GANTI BAHASA

Cara Budidaya Tanaman Buah Naga Berbuah Lebat

Pernakah sobat makan buah naga, bagaimana rasanya,..? Pasti manis, seger, aroma wangi. Apalagi di bikin jus atau buat campuran es buah, mantep tenan ia ngga.
dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google

Lalu dari mana sobat bisa mendapatkanya..? Pasti beli di supermarket atau di toko buah ia kan.

Setelah sobat membaca artikel dari dwisangpetani, maka jangan heran kalo nantinya sobat bisa, menanam buah naga sendiri dan berbuah lebat.

Sehingga akhirnya sobat, tidak perlu lagi membeli buah naga di supermarket atu toko buah yang relatif harganya mahal. Apalagi kalo nanam pohonya banyak, sobat bisa menjadi pengusaha buah naga yang sukses. Dengan uang jutaan di kantong sobat, bukan uang ribuan lagi..he.e.e..

Sebelum kita mulai pembahasan tentang "Cara Budidaya Tanaman Buah Naga Berbuah Lebat", sebaiknya kenali dulu yuk" apa sih buah naga itu...?
Sebenarnya dari mana sih buah naga itu..?

buah naga dalam bahasa inggrisnya' pitaya, adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga hylocereus dan selenicereus, buah ini berasal dari Meksiko , Amerika tengah dan selatan.

Namun sekarang sudah di budidayakan di daerah asia, seperti di indonesia, Taiwan, Vietnam, Filipina. Pada tahun 1970 tanaman ini di bawa oleh orang Prancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias.

Oleh orang Vietnam dan Cina buahnya di anggap membawa berkah. Sehingga mereka selalu menaruhnya diantara 2 ekor patung naga berwarna hijau di meja latar. Warna merah buah naga terlihat mencolok di antara warna naga naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kenal oleh orang Vietnam yang kebanyakan terpengaruh budaya cina sebagai thang loy (buah naga).

Istilah thang loy kemudian di terjemakan oleh bangsa Eropa dan negara lain sebagai dragon fruit (buah naga).

Nah demikian sedikit pengertian tentang buah naga menurut wikipedia, setelah sobat sudah tau asal usul buah naga, sekarang kita menuju ke topik yang sebenarnya..yuk"


Cara Budidaya Tanaman Buah Naga Berbuah Lebat


Budidaya tanaman buah naga sangat cocok di iklim seperti indonesia yang beriklim tropis. Jenis tanaman ini sangat bagus untuk di tanam di tanah dengan ketinggian 0,350 diatas permukaan air laut. Dengan curah hujan 720 mm/ tahun, dan suhu udara antara 26 - 36 °c

Adapun utuk jenis buah naga yang diantaranya adalah"

Hylocereus undatus " kulit berwarna merah dan daging putih.
dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google

Hylocereus polyrhisus
Dengan ciri buah merah daging merah
dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google

Hylocereus costaricensis
Berciri buah merah daging merah pekat
dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google

Hylocereus megalanthus
Bercirikan buah kuning daging kuning
dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google

Langkah pembudidayaan tanaman buah naga


Pemilihan Bibit


Disini saya akan menjelaskan Pemilihan bibit untuk budidaya tanaman buah naga dengan cara setek. Pilihlah bibit yang berkualitas, dalam arti batangnya tua, tidak terkena hama, dan di ambil dari bibit unggulan.
dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google


Penyetekan bibit tanaman

dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google

Di sini saya akan menerangkan bagaimana cara penyetekan buah naga, yaitu dengan menggunakan polybag terlebih dahulu, sebelum di tanam di tanah lepas.

Siapkan polybag berdiameter 10 cm, kemudian isi dengan tanah campuran pupuk organik (kompos, kandang, arang sekam).
Baca juga, cara membuat pupuk organik sendiri

Kemudian siram polybag dengan cukup air, dan beri lubangan pada bagian bawah polibag, untuk sirkulasi udara dan pembuangan air. Biarkan sampai 2 hari.

Ambil batang bibit buah naga' yang tentunya sudah di siapkan, dan bikin runcingan pada bagian pangkal batang yang mau di tancapkan untuk setek.

Sebelum di tancapkan ke media polybag, sebaiknya bibit batang yang baru di runcingkan di diamkan dulu sampai kering. Bertujuan mengurangi kegagalan dalam penyetekan di karenakan batang busuk.

Setelah semua di atas sudah beres, sekarang waktunya mentancapkan bibit batang yang akan di setek, tancapkan ke dalam polybag dengan kedalaman 5 cm kemudian siram dengan air berukuran sedang.

Beri naungan atau teduhan supaya setekan tidak terkena sinar matahari langsung, atau bisa juga di letakan pada tempat yang teduh. Sambil menunggu timbulnya tunas baru pada ujung setekan, alangkah baiknya' sobat menuju ke tahap berikutnya' terlebih dahulu, yaitu,


pembuatan tiang panjat


Apa gunanya tiang panjat untuk tanaman buah naga ini..?

Tiang panjat di buat bertujuan untuk menopang tumbuhnya tanaman. Tiang panjat biasanya di buat dengan tiang beton, atau bisa juga besi silinder berukuran ± 10-15 cm, yang pada atasnya dibuat persis kaya setiran mobil, yaitu berbentuk lingkaran pada tengahnya di buat( +). Tinggi tiang panjat berkisar, 2- 2½ m

Kedalaman untuk membuat tiang panjat sekitar 50 cm, dari permukaan tanah.


persiapan lahan tanam


Lahan yang bagus untuk tanaman buah naga adalah tanah yang banyak mengandung zat organik, dan unsur hara.
baca juga ciri ciri tanah yang paling subur

Tapi bukan berarti kalo tanah sobat lempung atau genting tidak bisa di tanami,, tenang' masih bisa kok di tanami, dengan cara tanah di suburkan terlebih dahulu. Karena jenis tanaman ini cukup mudah di tanam.

Sebaiknya simak langkah yang tepat untuk persiapan lahan tanaman buah naga berikut,

Setelah tiang panjat jadi, buatlah galian yang mengelilingi tiang panjat tersebut membentuk lingkaran dengan diameter 60 cm, dan kedalaman 25 cm. Urug dengan pupuk organik( pupuk kandang, kompos, jerami yang di bakar), kemudian taburi dengan dolamit (kapur pertanian).

Kemudian urug kembali dan siram dengan air sedang, diamkan sampai, proses penyetekan bibit tumbuh tunas dan siap di tanam.


Penanaman bibit buah naga

dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google

Setelah menginjak 3 minggu bibit sudah mengeluarkan tunas, pada bagian ujung, dan siap utuk di tanam.

Langkah penanamanya, yaitu membuat 4 lubang pada sekeliling tiang panjat yang berjarak 10 cm dari tiang, dengan kedalaman 10 - 15 cm dari permukaan tanah. Lubang galian tersebut akan digunakan untuk menanam 4 bibit buah naga sehingga P × L di sesuaikan dengan luas polybag.

Kemudian bukak polybag dan di usahakan tanah pada bibit jangan sampai hancur, sehingga akar pada bibit tidak goyah. Lalu segera tanamkan bibit pada lubang galian tersebut dan urug, jangan lupa di siram.

Setelah penanaman sudah dikira sempurna, langkah selanjutnya mengikatkan batang pada tiang panjat, dengan sarat dalam pengikatan jangan terlalu kencang. Sehingga tidak mengganggu pertumbuhan batang.

Proses pengikatan lanjutan dilakukan setiap batang mulai panjang, 20 - 30 cm.


Perawatan Tanaman


Agar tanaman buah naga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, perlu sekali melakukan perawatan dengan sempurna, disini sobat bisa memulai perawatan dengan cara"

Penyiangan
Penyiangan dilakukan dengan cara, membersihkan dan mencabuti semua gulma atau rumput liar di sekitar tanaman.

Utuk apa penyiangan di lakukan..?

Gunanya penyiangan di lakukan, agar pasokan makanan yang terdapat dalam tanah dapat optimal di serap oleh tanaman buah naga tanpa terganggu oleh gulma yang ikut menyerap sari makanan tersebut.

Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan apabila pada batang sekuder mengeluarkan cabang tersier, dan yang perlu di pangkas adalah batang tersier, dengan tujuan batang sekuder dapat naik sampai ujung tiang panjat.

Waduh kayaknya sobat malah puyeng nih, primer, sekunder, tersier..maksudnya apa..?

Saya jelaskan sedikit tentang batang, primer, sekuder, tersier.
Batang primer" batang utama yaitu 'bibit yang di setek. Batang sekunder" tunas yang keluar dari batang setekan, yang nantinya akan di bimmbing dan diikat menuju ujung tiang panjat, batang tersier" tunas yang tumbuh pada batang sekunder, yang harus di pangkas.

Kemudian kalau sekiranya batang sekuder sudah menycapai puncak tiang panjat, makaa pemangkasan di lakukan pada semua ujung batang sekuder. Bertujuan untuk merangsang tumbuhnya batang tersier keluar, yang nantinya akan dirawat dan di pelihara untuk menghasilkan buah.

Pemupukan
Pemupukan di sesuaikan dengan tingkatan pertumbuhan tanaman yang di lakukan pada pasca tanam yaitu"

  • Pemupukan pada 3 bulan pertama dengan menggunakan pupuk kandang, kompos, dengan dosis 5 -10 kg / pohon.
  • Pada masa pertumbuhan, gunakan pupuk yang banyak mengandung unsur Nitrogen (N), seperti pupuk organik, baik cair maupun kompos.
  • Pada saat tanaman mulai remaja dan siap untuk di bungakan dan buah, menggunakan pupuk yang mengandung unsur Fosfor(P) dan kalium(K), seperti NPK, dan ZK dengan dosis 50 dan 20g /pohon

Penyerbukan dan pembuahan 
Setelah mengijak umur 1 - 2 tahun, maka tanaman buah naga ini , sudah bisa menghasilkan bunga dan akan segera berubah menjadi buah.

Tanaman buah naga dalam penyerbuakan untuk menghasilkan buah kurang optimal, karena bunga pada tanaman ini mekarnya kusus pada malam hari sehingga kumbang , dan serangga lain tidak bisa membatu penyerbukan. Sehinga hanya mengandalkan angin, maka dari itu dibilang kurang sempurna.

Terus apa yang harus sobat lakukan,..?

Membantu penyerbukan secara manual' dengan cara"
  • Mengunakan jari tangan' ketika bunga mekar dengan sempurna masukan tangan ke bunga dan putar jari, perlahan lahan utuk membatu penyerbukan
  • Menggunakan korek kuping' masukan korek kuping ke benang sari dengan cara di puter sehingga serbuk sari nempel, kemudian tempelkan korek kuping pada lubang putik, dengan cara di sentil sentil sedikit, sehingga serbuk sari jatuh ke putik. Yang diharapkan dapan menjadikan pembuahan.
  • Menggunakan kuas kecil, dengan cara mengambil serbuksari dengan kuas, dan siapkan kertas sebagi tempat serbuk sari, kemudian taburkan benang sari ke putik.
Setelah 1-2 minggu kalo pembuahan berhasil maka bunga akan segera menjadi buah.

Penyiraman
Penyiraman di lakukan 3 x 1 hari, khususnya pada musim kemarau, dan pada musim hujan sesuaikan dengan kelembaban tanah.

Prosedur penyiraman, bisa menggunakan gembor, selang, dan bisa juga dengan model ,irigasi atau drainase parit.

Pencegahan hama
Pencegahan hama tanaman di lakukan sekedarnya saja, apabila ada gejala yang menyerang. Tapi tanaman buah naga ini jarang terkena hama, kalaupun misalnya ada cukup semprotkan pestisida.


Pemanenan

Setelah sobat melakukan perawatan dengan baik, dapat di pastikan tanaman buah naga ini berbuah lebat. Dan sobat bisa menuai hasil dengan cara memanenya. Adapun ciri untuk buah naga yang sudah tua dan siap panen adalah"
dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google

  • Buah yang sudah diperkirakan tua sudah berumur 50-60 hari.
  • Kulit buah berwarna merah mengkilap dan kalo di pencet empuk.
  • Mahkota bunga sudah kelihatan mengering .
Cara memanennya
Siapkan alat berupa gunting dan keranjang, dan sarung tangan.

Potong buah tepat pada tangkainya, dengan cara hati hati' jangan sampai merusak batang dan kulit buah.

Buah yang sudah di potong di bungkus dengan koran dan pada bawah keranjang di kasih jerami atau bahan pelindung yang lain, kemudian letakan dengan cara tangkai buah di bawah.

Tinggi pada susunan buah naga di kerajang diusahakan, 3 lapis saja supaya tidak membebani terlalu berat pada buah bagian dasar.

Untuk panen 1 tiang panjat bisa menycapi 10- 20 buah tergantung banyaknya tangkai yang produktif.


Penutup

Karena tanaman buah naga ini cukup berusia lama yaitu bisa mencapai 15 -30 thn, sehingga cocok di budidaya untuk pemasukan keuangan sobat. Dan tentunya mudah di jual karena di pasaran peminatnya banyak.
Sekian dan terimakasih, semoga "Cara Budidaya Tanaman Buah Naga Berbuah Lebat" ini bermanfaat dan silahkan di search.

10 Responses to "Cara Budidaya Tanaman Buah Naga Berbuah Lebat"

  1. kayaknya mudah, tapi gak punya lahan untuk menanamnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini merupakan jenis tanaman hias gan, jadi cocok juga di tanam di depan rumah.

      Delete
  2. Saya pernah nyoba nanam buah naga mas. Tapi hasilnya kurang bagus. Mungkin pengaruh tanahnya kali ya. Btw makasih untuk ilmu yang diberikan di artikel ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekurang bagusnya dari sebuah tanaman biasanya, karena kurangnya perawatan dan pemupukan gan..di coba deh dengan cara saya ini.mudah mudahan berhasil

      Delete
  3. Selain suka sama buah ini , jadi makin tau tentang buah ini hehehe , makasi gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia..sama sama gan..nanti lama lama juga jadi pengn nanem heee...

      Delete
  4. Replies
    1. Cukup terjangkau harganya gan,,yang kualitas super, harga perkilo 25 - 30rb gan

      Delete