GANTI BAHASA

Inilah Langkah Penting Setelah Panen Alpukat

Sebetulnya ini adalah kelanjutan dari artikel saya yang berjudul"Cara Menanam Alpukat agar Cepat Berbuah" karena penjelasanya terlalu panjang, jadinya saya tambahkan melalui artikel susulan ini.

Yang mana artikel ini menerangkan, bagaimana merawat buah alpukat setelah habis di panen, agar kualitas buah tetap terjaga, sehingga terhindar dari kerugian.
dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google


Apa yang perlu sobat lakukan setelah memanen buah alpukat yuk di simak"

Inilah Langkah Penting Setelah Panen Alpukat



Melakukan pencucian buah


Hal yang perlu di perhatikan setelah sobat memanen buah alpukat adalah pencucian buah. Dengan tujuan agar buah hasil panen berpenampilan bagus, mengkilap, jadi kelihatan lebih berkualitas, dan menarik.

Terus caranya bagaimana..?

Adapun caranya pencucian buah alpukat ini, adalah sebagai berikut"

Membersihkan kotoran dengan menggunakan air bersih, lebih bagusnya penncucianya menggunakan kran yang mengeluarkan air kencang. Sehingga kotoran gampang kebuang dan buah cepet bersih.

Apabila ada kotoran yang terlalau banyak atau membandel, bisa di rendam dahulu sampai kotoran lunak kemudian siram dengan air kran dan bersihkan dengan kain basah atau kering.


Mensortir buah alpukat


Setelah pencucian selesai dengan sempurna, langkah berikutnya yaitu mensortir buah alpokat.

Apasih mensortir itu ..pak.?

Mensortir adalah memisahkan atau mengelompokan antara buah yang berkualitas bagus dengan buah yang berkualitas jelek atau sedang.

Bertujuan untuk memudahkan sobat, dalam menentukan harga jual kepada pengepul atau langsung ke pasar tradisianal atau para pemborong.

Kalo sobat mensortir sendiri akan lebih bagus, karena kalo dari pihak pengepul yang nyortir biasanya ugal ugalan sehingga bisa merusak buah.

Biasanya buah yang berkualitas super akan di ekspor oleh pihak pengepul, dan inilah harga yang paling di nanti oleh para petani, dengan harga yang tentunya melambung.

Ciri buah yang layak untuk di ekspor adalah"
dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google

  • Buah alpukat tidak cacat, kulit buah mulus tanpa ada bercak.
  • Cukup tua tetapi belum matang.
  • Ukuran buah seragam, dalam arti tiap buah berbobot sama. Misal" dalam 1 kg terdiri dari 2 buah atau dalam 1 kg terdiri dari 4 buah.
  • Bentuk buah seragam sesuai dengan pesanan pihak pengekspor.
  • Daging buah berkualitas baik, seperti' dagingnya kuning cerah dan tidak berserat.
    dwisangpetani.blogspot.com
    Gbr dari google

Setelah buah sobat lulus dari ciri ciri tersebut berarti, buah sobat siap bersaing di pasaran internasional.


Pemeraman buah alpukat


Pemeraman di lakukan untuk tujuan, apabila ada pesanan dari pihak pembeli buah yang akan di proses sebagi bahan makanan langsung, biasanya pemborong tersebut mempunyai kebutuhan untuk pesanan ketring dalam sebuah restoran. Atau juga pedagang eceran buah keliling yang biasa lewat depan rumah sobat.

Cara pemeramanya cukup mudah, yaitu"

  • Buat galian dalam tanah, sekitar 1 m³ atau sesuai kemauan sobat, ukuran di atas adalah sebagai contoh.
  • Lapisi lubang dengan terpal atau plastik, sampai permukaan tanah.
  • Pada bagian dasar tanah, beri lapisan jerami padi yang masih basah atau hijau, atau bisa juga menggunakan daun singkong, dengan tebal tumpukan, 1 jengkal dari dasar tanah.
  • Masukan buah alpukat tepat di atas tupukan daun singkong tersebut, dengan di alasi menggunakan daun pisang kering. Banyaknya buah yang mau di eram, sesuaikan dengan lubang galian.
  • Kemudian sebagai penutup gunakan juga daun pisang kering sebagai penutup, dan pada atas daun pisang di beri daun singkong atau batang jerami padi yang masih hijau atau kuning, yang penting belum kering.
  • Langkah berikutnya tutupkan atau ikat terpal, sehingga tidak ada udara yang masuk. Kemudian lubang di urug dengan tanah kembali.
Dengan demikian maka akan terjadi pelembaban udara yang sangat hebat yang di akibatkan dengan memanasnya dedaunan tersebut, dalam 2-3 hari buah alpokat sudah masak dan siap santap. Dengan catatan buahnya sudah tua, apabila buahnya belum begitu tua biasanya mencapi 4- 5 hari untuk bisa masak.

Kalo menginginkan buah alpukat yang di prediksi utuk kematangan 2 hari kedepan, sobat bisa mengangkat eraman dalam 2 hari saja.

Itulah cara pemeraman yang sederhana, yang dulu orang tua saya pernah mencobanya. Pemeraman di atas bisa juga untuk buah yang lain, misal, mangga, sawo, pisang dan lain lain.


Pembungkusan ( pengemasan)


Pembungkusan adalah mengemas buah sebelum di setorkan kepada pengepul, atau pembeli.

Pengemasan ini bertujuan agar, buah yang nantinya disetorkan bisa tersusun rapi dan memudahkan dalam pembawaan.

Pembungkusan di lakukan sesuai dengan permintaan pengepul, adapun jenis bahan yang bisa digunakan sebagai pembungkus, adalah karung goni, kranjang bambu' yang di kasih jerami kering, bok yang terbuat dari papan kayu, dan lain lain.

Tapi kalo kemasan untuk ekspor berbeda lagi, umumnya menggunakan kotak karton, yang berkapasitas 5 kg buah alpukat/kotak.

Bungkusan atau kemasan untuk kelas ekspor biasanya di lengkapai dengan tulisan, label dan keterangan mengenai isi juga informasi, tentang kemasan buah alpukat tersebut.

Adapun syarat utama dalam pembungkusan/pengemasan, adalah" tidak toksik, mudah di buka atau di tutup, ukuran dan berat pembungkusan sesuai isi.


Pengangkutan atau pengiriman


Pengakutan untuk buah alpukat harus hati hati supaya kualitas buah tetap terjamin.

Maka dari itu alat yang di gunakan utuk pengangkutan harus bener bener terjamin, bisa membawa buah alpukat dengan selamat.

Adapun pengangkutan yang sesuai dengan karekteria di atas adalah"

#. Suhu udara dalam bok pengangkut tidak panas, dalam arti ber AC.

#. Juga bisa menggunakan pengangkut bak terbuka, sehingga udara bebas berganti.

#. Supir pembawa kendaraan dalam pengiriman harus sopir yang ahli dan sudah berpengalaman, jadi buah alpokat yang sedang di bawa aman, karena dengan sopir angkutan yang berpengalaman ini, otomatis lebih paham tentang segala sesuatunya yang akan terjadi di jalan.

Baca juga
Manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan kecantikan

Penutup
Demikian sekiranya cara pengolahan buah alpukat setelah panen, kalau untuk panen alpukat depan rumah, sebaiknya di santap langsung saja. Karena buah alpukat ini cukup mantap apabila di buat jus, dan utuk kesehatan.

Atas kunjungan dan perhatianya saya ucapkan terimakasih.

9 Responses to "Inilah Langkah Penting Setelah Panen Alpukat"

  1. buah favorite nih, di jus enak di makan mentah pun enak

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Benar gan buah ini, kalo lg musimnya, emang menggiurkan gan.

      Delete
    2. Pertama kali lihat buat ini. saat masih Sekolah. soal nya di sekolah ada tanaman ini. gak tahu cara makan nya. jadi gak terlalu peduli deh :D

      Delete
  3. Pertama kali lihat buat ini. saat masih Sekolah. soal nya di sekolah ada tanaman ini. gak tahu cara makan nya. jadi gak terlalu peduli deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan, apalagi di kampung, alpokat terasa buah yang istimewa,..orang orang kampung lebih tertarik dengan buah buahan hasil tanam sendiri..

      Delete
  4. Cara bedain alpukat yg pahit gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alpokat yang pait biasanya di ambil dari buah alpukat yang masih muda alias belum tua gan, bercirikan" buahnya empuk tapi dalemnya masih keras, dan kalo mateng kulit buah keriput.

      Delete