GANTI BAHASA

Cara Budidaya Tanaman Pisang yang Baik dan Benar

Pisang adalah merupakan buah yang banyak sekali di gemari masyarakat, mungkin karena buah ini mempunyai banyak sekali manfaatnya. Selain buahnya, tanaman pisang pun banyak juga manfaatnya, mulai dari umbinya, batangnya, sampai dengan daunya, semua itu bisa di manfaatkan utuk kebutuhan manusia.

Di negara Indonesia sendiri banyak sekali yang menanam jenis tanaman ini, bahkan setiap rumah ada yang menanam tanaman pisang. Para masyarakat sangat senang menanam pisang mukin karena, jenis tanaman ini sangat mudah di budidayakan, cukup dengan tanam 1 bibit pisang, nanti akan tumbuh tunas yang banyak, dan perawatanya juga tergolong mudah.

Utuk kali ini dwisangpetani akan membahas tentang bagaimana berbudidaya tanaman pisang yang baik dan benar, agar mendapatkan hasil buah pisang yang berkualitas. Mari di simak penjelasanya di bawah ini.

Cara Budidaya Tanaman Pisang yang Baik dan Benar

www.dwisangpetani.com
Buah pisang
Gbr dari google


Syarat tumbuh subur tanaman pisang

  • Beriklim tropis.
  • Bercurah hujan antara 1500 - 3000mm/tahun, bisa terkena sinar matahari langsung dan terkena air, baik air hujan maupun penyiraman manual.
  • Ditempat dataran rendah, walaupun di dataran tinggi masih bisa tumbuh dan berbuah, yaitu dengan ketinggian kurang dari 2500 m diatas permukaan air laut.
  • Bertanah humus dan lembab, banyak mengandung unsurhara didalamanya.
  • Mengetahui pH tanah sedang, antara 5,5 - 7 pH.


Cara Budidaya Tanaman Pisang

Persiapan lahan tanam


Lahan yang bagus utuk budidaya tanaman pisang adalah lahan yang bertanah gembur dan banyak mengandung unsur hara. Apabila di daerah sobat, tanahnya kurang memenuhi persyaratan sesuai yang di butuhkan, sobat juga bisa mengolah tanah terlebih dahulu, caranya'

silahkan di baca panduanya"
Cara mudah menyiapkan lahan tanam

Setelah sobat sudah melakukan persiapan lahan, sesuai panduan di atas, mari kita siapkan bibit yang akan di tanam.

 Persiapan bibit tanaman pisang


Utuk memilih bibit pisang yang akan di budidayakan, sebaiknya pilihlah bibit yang berkualitas. Pilihlah bibit yang pada nantinya akan menghasilkan buah pisang yang berkualitas super, sehingga hasil buahnya bagus, baik utuk di makan sendiri maupun utuk di jual di pasaran.

Berikut langkah pembibitan tanaman pisang

  • Tentukan jenis tanaman pisang apa yang mau di budidayakan,misal" pisang ambon, keprok, raja, dan lain lain.
  • Pilihlah tunas pisang yang sehat, yaitu tunas yang berdiameter tubuhnya besar, dengan panjang kira kira 500cm.
  • Ambil tunas tersebut dari induknya, dengan cara menggali dan memisahkan umbi tunas dengan induknya, sobat bisa menggunakan cangkul atau pisau besar utuk memotongnya.
  • Kemudian rendam bibit dengan air bersih sampai umbi tunas terendam semua, selama 1 hari.


Penyiapan bibit tanaman pisang selesai sekarang tinggal tahap penanaman,

Penanaman Bibit Tanaman Pisang


Langkah yang harus di perhatikan dalam penanaman bibit pisang yaitu"

  • Penanaman sebaiknya di lakukan pada awalbmusim penghujan, dengan tujuan agar bibit baru selalu terkena air.
  • Ambil bibit yang sudah di siapakan, yaitu dari rendaman air 1 hari.
  • Buat lubangan pada tanah yang tentunya sudah di gemburkan, dengan ukuran sesuaikan dengan besar atau diameter bibit tanaman.
  • Masukan bibit, dan urug kembali sambil di tekan.
  • Tancapakan penompang kayau dan ikatkan ke batang bibit, agar batang tidak doyong dan bisa berdiri tegak.
  • Lakukan penyiraman, setelah proses penanaman selesai.


Nah, gampang kan cara menanamnya, sekarang langsung menuju perawatan tanaman.

Perawatan Tanaman Pisang

www.dwisangpetani.com
Perawatan tanaman pisang
Gbr dari google

Ini adalah hal yang paling di seriusi dalam masalah pembudidayaan yaitu, perawatan tanaman yang baik dan sesuai prosedur dengan benar. Adapun perawatan utuk tanaman pisang ini tidak begitu susah, mari di simak cara perawatanya.

Penyiangan
Penyiangan di lakukan dengan cara mencabuti rumput liar yang ada pada daerah sekitar tanaman, dan membuang daun pisang yang sudah tua dalam arti sudah mati.

Pemupukan
Pemupukan susulan di lakukan pada saat usia tanaman sudah menginjak 6 - 8 bulan cukup dengan menambahkan pupuk kandang kemudian di urug dengan tanah melingkari tanaman.

Penyiraman
Penyiraman di lakukan apabila tanaman pisang mengalami kekeringan yang di tandai dengan melayunya daun muda pada ucup tanaman, khususnya pada musim kemarau.

Pembasmian hama
Utuk jenis tanaman pisang ini sebetulnya sangat kuat dari serangan hama dan penyakit, cuman' ada satu atau dua penyakit yang kerap sekali menyerang yaitu ulat daun, ulat daun ini menyerang tanaman dengan cara menggrogoti daun sampai gundul, yang di tandai ada gulungan daun pada tiap helai daunya.
Bisa di atasi dengan cara membuang secara manual, atau apabila di serang dengan sekala banyak, cukup semprot insektisida pada bagian yang terkena.

Baca juga
Mengenal hama penyakit tanaman pisang dan cara mengatasinya.

Pengaturan tumbuh tanaman
Utuk menghasilkan tanaman yang subur, dan nanti buahnya bisa maksimal, pengaturan tumbuh dalam 1 rumpun tanaman pisang pun harus di jaga, di usahakan dalam 1 rumpun tanaman pisang jadikanlah 3- 4 batang saja yang di kelola atau di besarkan. "Bertujuan agar sari makanan pada tanah bisa menyuplai tanaman, tanmpa terlalu banyak tanaman yang menyerapnya".

Pemeliharaan buah
Mulai bisa berbunga dan berbuah, kira kira pada umur 1 - 1½ tahun, ini termasuk paling lama, apabila tanaman subur dan tanah betul betul mendukung, tanaman pisang bisa lebih cepat berbuah.

Setelah tanaman pisang berbunga dan mulai mekar dan menghasilkan buah, lakukan penyuplaian terhadap buahnya dengan cara membatasi buah yang tumbuh, yaitu" apabila bunga pisang mekar dan menghasilkan buah lakukan pembuangan pada jantung( bunga pisang), ketika buah sudah mencapai 4 - 5 sisir.
Tujuanya agar buah bisa tumbuh besar maksimal.

Panen buah pisang


Buah pisang sudah bisa di panen, apabila buah ini sudah memenuhi ciri ciri sebagi berikut"

  • Buah mencapai usia minimal 80 hari.
  • Buahnya sudah tua dengan tanda memiliki sudut buah yang tumpul dan membulat.
  • Bekas putik buah sudah patah.
  • Daun bendera mulai mengering.
  • Kulit buah berubah menjadi lebih cerah.
  • Pelepahnya sudah mulai banyak yang rebah.
  • Salah satu diantara buah mulai ada yang menguning.


Adapun proses cara cara panen buah pisang adalah sebagi berikut.

  • Memotong tandan pisang dengan parang, dilakukan pemotongan kira kira 1 jengkal dari pisang paling atas.
  • Potong tanaman pisang kira kira 1 meter dari tanah, dengan tujuan utuk merangsang tunas baru.
  • Hasil potongan tanaman di cacak halus dan di sebarkan ke bagian tanaman pisang yang lain utuk menambah pupuk apabila sudah membusuk.
  • Supaya buah pisang tetap bersih dari getah hasil potongan tandannya, sebaiknya saat menaruh hasil panen di balik, yaitu tandanya di bawah.
  • Setelah pemanenan sebaiknya pisang di eram atau di tempatkan di tempat yang hangat sehingga pisang bisa lebih cepat masak.
Baca juga
Mengenal Jenis Pisang Unggulan di Indonesia

Penutup


Pengeraman bisa juga di lakukan dengan mengkarbit buah, yaitu dengan cara memasukan buah ke dalam galian dengan menaruh karbit didalamnya, atau bisa juga dengan menaruhkan batang padi yang sudah kering, pada bagian pisang dan menimbunnya.

Sekian Cara Budidaya Tanaman Pisang yang Baik dan Benar dari dwisangpetani, mudah mudahan bisa bermanfaat' atas segala perhatianya saya ucapkan banyak Terimakasih.

23 Responses to "Cara Budidaya Tanaman Pisang yang Baik dan Benar"

  1. Mantap mas dwi ini,, saya harus banyak belajar nih pengen banget punya tanaman pisang tapi gada cwok yang bisa ngerjain di rumah. Ditambah kalau hamil kan emang bagusnya makan pisang banyak yaaa,, enak kalau punya tanaman sendiri gausah beli ya kang hehe

    ReplyDelete
  2. kalau aku suka bikin pisang dibuat gorengan. enaaaaaaaak banget, mas. aku suka.

    ReplyDelete
  3. Keren totorialnya,,, lengkap dan bisa di aplikasikan langsung para penanam pisang

    ReplyDelete
  4. sepakat mang dengan teori cara bercocok tanam pisang yang baik dan benar memang seperti tutorial diatas, sayangnya medan tempur dilapangan kadang berbeda-beda, sehingga butuh kecocokan suhu dan iklim juga menjadi penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju,,tapi kalo masalah tempat dan suhu udara, tinggal kita sesuaikan dengan jenis pisangnya mang.

      Delete
  5. aku malah asal tanam saja mas cara tanam pisang nya, karna yang saya tahu pohon pisang itu tanaman yang mudah tumbuh dimana pun asal pada tanah yang lembab, tapi ok lah dari cara diatas setidaknya saya dapet info yang bagus, jika kapan kapan mau nanam pohon pisang sesuai anjuran dari artikle diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, mas kalo pengin hasil yang bagus, memang perlu perjuangan.

      Delete
    2. berjuang... berjuang sekuat tenaga, tetapi jangan lupa dengan tips nanam pohon sesuai penjelasan di atas Mas ya

      Delete
  6. Kalau bicara soal perawatan, saya mengabaikannya. Pantas saja hasil buahnya kurang maksimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas yang satu ini mah,,,sukanya makan doang nanemya males..heee

      Delete
  7. Waah, mbahku punya banyak tanaman pisang nih.. Ternyata ada banyak tahapan yg harus dilalui supaya pisang berbuah bagus, :)

    ReplyDelete
  8. makasih banget nih mas tips bertanam pisangnya. Saya suka sekali pisang Raja!

    ReplyDelete
  9. ini bisa di coba buat suami saya mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba..mbae, semoga suami berhasil

      Delete
  10. temenq pernah nanam pisang. tapi banyak yg mati. gara2 bibitnya terlalu kecil..
    alhasil jadi makanan kambing dan tunasnya g mau numbuh..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bikin pagar pagar mase biar nggak di makan kambing.

      Delete
  11. cocok nih bila tips diatas diterapkan dikampungku mas.soalnya kebetulan banyak sekali yang menanam pisang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, mas silahkan di praktekan..mudah mudahan sukses.

      Delete
    2. bagi dong mas pisangnya. yang udah matang tapi

      Delete
  12. saya kalo menebang pisang jarang sekali memperhatikan cara panennya seperti itu. saya cuman berpikir yang penting dapat pisangnya. :D

    ReplyDelete