GANTI BAHASA

Berbagai Macam Jenis Pupuk untuk Pertanian

Sekiranya ini adalah suatu hal yang sangat penting untuk sobat ketahui, kalau mau pertanian sobat bisa lebih unggul dengan hasil yang menakjubkan. Yaitu dengan memberi dan menerapkan pemupukan yang tepat kepada tamaman itu sendiri.

Bagai mana caranya...?

Caranya yaitu' dengan mengerti dan memahami berbagai macam jenis pupuk untuk pertanian yang harus sobat wajib tau. Karena fungsi pupuk ini sangat berpotensi utuk kelangsungan hidup tanamn.
dwisangpetani.com
Macam macam pupuk
Gbr dari google

Kalo sobat sudah paham dan mengerti tentang seluk beluk pupuk dan tau cara pengaplikasianya, sudah pastilah sobat akan menjadi seorang penanam dan perawat tanaman yang handal, sehingga hasilnya pun tidak diragukan lagi.

Di artikel ini, sekarang dwisangpetani akan memberi pengertian tentang berbagai macam jenis pupuk utuk pertanian yang saya bahas sedetail mungkin, agar sobat petani semua bisa lebih tau tentang pupuk yang sangat di butuhkan tanaman.

Pupuk adalah' material yang di tambahkan pada media tanam atau tanaman, utuk memenuhi kebutuhan hara yang di perlukan tanaman sehingga mampu berproduksi dengan baik. Mari kita mulai tentang pembahasan pupuk.

Berbagai Macam Jenis Pupuk untuk Pertanian


Untuk memudahkan dalam penjelasan, macam macam pupuk di kelompokan menjadi 3 bagian, yang di antaranya yaitu"

1. Pupuk berdasarkan sumber bahan
2. Pupuk berdasarkan bentuk fisik
3. Pupuk berdasarkan kandunganya

Mari kita uraikan satu persatu,

Pupuk Berdasarkan Sumber Bahan


Dilihat dari sumber pembuatanya, terdapat 2 klompok besar pupuk yaitu"
dwisangpetani.com
Pupuk organik
Gbr dari google

A. Pupuk organik
Pupuk organik adalah' pupuk yang di hasilkan dari sisa makhluk hidup dan juga tumbuhan, seperti kotoran hewan, dan daun atau ranting pohon yang di olah menjadi pupuk.

Adapun macam macam pupuk organik meliputi"

1. Pupuk kompos
Pupuk kompos adalah' pupuk yang di buat dengan cara membusukan sisa sisa tanaman. Pupuk jenis ini berfungsi sebagai pemberi unsur hara yang tujuan utamanya adalah' untuk mensuburkan tanah.

Adapun sisa sisa tanaman yang di maksud sebagi bahan pembuatan pupuk kompos yaitu"

Dedaunan
Dari semua jenis kelas dedaunan yang telah kering dan membusuk, baik secara alami maupun sengaja di buat oleh manusia.

buah buahan
Buah buahan dan juga limbah rumah tangga bisa tergolong pupuk organik.
Seperti, kulit buah, sisa nasi, dan lain lain. Biasanya di manfaatkan oleh petani sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair.

batang pohon
Semua jenis batang pohon yang bisa membusuk seperi batang padi, pisang, rerumputan, gergajian kayu dan lain lain.

2. Pupuk kandang
Pupuk kandang adalah pupuk yang di hasilkan dari semua kotoran hewan seperti' kotoran sapi, kambing, ayam, dan semua jenis unggas.

Dari semua bahan di atas di proses dengan sedemikian rupa, sehingga menjadi sebuah pupuk yang langsung bisa di aplikasikan ke tanaman.

Kandungan hara yang terdapat dalam pupuk kandang ini adalah 55% N, 25% P205, dan 5% K20, atau tergantung dari jenis hewan dan makanan yang di makan.

3. pupuk hijau
Pupuk hijau merupakan sebuah pupuk yang di hasilkan dari pelapukan sebuah tanaman. Kebanyakan bahan dasar dari pupuk hijau ini, berupa tanaman yang masih hijau( belum kering), seperti' tanamn kacang kacangan (leguminosa) dan tanaman air (azola).

Jenis tanaman di atas banyak mengandung unsur hara' terutama unsur nitrogen yang tinggi, tanaman ini juga mudah terurai oleh tanah.

Pengaplikasian pupuk hijau bisa langsung di benamkan ketanah atau bisa juga dengan pengomposan.
Sebagai contohnya banyak petani yang menanam tanaman legominos seperti ki hujan, di setiap pinggiran lahan mereka. Dengan alasan suatu saat tanaman leguminos akan di pangkas sebagai pupuk hijau, karena jenis tanaman ini sangat bagus dan bisa di aplikasikan langsung ke tanah.

Sedangkan utuk jenis azola (tanaman air), bisa diaplikasikan langsung dengan cara' membenamkan ketanah. Hal ini sering di lakukan oleh petani padi saat melakukan penyiangan, pada lahan irigasi sebagi tempat cocok tanamnya.

4. Pupuk hayati organik
Pupuk hayati, merupakan pupuk yang terdiri dari organisme hidup yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesuburan tanah dan menghasilkan nutrisi yang sangat penting bagi tanah.

Menurut kementrian pertanian, pupuk hayati bukan termasuk dalam golongan pupuk organik, melainkan sebagai pembenah tanah, tapi kenyataanya, penerapan dilapangan sering di anggap sebagai pupuk organik.

Pupuk hayati bekerja tidak seperti pupuk organik, yang mana untuk pupuk ini, bisa langsung meningkatkan kesuburan tanah dengan menyediakan nutrisi untuk tanaman, sedangkan pupuk organik perlu proses.

Nutrisi yang tersedia dalam pupuk hayati, di akibatkan melalui proses gradual, yaitu dengan cara mengambil unsur N dari atmosfer, melarutkan fosfor dan mensintesis zat zat lain yang di butuhkan oleh tanaman.

Proses pembuatan pupuk hayati dengan cara mengisolasi bakteri bakteri tertentu seperti' azotobacter choococum yang berfungsi mengikat unsur unsur N, sedangkan bacillus megaterium bakteri yang bisa melarutkan unsur P, kemudian bacillus mucilaginous yang bisa melarutkan unsur K. Mikroorganisme tersebut bisa di dapatkan di daerah tanah tanah pegunungan atau hutan dan sumber sumber yang lain.

Manfaat pupuk organik

  • Pupuk organik di ketahui mampu meningkatkan keaneka ragaman hayati pertanian dan produktivitas tanah secara jangka panjang.
  • Pupuk organik juga dapat menjadi sarana sekuestrasi karbon ketanah, dengan menyediakan bahan organik dan nutrisi mikro bagi organisme penghuni tanah seperti jamur mikoriza yang membatu tanaman menyerap nutrisi dan dapat mengurangi input nutrisi.


Sedangkan fungsi lain pupuk organik ini adalah"

  • Meningkatkan kapasitas tukar kation, yaitu" kemampuan tanah untuk meningkatkan interasi antar ion ion yang ada dalam tanah.
  • Meningkatkan daya simpan air, yaitu karena pupuk kompos ini mudah meresap air dan mencadangkanya pada saat sang tanaman membutuhkanya, sehingga tanaman susah mengalami kekeringan.
  • Meningkatkan aktifitas biologi tanah, dengan pupuk kompos yang mengandung mikroorganisme, sehinga bisa meningkatkan biota tanah, yang sangat bagus untuk tanaman.
Baca juga
Cara sukses membuat pupuk organik

Tapi kelemahan pupuk organik ini tidak bisa di serap langsung oleh tanaman, karena pupuk organik bersifat kompleks dan ketersediaan senyawa yang ada dalm pupuk, tidak berupa unsur atau molekul yang sederhana sehingga tanah tidak bisa menyerapnya secara langsung. Jadi perlu proses lama utuk bisa di serap oleh tanaman.

B. pupuk anorganik
Pupuk anorganik atau pupuk buatan( pupuk kimia) adalah' sebuah jenis pupuk yang dibuat oleh pabrik, yang terdiri dari berbagi macam campuran bahan kimia.

Pupuk ini tidak di hasilkan dari bahan natural atu bahan alam, sehingga di sebut juga pupuk buatan.

Tiga senyawa utama dalam pupuk anorganik adalah' nitrogen (N), fosfor (P) dan kalium(K)

Berikut adalah pupuk yang mengandung senyawa pupuk anorganik"

1. Pupuk yang mengandung unsur (N)
Nitrogen (N), merupakan sebuah unsur hara pada tanah yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan dan memberi warna hijo pada daun sebuah tanaman.

Kalo sampai kekuranagn unsur nitrogen pada sebuah tanaman, mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman itu terganggu, sehingga hasil tanaman itu menurun, karena terganggunya pembentukan klorofil.

Pupuk Nitrogen mengandung unsur N, umumnya berupa nitrat, amonium, amin, sianida.
Contoh" kalium nitrat (KNO3), Amonium fosfat (NH4)3PO4, urea (NH2CONH2), kalsium sianida (CACN2) dan amonium sulfat (NH4)2SO4 biasa disebut (ZA), bentuk pupuk N ini berupa' kristal, prill, palet, cair.

Adapun pupuk berunsur N yang sering di aplikasikan oleh petani adalah"

Pupuk urea
dwisangpetani.com
Pupuk urea
Gbr dari google

# kadar hara 45-47%
# indek garam 75,40
# warna putih
# berbebtuk tepung kasar
# struktur agak kasar
# higroskopisitas tinggi
# mempunyai daya larut tinggi.

Pupuk ZA
dwisangpetani.com
Pupuk ZA
Gbr dari google

# kadar hara 21-25%
# indek garam 68,96
# warna biru muda
# berbentuk butiran
# struktur agak keras
# higroskopisitas sedang
# mempunyai daya larut sedang.

2. Pupuk yang mengandung unsur (P)
Fosfor (P), merupakan sebuah unsur hara yang berfungsi sebagai penyusun enzim, protein, ATP, RNA, DNA.

ATP, penting untuk transfer energi, DNA menentukan sifat generik tanaman, unsur P juga berperan kepada tumbuhnya benih, akar, bunga dan buah. Dengan membaiknya perakaran struktur penyerapan akan lebih baik.

Posfor (P) jika di gabung dengan kalium (K) akan membatu tanaman dalm hal pembungaan. Hal itu disebabkan karena pada saat tanaman berbunga, sanagt banyak membutuhkan fosfor yang tinggi.

Fungsi pupuk (P) utuk tanaman adalah sebagai"
* respirasi dan foto sintesis
* penyusunan asam nukleat
* pembentukan bibit tanaman dan penghasilan buah.
* perangsang perkembangan akar, sehingga akar bisa bertahan pada musim pengering(kemarau).
* mempercepat masa panen, sehingga tidak telat berbuah.

Ciri tanaman kekurangan fosfor (P)
- Daun tua menjadi keunguan dan kelabu.
- tepi daun coklat
- tulang daun muda menjadi hijau gelap dan hangus.
- pertumbuhan daun kecil, kerdil dan akhirnya rontok.
- fase pertumbuhan lambat dan tanaman kerdil.

Pupuk dengan kandungan unsur fosfor (P) yang sering di aplikasikan oleh petani yaitu"

Pupuk SP36 atu SP18
dwisangpetani.com
Pupuk SP-36
Gbr dari google

# unsur hara (P)
# kandungan hara 36- 18%
# warna putih pucat
# berbentuk butiran
# berstruktur keras
# higriskopisitas, rendah
# berdaya larut rendah

Pupuk TSP
dwisangpetani.com
Pupuk TSP
Gbr dari google

# unsur hara, P(fosfor)
# kandungan hara, 48%
# ideks garam 10,08%
# berwarna, abu abu tua
# berbentuk, butiran
# berstruktur, agak keras
# higroskopisitas, rendah
# kekarutan, rendah

3. Pupuk yang mengandung unsur (K)
Kalium (K), merupakan salah satu pupuk yang sering di gunakan oleh petani untuk meningkatkan unsur kalium dalam tanah yang relatif kecil.

Sehingga dengan menambahkan pupuk ini, bisa membuat suatu tanaman mejadi subur tanpa kekurangan nutrisi.

Adapun pupuk yang banyak mengandung unsur hara K adalah"

Pupuk KCL
dwisangpetani.com
Pupuk KCL
Gbr dari google

# kandungan hara utama, K (kalium)
# kadar hara, 50-55%
# indek garam, 116, 16
# warna merah bening
# bentuk, butiran kristal
# struktur, keras
# higroskopisutas, sedang
# kelarutan sedang

Pupuk kalium sulfat (ZK)
dwisangpetani.com
Pupuk ZK
Gbr dari google

# kandungan hara utama, kalium
# kadar hara"
ZK 90 kandungan k20, 45%
Zk 96 kandungan k20, 52%
# berbentuk, butiran kecil.
# berwarna, putuh
# struktur, agak keras

Berikut di atas adalah berbagi macam jenis pupuk utuk pertanian dari segi' sumber bahannya. Mari kit lanjutkan ke penjelasan selanjutnya.


Pupuk berdasarkan bentuk fisiknya


Berdasarkan bentuk fisiknya pupuk di bedakan menjadi, pupuk padat dan cair.

Pupuk padat di perdagangkan dalm bentuk, onggokan, remahan, butiran atau kristal. Sedang kan pupuk cair di perdagangkan dalam bentuk konsentrat atau cairan.

Pupuk padat biasanya di aplikasikan ketanah, lalu pupuk cair biasanya langsung di semprotkan ke tanaman atau juga di aplikasikan ketanah.

Karena dari segi pupuk padat sudah di terangkan di atas, yaitu pupuk organik dan Anorganik kali ini saya akan menerangkan tentang pupuk cair.

Pupuk Cair
dwisangpetani.com
Pupuk cair
Gbr dari google

Pupuk cair adalah sebuah pupuk yang di buat dan di aplikasikan berbentuk cair. Sedangkan bahan yang di gunakan dalam pembuatan pupuk cair ini adalah dengan bahan utama pupuk organik, yang di kenal dengan nama pupuk organik cair.

Pupuk cair bisa berupa pupuk kandang cair, biogas, pupuk cair dari limbah organik dan bisa juga dari limbah manusia.

Cara pemrosesan pupuk cair
Pupuk cair di prosed dengan memanfaatkan kotoran hewan yang di aduk menggunakan air kemudian ditutup rapat, sehingga akan terjadi fermentasi.

Penutupan bertujuan untuk mencegah keluarnya nitrogen dalam bentuk amonia yang akan menguap. Setelah fermentasi sudah berhasil yaitu dengan di tandainya ada busa pada permukaan adonan, kemudian pupuk siap di aplikasikan. Ini adalah sebagian dari pupuk cair sederhana.

Ada juga pembuatan pupuk organik cair yang di buat dari limbah rumah tangga yang di fermentasikan dan di ambil cairanya, kemudian di aplikasikan ke tanaman.

Sekarang sudah banyak penyedia pupuk organik cair yang ada di pasaran seperti"
- pupuk cair HANTU (hormon tanaman unggul)
- pupuk cair NASA
- pupuk cair GDM
- pupuk cair POC BMW
dan lain lain .

Yang terpenting sobat harus peinter dalam memahami ciri ciri pupuk cair tersebut, bagaimana' silahkan di baca penjelasan di bawah"

Ciri ciri pupuk organik cair yang bagus

  • Mengandung agenesia hayati (organisme) yang menguntungkan bagi tanaman, terutama agensia hayati pengikat Nitrogen, pengurai fosfor, dan kalium.
  • mengandung hormon, atau SPT
  • mencantumkan kandungan C pada kemasanya.
  • mencantumkan pH dalam kemasanya.
  • pupuk organik cair yang bagus, biasanya tertera ijin resmi dari kementrian pertanian dan harga relatif ( tidak terlalau mahal).

Demikianlah sedikit pengertian tentang pupuk berdasarkan fisiknya, sekarang menuju ke pengertian yang lain silahkan di lanjutkan.


Pupuk Berdasarkan Kandunganya


Berdasarkan kandunganya, pupuk di bedakan menjadi 2 bagian yaitu' pupuk tunggal dan pupuk majemuk.

Pupuk tunggal
Pupuk tunggal adalah pupuk yang hanya mempunyai satu unsur hara saja, seperti" urea' hanya mengandung unsur (N), SP36' hanya mengandung unsur (P). KCL' hanya mengandung unsur (K).

Kegunaan pupuk tunggal untuk pertanian adalah memudahkan petani untuk menyeimbangkan nutrisi pada sebah tanaman, misal' untuk menyuburkan daun dengan pupuk berunsur (N), utuk pembungaan atau pembuahan P dan K. Sehingga tanaman bisa menyerap nutrisi yang di butuhkan, tanpa kekurangan suatu unsur hara.

Pupuk majemuk
Pupuk majemuk adalah pupuk yang mengandung lebih dari satu macam unsur hara. Musalnya' DAP mengandung unsur N dan P, kemudian NPK mempunyai unsur, N, P dan K. Tujuan utama pupuk majemuk adalah memudahkan petani dalam pemberian pupuk yang langsung seimbang.

Pupuk majemuk ini biasanya di berikan pada usia tanaman mengijak remaja, sebelum menambahkan sebuah pupuk pembungaan.

Macam macam pupuk majemuk meliputi"
NPK, Ganda Sari
Gandasil D. dan lain lain.

PENUTUP


setelah sobat tau dan mengerti mengenai berbagai macam jenis pupuk untuk pertanian, maka sobat akan lebih yakin bahwa pembudidayaan tanaman sobat bisa berhasil dan bakalan menjadi seorang petani yang sukses.

He'mmm..! lumayan juga ya sob menulus artikel tentang pupuk, sedikit menguras pikiran,,hee..tapi demi belajar dan juga berbagi, ini semua saya anggap sebagi perjuangan.

Saya rasa sekian dulu artikel Berbagai Macam Jenis Pupuk untuk Pertanian dari saya semoga bermanfaat, TERIMAKASIH.

53 Responses to "Berbagai Macam Jenis Pupuk untuk Pertanian"

  1. Nah, ini tambah pengetahuanku soal pertanian, besok pulang kampung bisa saya ajarkan ketangga. Supaya hasil tanaman mereka menghasilkan hasil yang maksimal. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantep,,,mba"nel..suatu tujuan yang luhur,,,pantas aja mba"nel, di juluki wanita teladan...terutama saya yang julukin..makasih mba" sudah mampir..

      Delete
    2. jadi pengikut blognya yang kedua diatas neng Lisa Nel

      Delete
    3. yang paling belakang siapa..?

      Delete
    4. Haaa...tenang masih banyak setok kopi kok..heee

      Delete
    5. Wah jadi bingung mau komen apa, soalnya pada rebutan kopi.. Hehe

      Sama-sama, mas terima kadih julukannya. :)

      Delete
  2. sungguh sangat lengkappenjelasan tentang aneka jenis pupuk yang beredar di indonesia ya, sayangnya kadang pupuk menjadi mahal sehingga menyulitkanpara petani mang...gimana, coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mang lembu,,,kalo harga pupuk naik atau mahal, hasil panen pun harganya harus di selaraskan mang,,biar ngga rugi,..

      Delete
    2. masalah harga pupuk ini memang kerap kali jadi masalah yah mas, kadang tidak menguntungkan bagi para petani ketika harga tidak disesuaikan

      Delete
    3. Bener" mas, asal hama tanaman tidak ikut ikutan mah, masih bisa di pertimbangkan mas'

      Delete
    4. Sayangnya harga pupuk urea smakin kesisni semakin naik, akan tetapi harga padi tetap rendah. kasihan para petani ini

      Delete
    5. Benar sekali gan...makanya petani sekarang harus pinter membaca peluang,,tanaman apa yang bakalan meledak di pasaran...enaknya bertani yaitu bisa di tinggal untuk kerja sambilan...jadi sana sini dapet...heee

      Delete
    6. waduh blogger males tingkat dewa nih, pupuk mulu, blognya kebanyakan sih jadinya nggak kepegang semua....sama saya juga gituh

      Delete
    7. Haa,,,2 hari sekali mang bukak blog,,sibuk jualan cikor

      Delete
  3. Mang, nanya nich...
    Pupuk yg bagus buat tanaman cabe apa mang?
    Kebetulan tanah yg aku tanami cabe, tanahnya ndak begitu meresap... Airnya ndak bisa ngeresap langsung ke tanah gitu.
    Baiknya pupuk apa nih mang?
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan tanah mas"darsono, adalah lempung,dan sedikit berpasir, lebih baik tanah pada sekeliling cabe, di lakukan pendangiran dulu mas.

      Kira2 umur tanaman udah berapa bulan mas"? kalau sudah remaja dan siap utuk di buah kan, beri pupuk berunsur N dan K, mas dengan takaran masing masing,2 sdm. Larutkan ke air 2 liter lalu siramkan ke tanaman,..atau terserah mas"darsono pengaplikasiannya mau bagaimana,,,

      Delete
    2. makasiiih akang...

      saya abru mau memulai kang. Makasih sekali... aseli, ini membantu saya...
      tengkyuwwww....

      Delete
  4. Uraian dan penjabarannya lengkap banget ini mas, Insya Allah bermanfaat banget nih buat para petani kita.

    ReplyDelete
  5. wah lengkap banget penjelasannya.. mantap...

    ReplyDelete
  6. jadi ingat dulu waktu di kampung suka bantu mertua disawah ...tabur tabut pupuk ke tanaman padi yg masih baru tanam ...dgn membaca artikelnya yg tadinya lupa jenis serta manfaat pupuk sekarang inget lagi ...makasih mas infonya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia,,bener mas,,,suasana terindah memang segalasesuatunya di kampung,,,di kota susah untuk tanam menanam lahannya sempit..makasih mas.

      Delete
  7. Saya sangat berharap penggunaan pipuk urea dimasayarakat kita untuk dikurangi, karena bisa merusak tanah. tapi jika pupuk komos malah akan memperbaiki struktur tanah kita

    ReplyDelete
  8. pengetahuan baru buat saya tentang dunia pertanian, ternyata banyak ragam jenis pupuk, makasih mas

    ReplyDelete
  9. saya sering nih mendengar tentang sebutan pupuk organik mas.
    tp baru sekarang faham tentang pengertiannya.

    ternyata banyak juga jenis pupuk berdasarkan sumber dan bentuk ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia,,mas betul sekali,,,bahkan masih banyak lagi jenis pupuk,..yang lain, mqkasih masyanto sudah berkunjung..

      Delete
    2. makasih biasanya sambil nyalamin kan

      Delete
  10. mantap mas dwi.. jadi tahu macam macam jenis pupuk untuk pertanian... nambah ilmu dan wawasan ttg prtanian.. top markotop

    ReplyDelete
  11. kalau saya lebih suka yang organik, selain aman buat lingkungan juga tidak berbahaya apabila hasilnya dikonsumsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali gan, itu sangat cocok untuk budidaya tanaman di konsumsi sendiri, tapi lain halnya kalo di pakai utuk bisnis, dia mengutamakan produksi tanaman agar hasilnya maksimal.

      Delete
  12. kalau mau buat pupuk organik sendiri bagaimana caranya ya? yang mudah dan tidak terlalu ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup mudah gan, ambil semua bahan yang tergolong pupuk organik, campur jadi 1 kemudian timbun, sampai terurai, akat dan aplikasikan..gampang kan..

      Delete
  13. Kalao menurut saya akan sangat bagus jika menggunakan pupuk organik ketimbang anorganik. Namun, sekarang ini kelihatannya malah banyak yang menggunakan anorganik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia gan mungkin, dengan anorganik, mereka mengharapkan pertumbuhan dan juga hasil priduktif yang cepet. Karena dengan anorganik bisa langsung di serap tumbuhan..

      Delete
  14. wah,lengkap banget penjelasannya mengenai pupuk nih mas dwi,,

    kalau boleh tahu pupuk yang bagus untuk tanaman mangga biar cepat berbuah apa ya mas dwi?
    soalnya pohon mangga saya depan rumah kayaknya kurang pupuk nih,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo, mangga mending di beri pupuk NPK maemuk, aja mas, terus banyqkin di siram pagi dan sore...

      Delete
  15. Baru kali ini ada blogger membahas tuntas terkait pupuk untuk pertanian. Sepertinya mas dwi real petanu ya ? Klo iya pantas saja pembahasannya gamblang dan mudah difahamu

    ReplyDelete
  16. kebetulan sekali saya juga lagi belajar menanam mas, lumayan lah meskipun cuma menanam bawang-bawangan. saya biasanyaa pakai pupuk kandang sih meskipun bau tapi lumayan lah gratis kan hehehe

    ReplyDelete
  17. Selain Gratis, hasil dari pupuk Kandang juga, aman untuk di konsumsi,cuman memerlukan waktu yang lama untuk,memesen nya..

    ReplyDelete
  18. Makasih banyak mas informasinya, sangat bermanfaat bagi saya :D

    ReplyDelete