GANTI BAHASA

Cara Paling Jitu Menanam Sawi Hijau

Apakabar sobat petani...?

Jawab dengan lantang..."SUKSES"

"Sobat sudah tau belum, apa itu sawi..?

"Apakah sobat sudah bisa, bagaimana caranya menanam sawi..?

"Taukah sobat, kandungan apa saja yang terdapat pada sawi..?

Tidak perlu di ambil pusing karena sebentar lagi akan segera di beberkan semua oleh pak dwi. Sehingga sobat semua jadi tau dan mengerti tentang seluk beluk sawi dan cara pembudidayaanya.

Menurut wikipedia sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga brassica yang di manfaatkan daun dan bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik dalam keadaan mentah ataupun sudah dimasak (matang).

Keberadaan sawi di indonesa ada beraneka ragam seperti"
sawi hijau(brasscia rapa)
sawi putih(brassica rapa dari kelompok pekinensis),
sawi jepun(brassica camprestis sp)
sawi pait(brassica juncea farrugosa) .

Disini saya akan menerangkan cara menanam sawi hijau langsung saja yuk.
dwisangpetani.blogspot.com
Sawi siap jual

Cara Paling Jitu Menanam Sawi Hijau


Langkah langkah yang perlu di perhatikan dalm menanam sawi hijau adalah.


Pemilihan bibit dan penyemaian



Dalam memilih bibit sawi hijau, di usahakan pilihlah bibit yang betul betul berkualitas. Sobat bisa membeli bibit sawi hijau pada toko tanaman terdekat yang berupa biji sawi.
dwisangpetani.blogspot.com
Biji sawi siap semai

Setelah sudah punya biji bibit sawi, langkah selanjutnya yang sobat harus lakukan adalah, menyemaikan dulu biji sawi tersebut dalam sebuah polibek atau langsung pada tanah, yang sudah di suburkan dengan pupuk kandang atau pupuk organik.

Bagaimana cara menyemaikanya pak...?

Caranya cukup mudah yaitu"
Siapkan polibek atau baskom besar, juga bisa langsung menggunakan lahan lepas.
 Capurkan pupuk kandang, kompos, atu bisa juga dengan serbuk gergajian kayu yang sudah di netralisir kan. Campurkan ketanah dan siram dengan jenuh air.

Kemudian taburkan biji sawi yang mau di semaikan, di usahakan bijinya sampai terbenam tanah, untuk merangsang cepatnya tumbuh akar pada biji.

Setelah umur semaian ± 1-2 minggu biasanya biji sawi yang di semai sudah menampakan pucuk daun. Dan akan cepat berkembang dan tingi.
dwisangpetani.blogspot.com
Umur bibit semai
2-3 minggu

Kira kira berumur 3 mingu bahkan 1 bulan,
dwisangpetani.blogspot.com
Bibit siap tanam
sawi yang masih dalam tempat penyemaian sudah bisa di pindahkan dan di tanam. Langkah berikutnya"


Persiapan lahan



Seperti biasa setiap mau cocok tanam dalam dunia pertanian yang paling penting adalah lahan untuk menanam.
Yang perlu sobat lakukan adalah'

Siapkan lahan persegi panjang dengan lebar 1m. Dengn cara di buat bedeng bedeng, dan juga parit pada sekeliling bedeng. Bertujuan untuk menampung air supaya nanti tanaman sawi tidak kebanjiran.
dwisangpetani.blogspot.com
Lahan utuk tanaman sawi

Taburkan pupuk organik , pupuk urea dan siram dengan air hingga jenuh air yang di tandai dengan meluapnya air pada permukaan tanah, diamkan selama 3 -4 hari siram dengan air pagi dan sore hari, secara rutin.


Penanaman bibit



Ambil bibit pada tempat penyemaian, pilih bibit yang sudah mempunyai 3- 4 helai daun ,cabut dan segeralah di tanam dengan jarak 15-20 cm secara teratur.
dwisangpetani.blogspot.com
Tanam baru
Bibit sawi
Segeralah lakukan penyiraman halus dengan menggunakan gembor atau alat bantu yang lain.


Perawatan dan pemupukan



Setelah umur sawi hijau menginjak 5 hari dari tanam lakukan pemupukan ulang dengan menambakan pupuk kandang, atau bisa juga dengan abu bakar. Jangan lupa di siram 1 hari 2 kali.

Lakukan perawatan rutin dengan membuang rumput liar atau gulma yang tumbuh di sekitar tanaman.

Tidak kalah penting juga untuk melakukan penjarangan pada tanaman sawi yang tubuh terlalu lebat, bertujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

Dan lakukan juga penyulaman atau tanam susulan, pada bagian sawi yang kerdil juga mati di ganti dengan bibit yang baru yang di ambil dari hasil penjarangan.


Hama dan penyakit tanaman sawi



Untuk hama tanaman sawi yang biasa menyerang adalah"

Walang sangit menyerang daun dan tunas muda dengan cara menyedot cairan pada tanaman. Sehingga daun kuning dan mengering , mengakibatkan kematian.

Ulat daun, menyerang daun sehingga daun gundul.

Penyakit rebah semai yang mengakibatkan tanaman layu karena kehabisan cairan .

Cacing pengerat akar yang menyerang akar sehingga tanaman layu dan mati.

Penangananya
Cara pengendalian hama dan penyakit pada tanaman sawi bisa di lakukan dengan cara membuat larutan nabati yang di buat dengan kipait dan gadung yang di campur dengan puti telor sebagai perekat.

Cara pemakaianya cukup disemprotkan ke seluruh tanaman, ini di lakukan untuk pencegahan pengusir hama. Tapi kalo hama yang menyerang terlalu banyak dan kita kewalahan, bisa di semprot dengan pestisida nabati. Banyak tersedia di apotik tanaman.

Tambahan
Sebetulnya, tanaman sawi ini sangat kebal dari penyakit, asalkan melakukan perawatan secara teratur, dengan cara penyiraman yang rutin,
memberi pupuk yang sesuai, sehingga asopan makanan utuk sawi selalu tersedia.


Pemanenan



Tanaman sawi sudah bisa di panen dengan hasil yang baik yaitu, tidak terlalau tua dan juga tidak terlalu muda, pada umur 30- 35 hari dari tanam. Dalam 1 kali panen untuk luas 1 hektare, 20 ton sawi.
dwisangpetani.blogspot.com
Masa panen tanaman sawi
Penerbit, kknm.unpad.ac.id

Sobat petani bisa melakukan pemanenan dengan cara" mencabut dengan akarnya, kemudian di cuci sambil membuang akar dan daun yang rusak juga tua atu menguning.

Hasil panen biasanya di jual pada pengepul atau di jual eceran , pada pasar pasar tradisional.


Kandungan vitamin pada tanaman sawi

Mengandung kalori
Garam protein
Garam lemak
Vitamin A
Vitamin C
Vitamin B6
Kalsium
Zat Besi

Sekian dulu artikel Cara Paling Jitu Menanam Sawi Hijau dari saya. Semoga bermanfaat.

Apa kabar..."SUKSES"

14 Responses to "Cara Paling Jitu Menanam Sawi Hijau"

  1. Cukup mudah ternyata,, tapi harus serius nih kayknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali gan, memang mudah dan gampang untuk di coba, apapun pekerjaan kita kalo kita jalani dengan serius pasti bisa sukses...makasih gan kunjunganya

      Delete
  2. Mantap tipsnya, gan. Kira-kira sawi bisa ditanam via hidroponik gak yah gan? bisa dishare tuh tipsnya. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sawi juga sangat bagus di tanam di hidro ponik gan..makasih kunjunganya

      Delete
  3. Saya nyoba nanem bibit yg agak besarm tiap kepanasan langsung layu, besoknya pasti mati. Apa emang harus ditanam di lingkungan dingin ya?

    ReplyDelete
  4. Tidak harus dingin gan, itu agan nanamnya pada waktu apa gan..?
    Pagi apa sore..?
    Kalo mau nanam bibit atau tanaman apa aja lebih baik pada waktu sore gan, kira kira matahari sudah condong, supaya tanaman tidak layau..jangan lupa disiram..makasih gan kunjunganya..

    ReplyDelete
  5. punya nyokap saya kok baru kecil udah rusak gan? padahal udah di kasi obat? apa gara" tanah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jenis kerusakanya bagaimana gan, apa layu, daun kering ,atau tidak layu atau kering tapi daunya acak acakan, kalo dari segi tanah masih bisa di suburkan gan, kalo rusak daun biasanya dari segi penyiraman juga bisa gan, untuk penyiraman sebaiknya memakai gembor gan..biar tidak merusak tanaman.

      Delete
  6. wah emak gw suka menanam sawi mungkin sangat bermanfaat untuk beliau makasih gan ehhe

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Haaaa..ia sama gan ..buat campuran mie rebus telor..maknyos

      Delete
  8. boleh dipraktekan nih gan buat para pecinta vegetarian

    ReplyDelete