GANTI BAHASA

Mengenal Jenis Pisang Unggulan di Indonesia

Membahas tentang buah pisang, mungkin sudah tidak asing lagi buat masyarakat, terutama di negara Indonesia' yang sudah banyak dan melimpah ruah jenis pisang dari A sampai Z, paling tidak kaya gitu.

Adapun jenis jenis pisang yang sudah memasyarakat adalah sebagai berikut.

Mengenal Jenis Pisang Unggulan di Indonesia



1. Pisang Ambon

www.dwisangpetani.com
Jenis pisang ambon
Gbr dari google

Jenis pisang ini tergolaong jenis pisang unggulan yang banyak di sediakan di toko buah, dan yang paling banyak di pasaran, karena kualitas dan rasa yang sangat nikmat. Pisang ambon banyak di gunakan utuk menyuapin bayi yang masih balita sebagai pengganti nasi, dan banyak juga di manfaatkan sebagai jus pisang.

Di indonesia ada 3 jenis pisang ambon yang saya ketahui yaitu,

a. Ambon lumut

Jenis pisang Ambon lumut, banyak di budidayakan di daerah Temanggung Jawa Tengah, pisang ambon lumut warna kulit tetap hijau biarpun sudah tua dan masak, tapi apabila sudah dalu ( masak banget), warna berubah agak kekuningan.

b. Ambon putih

Pisang ambon putih atau juga terkenal di maca negara dengan nama cavendish ini mempunyai tekstur daging yang lunak akan tetapi rasanya agak keasaman sedikit. Dengan rasa yang agak ke asaman membuat lidah yang memakan pisang ini terasa segar.

c. Ambon kuning

Jenis ambon ini bercirikan warna kulit hijau saat muda dan berwarna kuning saat sudah tua atau masak. Pisaang ambon kuning mempunyai rasa manis dan berbau khas pisang, akan tetapi masih kalah dengan ambon lumut yang rasanya lebih manis dan baunya sangat harum.

Kemudian jenis pisang yang lain yaitu,

2. Pisang Raja

www.dwisangpetani.com
Jenis pisang raja
Gbr dari google

Pisang raja adalah jenis pisang yang tergolong faforit masyarakat, dengan rasa yang manis, dan aroma yang harum membut banyak penggemar pisang ini menjadi jatuh hati di buatnya. Apalagi dengan ukurannya yang tidak terlalu besar tidak terlalu kecil membuat pisang ini pas buat di santap.

Di indonesia sendiri ada berbagi macam jenis pisang raja yang di antaranya yaitu.


a. Raja sereh

Ciri ciri pisang raja sereh

  • Berkulit tipis berwarna kuning agak kecoklatan, tetapi apabila sudah tua banget berwarna kuning berbintik kecoklatan.
  • Panjang buah 10 - 12cm, dengan diameter 3-4cm.
  • Dalam 1 tandan pisang ini biasanya terdiri dari 5 - 6 sisir.
  • Dagingnya lunak berwarna putih, sedikit bau harum, dan rasa kurang manis karena agak asam sedikit.


b. Raja molo

Ciri ciri pisang raja molo

  • Ukuran buahnya besar panjang kira kira 12 cm dengan diameter 2-4 cm, 1 botir pisang bisa berbobot 100gr.
  • Daging buah apabila masak berwarna kuning sedikit kemerahan, tidak berbiji, rasanya manis sedikit harum.
  • 1 tandan panjang bisa mencapai 43 cm yang terdiri dari 6-7 sisir.


c. Raja bulu

Ciri ciri pisang raja bulu

  • Berkulit tebal, apabila masak berwarna kuning sediki bercak coklat, buahnya besar tetapi tidak sebesar pisang tanduk.
  • Dalam 1 tandan terdapat 90 buah yang kisaran beratnya 12 - 16 kg .
  • Dalam satu tandan biasanya terdiri dari 6 - 8 sisir.
  • Tekstur daging buah lembut dengan rasa yang manis, berwarna kuning kemerahan, berbau harum.

Baca juga
Mengenal hama penyakit tanaman pisang dan cara mengatasinya.

d. Raja uli

Pisang raja uli, ini paling enak di makan setelah di masak, di goreng maupun di kukus bahkan di rebus.

Ciri ciri pisang raja uli

  • Bentuk buahnya membulat memanjang, pada ujung buah meruncing kehijauan.
  • Kulit buah berwarna kuning sedikit kemerahan, daging buah rasanaya manis, berwarna kuning kemerahan, beraroma wangi.
  • Panjang pisang raja uli berkisar antara 15 - 18 cm dengan berat 75 - 100gr.
  • Dalam 1 tandan bisa mencapai 120 - 160 butir buah, yang terdiri dari 5 - 8 sisir.

Jenis pisang raja yang selanjutnya yaitu"
www.dwisangpetani.com
Jenis pisang raja
Gbr dari google

e. Raja nangka

Jenis pisang raja ini sangat cocok utuk di buat kripik, baik masih mentah atau sudah masak.

Ciri ciri pisang raja nangka

  • Kulit pisang berwarna hijau baik dalam keadaan masak maupun sudah matang.
  • Bentuk buahnya membentuk sudut memanjang melengkung.
  • Dalam 1 tandan terdiri kurang lebih 6 - 8 sisir dengan berat prtandan 18 - 20 kg.

f. Raja lawe

Pisang ini bentuknya sedikit agak besar dengan panjang 30cm. Jenis pisang ini banyak di budidaya di daerah banjarnegara jawa tengah.

Ciri ciri pisang raja lawe

  • Daging buah tipis agak tebal, berwarna kuning apabila sudah masak banget berwarna kuning tua, agak terligat bercak coklat pada kulit.
  • Bentuk buah pnjang, bisa mencapai 30cm.
  • Rasa buah manis, sedikit asam, daging buah lembut dan harum.

Kita lanjutkan ke jenis pisang yang lain yaitu,
www.dwisangpetani.com
Macam jenis pisang
Gbr dari google

3. Pisang Mas


Pisang ini termasuk pisang yang paling cantik karena warna kulitnya yang kuning keemasan. Bentuk pisang ini mungil dengan rasa manis bila di makan.
Pisang jenis ini sangat bagus utuk ibu hamil dan juga utuk kesehatan.

Ciri ciri pisang mas

  • Bentuk pisang bulat agak memanjang, berwarna kuning kemasan apabila sudah masak.
  • Rasanya manis, daging putih kekuningan, tidak berbiji.
  • 1 tandaan bisa mencapai 6 - 8 sisir, dan, 1 sisir bisa mencapai 20 buah.


4. Pisang susu


Pisang jenis ini mempunyai bentuk kecil dan permukan kulit agak membulat dan halus, agak mirip dengan pisang mas tapi sedikit lebih panjang.
Pisang susu memiliki kulit yang tipis, apabila di buka kulitnya terlihat daging pisang yang putih agak kekuningan, rasa danging manis dan lembut.

5. Pisang kapas


Pisang jenis ini mempunyai rasa manis tapi kurang harum, jadi lebih cocok di jadikan bahan olahan.
Setiap 1 sisir biasanya terdapt 15 buah dengan panjang buah mencapai 6 cm, kulitnya tebal, berwarna kuning' apabila sudah mateng banget terdapat sedikit bercak hitam pada kulit.

6. Pisang kepok


Ciri ciri pisang kepok

  • Bentuk buah gepeng persegi dengan ujung sedikit runcing agak papak.
  • Warna kulit kehijauan tapi kuning kalo sudah masak, berkulit tebal dan rasanya manis.
  • Pisang ini mempunyai 2 jenis, yaitu kepok kuning dan putih. Kebanyakan pisang kepok ini di gunakan utuk bahan gorengan seperti isi molen, atau digoreng langsung dengan trigu.


7. Pisang tanduk

www.dwisangpetani.com
Berbagai macam pisang
Gbr dari google

Asal mula nama pisang ini di sebut pisang tanduk kareba bentuk postur buahnya yang menyerupai tanduk dan meruncing jadinya di kenal dengan nama pisang tanduk.

Ciri ciri pisang tanduk

  • Panjang buah pisang ini panjang kira kira 35cm meruncing .
  • Satu tandan biasanya bisa menghasilkan 3- 4 sisir saja tiap sisir hanya ada 6-8 buah.
  • Buahnya berwarna hijau biarpun sudah masak, tapi hijau sedikit keputihan bercak hitam apabila sudah masak bangt.

Cocok di gunakan utuk acara upacara adat selain buahnya batang dan daunnya juga bisa di pakai.

8. Pisang lampung


Sesuai dengan namanya pisang ini berasal dari lampung, dan di sana juga terkenal dengan pisang 40 hari, karena jangka dari jantung sampai matang membutuhkan waktu 40 hari.

Ciri ciri pisang lampung

  • Dalam 1 tandan bisa mempunyai banyak sisir, yaitu bisa mencapai 10-15 sisir, tergantung kesuburan tanahnya.
  • Berkulit agak tipis, berwarna kuning apabila matang, daging buah berwarna putih kekuningan.
  • Rasa buah manis dan kembut.


9. Pisang barangan


Pisang barangan merupakan jenis pisang asli indonesia, pisaang jenis ini mudah tumbuh dan berbuah di daerah manapun.
Tekstur buah ini lembut dan manis cuman dagingnya apabila sudah matang agak lembek.
Sesuai dengan tampilanya pisang jenis ini kalo sudah matang kelihatan seperti agak busuk tapi kaya akan manfaat.
Katanya bisa nebgobati segala penyakit, selain itu banyak di pakai utuk menyuapi bayi sebelum makan nasi.

10. Pisang kidang merah

Pisang jenis ini mungkin jarang ditemukan di pasaran, karena keberadaanya memang kurang banyak. Saya mencoba menayangkan pisang jenis merah ini sekedar agar sobat tau ternyata ada pisang unik juga.

Ciri ciri pisang kidang merah
  • Warna kulit buah merah keunguan.
  • Berkulit tebal, daging buah berwarna putih kekuningan.
  • 1 tandan biasanya terdiri dari 6-8 sisir.
  • Rasabuah manis agak asem sedikit.
Demikian ulasan mengenai "Mengenal Jenis Pisang Unggulan di Indonesia" darisaya, semoga bisa menjadi tambahan wawasan buat sobat. Atas perhatianya saya ucapan banyak terimakasih.

25 Responses to "Mengenal Jenis Pisang Unggulan di Indonesia"

  1. kalo di tempatku ada namanya pisang ijo dan pusang putri, dari semua jenis pisang cuma dua itu yg aku suka .. kayaknya di atas gak ada yaa, atau beda nama kali ya :)

    ReplyDelete
  2. Diantara pisang2 diatas, aku pling suka dg pisang ambon putih.. Enak aja dimakan, nggak ada sepet2nya. Eh apa sih bahasanya indonesianya sepet?😂😂😂

    ReplyDelete
  3. Wow,baru tau aku kalo ternyata pisang Ambon dan pisang raja itu banyak ragamnya.
    Kirain,pisang Ambon ya pisang Ambon aja,tanpa ada jenis yang lain.

    Selain pisang Ambon,aku suka pisang tanduk digoreng ... rasanya rada2 keras enak

    ReplyDelete
  4. pisang raja banyak jenisnya ya.. kiraen cuman satu.
    lah yang biasa ku makan itu pisang raja apa ya...

    #mikir sambil nempel tembok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas. pisang ambon juga banyak jenisnya ya

      Delete
    2. haha.. saya mah asal makan aja ya klo ada pisang dirumah.. g cari tahu dulu apa nama pisangnya.. :D

      Delete
  5. Saya paling suka pisang raja, buat es pisang ijo sangat enak. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas..mantep nih es pisang ijo, buat buka puasa..

      Delete
    2. Betul mas..mantep nih es pisang ijo, buat buka puasa..

      Delete
  6. ternyata pisang ini banyak juga jenisnya sudah saatnya pisang pisang ini go internasional.
    jagna sampai kalah dengan pisang organik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas abdul,,,jangan sampai kalah kalo pisang organik kan khusus..heee

      Delete
    2. ia mas mungkin pemasaran pisang lokal harus bisa menmbus seperti pisang organik. soalnya rasanya enak pisang lokal kalo menurut saya. hehehe

      Delete
  7. Gua lebih suka pisang yang nggak ada p nya, yaitu isang hehe, trims infonya ckck

    ReplyDelete
  8. Dari semua pisang diatas beberapa saja yang saya tahu, Mas..he
    Dan sekarang jadi tahu deh. Sudah lama saya nggak makan pisang, jadi kangen nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia dong , masa pencinta alam ngga sukang pisang.hee

      Delete
  9. wah ternyata banyak juga ya mas jenis-jenis pisang di indonesia, tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, bosku,,bahkan masih banyak lagi,,ini baru sebagian aja.

      Delete
  10. Owh ternyata ... 1 varian pisang banyak jenisnya ya,mas ...
    Kirain selama ini masing-masing pisang ngga ada variannya, hanya 1 nama pisang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia..benar mas, bahkan masih banyak lagi..

      Delete
  11. ternyata banyak sekali jenis pisang ya mas

    tp untuk harganya, pisang ambon ditempatku yg paling mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas di tempatku juga paling mahal..

      Delete
  12. Di saya, ada pisang yg sejak kecil, masih mentah warna kulitnya kuning bersih,dan muda.ukurannya sebesar pisang emas, tapi di Situbondo ada yg menyebutnya itu pisang emas. Tapi banyak yg bilang klu itu bukan pisang emas, katanya klu pisang emas manis, sedang pisang yg saya sebut diatas rasanya kurang manis, karena ada kecutnya,dan baru enak dimakan klu warna kulitnya sudah berwarna kuning tua dan kecoklatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Kalo tidak melhat secara langsung saya kurang paham mase, bisa juga itu jenis pisang raja.

      Delete