GANTI BAHASA

Khasiat Buah Jeruk utuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah jeruk merupakan buah yang sudah tidak asing lagi di tanah air, karena rasanya manis, segar dan murah ini, menjadikan buah jeruk menjadi primadona di antara buah buahan yang lain.
dwisangpetani.com
Gbr dari google

Buktinya" di setiap tepi jalan raya pasti ada yang jualan buah ini, tidak perduli kalangan masyarakat bawah, menengah bahkan atas pun turun kejalan untuk membeli buah jeruk.

Di samping rasanya yang manis, segar, bahkan asem' ternyata manfaatnya juga banyak loo''' untuk kesehatan tubuh dan kecatikan.

Karena kandungan dalam buah jeruk ini, kaya akan fitamin dan zat positif lainya.
Yang bisa membantu menyelaraskan fungsi organ tubuh.

Apa saja sih' kandungan yang terdapat pada buah jeruk ...?

Mari sobat, kita menuju penjelasan di bawah ini.

Adapun kandungan yang terdapat pada buah jeruk yaitu"
Buah jeruk mengandung vitamin A, vitamin C, serat, kalium, fruktosa, limonoid, polyphonel, karetonoid, flavonoid, beta karotin, gula dan karbohidrat.

Kandungan di atas tersebut, mempunyai, manfaat masing masing yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita, utuk kesehatan ataupun utuk kecantikan. Yang di antaranya yaitu"

Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan


manfaat kandungan buah jeruk untuk kesehatan adalah"

Mencegah Kanker

Dengan mengkonsumsi buah jeruk ternyata bisa mencegah kanker seperti' kanker kulit, kanker paru paru, kanker hati dan kanker usus.

Karena buah jeruk ini mengandung Dlimonene yang merupakan senyawa anti kanker.

Menurunkan Kolesterol

Karena buah jeruk ini mengandung pectin dan hesperidin, sehingga dengan mengkonsumsi buah jeruk secara teratur bisa menurunkan kolesterol dalam darah.

Hesperidin, dapat menetralisir kolesterol yang akan menumpuk di dalam selaput darah .

Menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi sobat yang mempunyai keluhan dengan tensi darahnya tinggi ini solusinya' cukup rutin mengkonsumsi buah jeruk 3x dalam seminggu, mudah mudahan keluhan sobat yang selama ini mengganggu bisa normal kembali.

Karena kandungan hesperidin dan magnesium akan bekerja membatu melancarkan peredaran darah dan membatu fungsi ginjal dalam penyaringan.

Menghilangkan nyeri sedi dan otot kaku

Bagi sobat yang sedang melakukan proses penyembuhan dalm hal fisioterapi atau patah tulang, bisa di bantu pemulihanya dengan mengkonsumsi buah jeruk.

Sehingga penyembuhanya sedikit lebih cepat, daripada tidak mengkonsumsi buah jeruk.

Menjaga fungsi otak

Karena terdapatnya kandungan asam folat dalam buah jeruk, apabila sobat mengkonsumsi buah ini , bisa menjaga fungsi otak sehingga berjalan dengan baik tanpa ada kendala yang menghambat.

Daya tahan tubuh terhadap penyakit

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk ini, mampu membuat tubuh segar sehat bugar, sehingga daya tahan tubuh kuat. Menjadikan tubuh sukar terkena penyakit.

Yaitu dengan cara mengkonsumsi jus jeruk yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk orange.

Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi buah jeruk di yakini bisa menjaga kesehatan jantung, yaitu dengan cara mensport fungsi jantung dalam memompa darah.

Mengakibatkan detak jantung normal, dalam arti detak jantung tidak lemah dan tidak terlalu cepat.

Sehingga penyaakit kardiak artimia, bisa di atasi atau di cegah. Dengan cara mengkonsumsi buah jeruk secara teratur.

Terhindar dari infeksi bakteri

Buah jeruk adalah salah satu buah yang mengandung polyphenol, yang dalam fungsi kesehatan di gunakan untuk menghindari atau mencegah infeksi yang di akibatkan oleh bakteri jahat. Yang akan menyerang sel sel dalam tubuh.

Mengatasi sembelit dan susah BAB
Apabila sobat mempunyai keluhan tentang masalah buang air besar atau BAB, bisa di atasi dengan mengkonsumsi buah jeruk.

Karena kandungan serat pada buah jeruk bisa membatu memperbaiki kinerja fungsi usus.

Sedangkan fungsi kandungan yang terdapat pada buah jeruk, yang di manfaatkan untuk kecantikan adalah"

Mengecilkan pori pori kulit

Pori pori yang terbuka bisa menyebabkan kulit terlihat kusam dan memicu terkena infeksi pada kulit.

Utuk mengatasi semua permasalahan di atas, sobat bisa menggunakan buah jeruk utuk di jadikan obat alami mengecilkan piri pori kulit sobat.

Dengan membasuhkan atau mengoleskan sari buah jeruk yang telah di haluskan dengan cara di buat jus, di percaya dapat menutup atau memperkecil pori pori yang terbuka.

Mengurangi Jerawat

Asam sitrat yang terdapat pada buah jeruk, dipercaya dapat menghilangkan komedo dan timbulnya jerawat pada kulit sensitif seoerti muka.

Pengaplikasianya dengan cara yang cukup mudah yaitu"

  • Ambil air hangat (suam suam kuku) yang di masukan ke dalm panci.
  • Ambil kain/lap, muka kemudian masukan ke air hangat tersebut, peras ringan lalu di tempelkan ke muka sambil di lap lap secara halus, bertujuan untuk membuka pori pori agar lemak dan kotoran bisa keluar.
  • Ambil buah jeruk segar, dengan membelah jeruk menjadi 2, kemudian oleskan secarabmerata ke bagian muka terutama bagian yang jena jerawat. Biarkan selama 10 menit.
  • Setelah 10 menit berlangsung, segeralah bilas kembali dengan menggunakan air dingin (air biasa). Kenapa pakai air dingin..? Bertujuan agar selaput pori pori yang terbuka menutup kembali alias normal. Lakukan rutin 2x seminggu, mudah mudahan komedo, jerawat, dan minyak pada muka bisa hilang.


Memutihkan kulit

Dengan mengusapkan sambil digosok dan memijat mijat sedikit menggunakan perasan air jeruk, di percaya dapat menghilangkan flet, kulit kusam, bintik hitam pada kulit sehingga kulit bisa tampil putih alami.

Yaitu dengan cara" air perasan jeruk di usapkan ke bagian tubuh yang dinginkan, sambil di gosok gosok bijat lah sedikit pada kulit sobat, biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Lebih bagusnya di oleskan pada saat sebelum mandi, habisbitu baru di susul dengan mandi.

Menghaluskan rambut kusam

Sobat bisa siapkan kondisioner alami di rumah kemudian campur dengan sari buah jeruk dan madu murni, dengan cara di jus.

Oleskan keseluruh rambut, kemudian pijatpijat ringan pada kulitkepala, biarkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin dan keringkan. Lakukan rutin 2x seminggu sampai rambut kelihatan halus, lembut berseri.

Mencegah penuaan dini

Dengan mengkonsumsi buah jeruk secara rutin, sobat akan terlihat awet muda dan akan terhindar dari penyakit penuaan dini.

Karena Antioksidan dalam buah jeruk bisa menangkal radikal bebas yang akan masuk ke tubuh.

Baca juga
Panduan lengkap cara budidaya tanamanjeruk manis.
Jenis buah jeruk yang lagi populer di indonesia

Penutup

Saya rasa cukup sekian informasi tentang " khasiat buah jeruk untuk kesehatan dan kecantikan" dari saya.
Artikel ini saya tuliskan sekedar untuk pengetahuan dan bertujuan utuk berbagi, jdai apabila segala masalah berlanjut segeralah hubungi dokter.
TERIMA KASIH

49 Responses to "Khasiat Buah Jeruk utuk Kesehatan dan Kecantikan"

  1. harus sering sering makan buah jeruk nih biar sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia..bener gan, konsumsi buah jeruk gan, biar badan tetap segar

      Delete
    2. Mang Dwi...ajakin juga temen bloggernya masuk grup WA kita gih....kerasa kan blognya makin rame?

      Delete
    3. Siap..mang nanti saya datangin bala tentara...tapi nyari dulu..heee

      Delete
  2. saya sering makai jeruk buat kesehatan kulit..dan hasilnya terjamin banget .. terutama kulit muka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali gan..memang buah jeruk bermanfaat bangt si gan.

      Delete
    2. blognya udah okeh nih buat ng GA...tinggal terus nulis sebanyak-banyaknya, kalau kira-kira udah 50 lebih artikel cobain daftar KPK Blogger Community bakalan dukung lah

      Delete
    3. Ia..mang ini lagi banyak kerjaan belum sempet nulis mang..makasih masukanya.

      Delete
  3. Replies
    1. kapan jeruknya dijual kepasar mang?
      bosen jeruk mulu dari 4 hari yang lalu, coba?

      Delete
    2. baru 4 hari yang lalu mang, saya tentang kereta dari sebelum lebaran masih itu-itu aja coba :D

      Delete
  4. Banyak khasiat dari buah jeruk, olahan buah jeruk sendiri pun cukup beragam. rata2 buah2an memang menyehatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia betul sekali gan, banyakin makan buah gan biar badan seger..

      Delete
  5. ternyata banyak juga ya gan kasiatnya baru tau aku makasih ya gan

    ReplyDelete
  6. jeruk buah kesukaan saya, alhamdulilah banyak khasiatnya :D

    ReplyDelete
  7. jerud adalah buah kesukaan saya dan anak saya heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan saya pribadi juga suka dengan buah ini..

      Delete
  8. Buah jeruk memiliki banyak khasiatnya, jadi saya sangat beruntung karena setiap hari makan buah jeruk.

    ReplyDelete
  9. Untung saya petani jeruk jadinya udah tau khasiat dari buah jeruk ini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalo MANG LEMBU mah sudah di luar kepala kalo sial ini,..la wong saya masih perlu belajar banyak,,,dari mamang..heee

      Delete
  10. selain rasanya yg cocok dengan banyak kalangan, ternyata buah jeruk juga memilik banyak khasiat untuk tubuh baik pada kesehatan maupun kecantikan ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. komentar soal jeruknya basa basi banget mang yanto mah ih...kerasa sampe kehati nih

      Delete
    2. nggak enaklah sama temen baru masak asal jeplak sih
      kalau kecilembu mah langsung hajar ajah :D

      Delete
    3. Betul..sekali mas yanto...banyakin makan jeruk mas biar badan tetap seger.

      Delete
  11. ada 2 kolom komen ya, saya borong semuanya aja :D

    ReplyDelete
  12. Gw gak terlalu hobby sama buah ini , gmn dengan khasiat alpukat bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di baca gan..ada kok di blog ini...tinggal cari di pencarian aja.

      Delete
  13. bosen ah...jeruk maning...jeruk maning

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar mang,,lagi nyoba ngliris artikel baru nih,,,ooya mang bokeh dong beri trik budidaya ubi cilembunya..

      Delete
  14. Ternyata buah jeruk ini banyak juga yah manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita, kalau begitu saya harus selalu stok di rumah nih!

    ReplyDelete
  15. Khasiat buah jeruk memang sudah tidak diragukan lagi yah mas, begitu banyak manfaat tentang khasiat dari buah jeruk, salah satunya bermanfaat buat kesehatan dan kecantikan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali "mas marnes" ini,,,,memang buah jeruk mantep mas.

      Delete
  16. buah yang saya suka,
    banyak manfaat juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, gan selain rasanya segar, buah jeruk kaya akan manfaat gan.

      Delete
  17. kok rata2 info herbal kebanyakan buat kecantikan ya.? gk perna liat buat kegantengan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa...betul sekali gan...mungkin karena rata rata yang sering dandan adalah wanita kali gan, biarpun ada cowo yang sering dandan dan hobi merawat kecantikan, adalah cowo yg lebe...haaaa

      Delete
  18. Wah gak nyangka yah, ternyata banyak banget khasiat buah jeruk ini. Kalo dimakan setiap hari pasti bagus banget.

    ReplyDelete
  19. jadi itu ya khasiat dari buah jeruk,,, aku pikir jerus hanya punya kandungan vit, c saja..... makasih infonya kak...

    ReplyDelete
  20. baru tau ane jeruk bisa menurunkan kolesterol hehe

    ReplyDelete