GANTI BAHASA

Cara Termudah Budidaya Tanaman Semangka

Apa kabar sobat petani,,,?

Jawab dengan lantang ..."SUKSES"

Ketemu lagi dengan saya dwisang petani, kali ini pak dwi akan menerangkan tentang' "Cara Termudah Budidaya Tanaman Semangka"

Taukah sobat apa sih semangka itu..?
dwisangpetani.blogspot.com
Semangka matang
Suber gbr. google search
Semangka atau tembikai (citrullus lanatus) adalah tanaman merambat, yang berasal dari setengah gurun daerah afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan tanaman, melon, labu labuan dan mentimun.

Sebagai mana anggota suku ketimun ketimunan lainya, habitus tanaman ini merambat namun tidak bisa berakar adventif dan juga tidak bisa memanjat.

Memiliki 2 jenis bunga yaitu bunga jantan yang hanya memiliki benang sari(stamen), dan bunga banci yang memiliki benang sari dan putik(pestillum). Bunga banci dapat di kenali dari bakal buah yang mengembung berbentuk ofal.

Buah semangka mempunyai kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau juga hijau muda. Tahan pada cuaca panas pada musim kemarau.

Setelah sobat sudah sedikit paham tentang tanaman semangka, sekarang kita lanjutkan ke cara membudidayakanya, yuk di mulai.

Cara Termudah Budidaya Tanaman Semangka

Adapun cara caranya sebagai berikut"

1. Persiapan Bibit Tanaman


Perlu sobat ketahui keberhasilan suatu tanaman 75% adalah dari pemilihan bibit. Maka dari itu pilihlah bibit yang betul betul berkualitas.

Di era jaman sekarang ini sudah banyak toko toko bibit tanaman semangka, sehingga sobat petani tidak perlu repot repot membuat bibit sendiri.

Setelah sobat petani mempunyai bibit semangka atau bijinya, langkah berikutnya yaitu"
Peregangan biji dengan cara menyayat sedikit kulit biji bertujuan agar biji cepat berkecambah.

Kemudian rendam dengan air hangat ± 20- 25°c, yang di campuri 1 sdt hormon (atornik, menedael, abitonik), 1 sdm larutan anti jamur (fungisida), dan 1 sdt larutan bakterisida. Rendam dalam waktu 30 menit. Kemudian angkat dan tiriskan sampai kering sempurna. Dan bibit siap di semai.


2. Penyemaian Bibit

Sebetulnya biji semangka bisa langsung di semai pada lahan terbuka yang mau di jadikan lahan utama pembudidayaan semangka itu sendiri.
Tapai saran saya lebih baik di semaikan pada sebuah polybek atau plastik kecil terlebuh dahulu. Bertujuan agar lebih mudah dalam perawatan sampai bibit sudah bisa beradap tasi pada lahan bebas. Sehingga nantinya akan tumbuh secara maksimal.

Adapun caranya sebagai berikut"
Siapkan polibek berdiameter 10 cm, dan tinggi 15 cm.

Masukan tanah berpasir campuran pupuk organik ( kompis, kandang, arang sekam). Siram dengan air dan tunggu sampai 2-4 hari. Jangan lupa polyback di kasih lubang lubang pada bawahnya utuk pembuangan air dan sirkulasi udara.

Kemudian masukan biji semangka yang sudah di lakukan peregangan sesuai di atas. Pada cara no 1. Sedangkan cara penyemaianya, memasukan 2 atau 1 biji semangka pada tiap polyback, diusahakan bijinya terbenam tanah dan lakukan penyiraman secara rutin tiap harinya.

Setelah biji semangka umur 4-7 hari
dwisangpetani.blogspot.com
Bibit baru tumbuh
Penerbit gbr. google search
biasanya pada polyback sudah kelihatan kecamabah yang akan tumbuh sebagai bakal daun dan terus tumbuh. Kira kira pada bibit semangka yang sudah tumbuh 2 -3 helai daun, bibit semangka sudah bisa di pindahkan ke lokasi pembudidayaan.

3. Persiapan lahan Tanam

Dalam persiapan lahan tanaman semangka sebaiknya carilah lahan yang terkena matahari langsung, dan buatlah bedengan tanah yang sudah disuburkan dengan paduan pupuk yang banyak mengandung bahan organik.

Tutuplah bedengan tersebut dengan plastik, dan buatlah lubang pada plastik untuk tempat media tanam bibit semangka.

Ko kenapa ditutup plastik..pak..?

Utuk memudahkan perawatan pada tanaman, juga agar tanah tetap lembab dan menghindari gulma/ rumput liar yang mengganggu pada tanaman.

4. Penanaman Bibit

Kualitas bibit yang di tanam dan cara penanamanya, sangat menentukan berhasil tidaknya tanaman itu untuk tumbuh secara sempurna, jadi cara tanamnya harus betul betul baik.

Terus bagaimana cara menanam yang benar..?

Cara menanam bibit yang benar adalah sebagai berikut"
  • Ambil bibit tanaman yang masih dalam polyback.
  • Buka polyback diusahakan tanah jangan sampai hancur dan segera lakukan penanaman.
  • Buat galian pada mediya tanaman yang di beri tera pada lubangan plastik, pada jarak 1 m pada setiap lokasi bibit satu dengan yang lain.
  • Tanamkan bibit pada lubang galian tersebut dan siram degan air. Secaara teratur tiap harinya.

dwisangpetani.blogspot.com
Bibit siap tanam
Suber gbr. google search

5. Perawatan Tanaman dan pemupukan

Setelah umur tanaman semangka 1 bulan lakukan perawatan secara rutin.
Dalam sebuah perawatan tanaman semangka, ada banyak hal yang perlu sobat ketahi yaitu"

penentuan buah , dalam 1 pohon semangka cukup disisain 2 butir buah saja. Dengan pengaturan cabang primer yang cenderung banyak di pelihara 2-3 cabang, tanpa memotong ranting sukuder.

Pemeliharaan batang, dengan cara memotong rating yang tidak berguna, ujung rating sekuder di pangkas dan sisakan 2 helai daun. Cabang sekunder yang tumbuh pada batang yang ada buahnya di potong karena akan mengganggu pertumbuhan pada buah.

Perempelan tunas tunas baru, dengan cara memotong tunas tunas baru, yang mulai tumbuh pada ranting pokok tanaman semangka. Sehingga akan mengganggu pertumbuhan buah yang lagi berkembang. Siram dengan teratur sesuai dengan kandungan kelembaban tanah.

Pemupukan tanaman semangka,
Adapun tahap pemupukan tanaman semangka adalah sebagai berikut"
Pemupukan utuk 1 minggu setelah tanam, zA= 40 kg/ hektar, kcl = 140 kg / hektar.

Pemupukan 2 minggu setelah tanam,
ZA= 120 kg/hektar, Tsp = 85 kg/ hektar, kcl=175 kg/hektar.

Pemupukan tanaman disaat tanaman semangka mulai berbunga, NPK = 120 kg /hektar dengan masing masing tanaman 1 genggam . setelah pemupukan lakukan penyemprotan pada bagian bunga dengan cairan penguat bunga. Sehiga bunga tidak rotok dan berubah menjadi buah.

Perawatan buah dilakukan dengan cara, pilih 2 buah saja yang berdiameter sempurna dan tidak cacat, setelah buah sebesar 1-2 kg 3 hari sekali di balik supaya warna tidak pucat dan menguning.


6. Pencegahan hama penyakit


Ini adalah salah satu yang sangat penting untuk sobat petani ketahui, yaitu, mencegah tanaman semangka dari berbagai hama penyakit yang di antaranya"

Jangkrik/ gasir, yang menyerang tunas muda pada semangka sehingga tanaman tidak bisa berkembang sempurna,
pebgendalianya, cukup semprotkan insektisida jenis, curacron, decus, santoat dan juga regent

pengerek daun, menyerang daun hingga tunasmuda, yang tersisa hanya ranting daunya saja.

pengendalianya ,cukup semprotkan curacron atau regent.

Ulat grayak menyerang tunas muda dan batang muda .
pengendalian dengan cara semprotkan insektisida jenis, santoat, curacron atauregent.

ulat tanah, menyerang daerah perakaran, menyebabkan tanaman layu dan mati.

pencegahan, dengan meyiramkan insektisida ke daerah tanah pada tanaman.

lalat buah, menyerang bakal buah dengan cara memasukan telor pada bagian buah, yang nantinya akan menjadi larva dan memakan daging dalam buah, sehingga buah busuk dan rotok.

pengendalian , dengan menyemprotkan insektisida jenis, curacron, santoat. Sesuai dosis.

Sedangkan penyakit pada tanaman semangka yang kerap menyerang adalah"

Rebah semai, layu fusarium, antraknosa, layu bakteri, embun tepung. Bisa di atasi dengan insektisida sesuai takaran.


7. Pemanenan Buah Semangka



Setelah tanaman semangka menginjak umur 90- 100 hari biasanya buah sudah bisa di panen.
Adapun ciri ciri buah semangka yang sudah siap di panen yaitu"

Terjadinya perubahan warna pada buah.
Batang pada buah mengecil dan layu.
Kulit buah menipis dan terang.
dwisangpetani.blogspot.com
Semangka siap panen
gbr di ambil, dari google search

Adapun cara pemanenan nya bisa di lakukan dengan,

Memetik langsung dari tangkai pohon,
Pilih buah yang sudah menujukan ciri ciri di atas, dan yang belum matang jangan dulu di petik sebelum buah matang.

Setelah itu yang perlu di lakukan adalah penyortiran hasil panen dengan cara memisahkan semangka yang berkualitas super dengan yang biasa.

Bagaimana caranya yuk di simak,..
Hasil panen semangka
Gbr. Diambil dari google search

Klas,A " berat 4 kg buah bualat atau berdiameter sempurna.
Kelas,B " berat 2- 4 kg buah bulat berdiameter kurang sempurna.
Klas, C "berat 2 kg buah bulat kurabg sempurna.

Penyimpanan yang baik bisa menggunakan keranjang yang di beri alas jerami dan hindarkan dari terkena sinar matahari langsung.

Sayakira sekian dulu artikel dari saya yaitu, Cara Termudah Budidaya Tanaman Semangka.

Karena artikelini kurang sempurna, adapun kurang jelasnya bisadi pertanyakan pada kolom komentar di bawah, Terima kasuh.

Apa kabar..." SUKSES"

32 Responses to "Cara Termudah Budidaya Tanaman Semangka "

  1. Bibit yang bagus yang kayak gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya makasih pemasukanya..bibit yang bagus adalah bibit yang berkualitas super, melalui biji bisa di testimoni dengan direndam di air kalo yang tergenam berarti bagus gan, sedangkan bibit siap tanam, cara memilihnya dengan melihat kesempurnaan dan kesuburan bibit tersebut...biasanya di tandai dengan berbatang besar dan daunya kehijauan...mungkin itu yang bisa saya jelaskan..ada yang perlu dipertanyaan lagi gan..

      Delete
  2. Yang terpenting menurut saya lahan penanaman, depan rumah saya coba ditanami semangka juga tumbuh subur. Biar gk cepat mati, sampah sampah daun rajin dibersihkan biar gk kena hama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali gan, agan juga bisa menambahkan pupuk agar buah lebih besar besar..

      Delete
  3. entah kenapa keliatan mudah tapi nyatanya susah ,banyak hal yang di persiapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sambil di praktekin mungkin lebih mudah gan, karena bisa menghayati cara tumbuh tanaman ini.

      Delete
  4. Replies
    1. Kalo masalah lahan yang kurang memadai, agan bisa kerja sama dengan orang gan..sistim frent cas.

      Delete
  5. wah ternyata menanam semangka lumayan ribet juga ya gan...
    thanks gan sudah berbagi informasi.mungkin nanti bisa saya coba nanam semangka di depan rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia gan selamat mencoba gan..kalo ada keluhan jangan sungkan di pertanyakan..sukkses gan.

      Delete
  6. Sipp nih, kebetulan buah kesukaan saya semangka hehe :D
    Mau coba ah :D

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Ia gan silahkan di coba depan rumah juga bisa..

      Delete
  8. wah :D ini kan buah kesukaan ane , thanks deh gan udah ngasih info nya , ane sangat butuh banget nih info.

    ReplyDelete
  9. Semangka termasuk salah satu buah yang memiliki banyak manfaat dan cara penanamannya pun bisa dicontoh dari tutorial pada postingan ini.Bisa dicoba,bagi yang ingin memulai budidaya semangka.

    ReplyDelete
  10. Makasih banyak banget gan tips & infonya.

    ReplyDelete
  11. Makasih gan infonya, jadi tau deh budidaya semangka ini

    ReplyDelete
  12. wah mantap nih superlengkap infonya terimakasih mas

    ReplyDelete
  13. wihh sip banget infonya dari mulai tumbuh sampe panen, nice info sob

    ReplyDelete
  14. Minat sih sebenarnya budidaya buah, tapi ga ada halaman kosong yg luas hehe

    ReplyDelete
  15. buah ini memang cocok di daerah trofis, pernah dulu tanam semangka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali gan...silahkan di coba kembali gan siapa tau sekarang tambah bisa sukses..amin

      Delete