dari pekarangan, yang penting yang di hasilkan dari biji.
Dengan menggunakan medua tanam dari polybag atau bisa dengan pot.

Kenapa harus dari biji, ..?

Karena bibit yang di hasilkan dari biji mempunyai akar tunggang sehingga apabila besar nanti akarnya kuat dan tidak mudah roboh. Tanaman dari biji juga biasanya lebih sehat dan subur, sehingga akan memberi nutrisi bagus, untuk mampu membrsarkan sambungan pada nantinya.

2. Menyiapkan bibit utuk sambungan


Siapkan tanaman sejenis yang sudah pernah berbuah dan buahnya benar benar berkualutas, yang akan di sambungkan dengan bibit utama yang di hasilkan dari biji tadi.

3. Proses penyambungan

www.dwisangpetani.com
Proses
penyambungan

  • Pertama tama potong batang bibit utama, pada bagin daun paling bawah.
  • Buatlah sayatan kira kira 30 - 50 cm, sayatan meruncing membelah bagian batang.
  • Carilah batang yang sama pada pohon yang sudah dewasa, kemudian buatlah sayatan dengan diameter dan panjang yang sama dengan sambungn utama ( hasil dari biji ).
  • Setelah itu satukan dan tempelkan, ikat dengan tali, yang terbuat dari plastik es lilin, yang telah di belah.
  • Ikat dengan rapat dan sekuat mungkin, upayakan jangan sampai ada celah pada sambungan dan tali plastik, yang akan mengakibatkan, air masuk dan kambium pada ke dua belah pihak sambungan tidak bisa menempel.


Sambungan selesai sekarang menuju ke perawatan.

Agar lebih jelas lagi tonton vidionya
Vidio pembibitan dengan metode sambung sisip


4. Perawatan sambung sisip


Utuk perawatan sambung sisip, cukup melakukan penyiraman rutin, jangan sampai tanaman utama kekeringan dan mati. Sehingga akan mengakibatkan kegagalan dalam prises penyambungan sisip.

5. Pemangkasan sambungan


Apabila sambungan sudah menginjak 2 bulan, kambium pada kedua belah pihak sambungan pasti sudah menempel, dan waktunya utuk melakukan pemangkasan.
Pemangkasan di lakukan dengan cara memotong sambungan pada bibit atas ( dari induk yang sudah berbuah).
Potong tepat pada bagian bawah sambungan. Setelah sambungan di potong, plastik yang buat mengikat jangan di lepas terlebih dahulu.

Waktu yang tepat untuk melepas ikatan pada sambungan yaitu, menunggu 2 minggu" tujuanya, untuk memastikan bahwa sambungan sudah jadi, yang di tandai dengan tidak layunya pada tanaman tersebut.

Sebetulnya cara ini sangat mudah dan gampang di praktekan, hasilnya juga 99% berhasil asalkan penyiraman pada pot atau pada tanah sambungan utama teratur sehingga tanaman tidak mati.

Baca juga
Cara Sambung Sisip Kaki ganda

Oke sekian dulu artikel tentang, " Cara Pembibitan Tanaman dengan Sambung Sisip" dari saya semoga bisa bermanfaat, atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

0 Response to "Cara Pembibitan Tanaman dengan Sambung Sisip"

Post a Comment