GANTI BAHASA

Cara Mudah Membuat Toge Sendiri di Rumah

Toge merupakan bagian dari sayuran yang sangat banyak kegunaanya, khususnya sebagi bahan pelengkap masakan, baik itu utuk sayuran ataupun utuk gorengan.

Selain itu toge ini juga kaya akan manfaat, yang dipercaya bisa menyuburkan kandungan, buat pasangan yang pengin cepat mempunyai keturunan.

Adapun dalam mencari toge, sangatlah mudah, sobat bisa beli di pasaran atau di tukang sayur sendiri, dan bisa juga sobat membuat toge sendiri di rumah.

Utuk kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana proses pembuatan toge sendiri di rumah, yang mana cara pembuatanya sangat sederhana dan sangat mudah untuk di praktekan.

Saya lebih suka membuat toge sendiri karena, menurut saya togenya lebih higienis dan kesanya bersih, lain dengan beli di pasaran yang sudah melibatkan campur tangan orang lain. Selain itu bisa utuk melatih kereatifitas diri.

Berikut adalah proses pembuatan toge, mari di simak baik baik.

Cata Mudah Membuat Toge Sendiri di Rumah


www.dwisangpetani.com
Toge siap olah


Adapun alat alat dan bahan yang perlu di siapkan dalam pembuatan toge ini adalah sebagai berikut,

Kacang hijau

  • Siapkan kacang hijau yang super, dalam arti yang berkualiatas, agar daya tumbuhnya kuat.


Wadah yang beranyam ( berlubang lubang )

  • Sobat bisa menggunakan anyaman bambu ( irig ), keranjang plastik ( beli di perabot ), atau pakai apa aja yang pasti banyak lubangnya.


Baskom

  • Pilihlah baskom ukuran sedang, atau sesuaikan dengan kapasitas kebutuhan. Karena baskom ini akan di gunakan utuk mencuci dan merendam kacang hijau.


Kain serbet yang bersih

  • Sediakan kain serbet, yang pada nantinya akan di gunakan sebagai alas pada wadah yang berlubang, paling tidak siapkan 2 serbet.
  • Air ( secukupnya).


Proses pembuatan kecabah




  1. Cuci kacang hijau yang sudah di siapkan, kemudian rendam menggunakan baskom, apabila ada kacang hijau yang mengambang, di buang karena kualitas jelek.
  2. Biarkan rendaman selama 24 jam dan ganti air rendaman setiap 6 jam, bertujuan agar kualitas kecabah baik.
  3. Setelah 24 jam dan kacang hijau sudah memekar, segera cuci sampai bersih, kemudaian pindah ke tempat wadah berlubang atau anyaman.
  4. Agar kacang hijau tidak jatuh melalui lubang, maka' beri alas pada dasar tempat tersebut menggunakan kain serbet.
  5. Selanjutnya tutup tempat tersebut dengan kain serbet lain yang sudah di basahi, letakan di tempat yang lembab tanpa terkena sinar matahari langsung.
  6. Kemudian siram kacang hijau ini 3x dalam 1 hari, bertujuan agar kacang hijau ini tumbuh dengan baik.
  7. Setelah 2 - 3 hari kacang hijau sudah berubah menjadi toge, dan siap utuk di olah menjadi berbagai macam masakan lezat.

Lihat juga
Vidio cara membuat toge

Sebelum di olah sebaiknya toge di cuci dan di bersihkan dari kulit kacang hijau yang menempel, agar tetap tahan lama toge bisa di simpan di kulkas atau pendingin, tapi jangan di bungkus plastik karena toge bisa busuk.

Sekian artikel singkat dari saya, mengenai " Cara Mudah Membuat Toge Sendiri di Rumah" semoga bisa bermanfaat, atas perhatianya saya ucapakan banyak Terimakasih.

4 Responses to "Cara Mudah Membuat Toge Sendiri di Rumah"

  1. informasi yang sangat bermanfaat mas.

    ReplyDelete
  2. Dulu waktu di SMP aku pernah mraktekin nanam biji kacang hijau di kapas yang direndam air ... eh tumbuh beneran
    Saking senengnya aku sempet nanam dalam banyak wadah.

    Terimakasih infonya cara menamam taoge bermanfaat mas.

    ReplyDelete