GANTI BAHASA

4 Cara Praktis Mengetahui Kandungan pH dalam Tanah

Apa kabar sobat petani...?

Jawab dengan lantang..."SUKSES"

Sebetulnya artikel ini saya buat karena, ada beberapa pengunjung blog pertanian saya yang menanyakan,

" bagaimana sih caranya, agar bisa ngecek pH tanah dengan mudah..?"

Maka dari itu terselinap dalam pikiran saya untuk menjawab pertanyaan di atas, dengan jawaban berbentuk artikel, sehingga selain untuk menjawab pertanyaan, mudah mudahan bisa bermanfaat juga bagi sobat sobat semua, yang belum tau cara mengetahui pH dalam tanah.

pH tanah adalah tingkat keasaman atau ke basaan pada sebuah tanah yang ditentukan dengan sekala pH antara {0-14}. Kalo pH dalam suatu tanah 0-7 maka bersifat asam, sedangkan 7 bersifat netral, dan kalau 7-14 bersifat basa.

Mari kita langsung saja ke topik pembicaraan di atas yaitu "


4 Cara Praktis Mengetahui Kandungan pH dalam Tanah



Adapun 4 cara cara untuk mengetahui kandungan pH dalam tanah yang di antaranya,
dwisangpetani.blogspot.com
Macam alat pendeteksi
Gbr diambil dari goole search
1. Dengan bumbu dapur yaitu kunyit
2. Dengan air cuka dan soda kue
3. Dengan kertas lakmus(pH indikator)
4. Dengan alat pH meter.

Akan saya jelaskan caranya satu per satu yaitu"


Cara ke 1. Menggunakan Kunyit


dwisangpetani.blogspot.com
Alat batu kunyit
Dalam mengetahui kadar pH dalam tanah menggunakan kunyit mungkin sedikit kurang paten alias maksimal, tapi setidaknya sobat bisa mengira ngira kandungn pH dalam tanah. Untuk membatu kelangsungan pertanian sobat. Adapun caranya sebagai berikut,

Ambil kunyit kurang lebih sebesar jari telunjuk orang dewasa, di potong menjadi 2 bagian.

Kemudian ambil sempel tanah dari 5 titik, titik ke1- 4 ambil tiap ujung secara persegi/ kotak, pada daerah yang tanahnya mau di ukur, sedangkan titik yang ke 5 diambil dari tengah tengahnya.

Campurkan semua tanah hancurkan dan aduk sampai merata. Kemudian kasih air dan aduk .

Masukan 1 potongan kunyit kedalam adonan tanah ± 30 menit, kemudian angkat dan lihat hasilnya.

Samakan, antara potongan kunyit yang di campur ke tanah dengan potongan kunyit yang tidak di campur.
Kalo potongan kunyit yang di taruh tanah berwarna pudar berarti kadar pH nya asam ( 0- 7). Sedangkan jika warnanya tetap tidak berubah berarti pH nya normal (7) , dan jika warna kunyit berubah jadi biru berarti pH nya basa (7-14). Kurang lebih begitu sobat.


Cara ke 2. Menggunakan Air Cuka dan Soda kue


dwisangpetani.blogspot.com
Bahan cuka
Gbr diambil dari google search
Dengan menggunakan air cuka dalam pengetesan kadar pH tanah cukup simpel dan mudah, yaitu,

Ambil tanah 5 titik sesuai pada cara no 1. Hancurkan dan taruh pada secangkir gelas sebanyak 2 sdm, dan siramkan air cuka sampai batas tanah.
dwisangpetani.blogspot.com
Hasil deteksi
Lihat hasilnya, bila air cuka berbuih berarti tanah ber pH basa ,dan jika tidak berbuih berarti netral.

Dengan menggunakan soda kue, ambil tanah dari 5 titik tersebut dan campur dengan air aduk sampai berlumpur.

Masukan soda kue, dan lihat hasilnya"
dwisangpetani.blogspot.com
Hasil analisa
jika soda kue berbuih berarti tanah ber pH asam. Kurang lebih begitu sob.


Cara ke 3. Dengan Kertas Lakmus ( pH indikator)


dwisangpetani.blogspot.com
Alat pH meter
Gbr di ambil dari google search
Adapun caranya sebagai berikut "
Ambil 5 titik sempel tanah sesuai cara no 1, campur semua tanah masukan ke cangkir/gelas dan siram dengan air galon atau air bersih, kurang lebih mencapai 2 cm dari permukaan tanah dalam gelas, aduk sampai merata.

Tunggu sampai adukan tanah yang di campur air tersebut jernih, kemudian masukan kertas lakmus, tapi ingat jangan sampai menyentuh endapan tanah.
dwisangpetani.blogspot.com
Proses pengukuran
Gbr dari google search
Tahan dan tunggu sampai warna kertas lakmus tersebut normal dan lihat hasilnya.
dwisangpetani.blogspot.com
Hasil analisa
Gambar dari google search
Cocokan dengan warna pada petujuk, yang tertera pada kertas pH indikator tersebut.


Cara ke 4. Dengan pH meter


dwisangpetani.blogspot.com
pH meter
Gbr dari google search
Dan cara yang terahir adalah menggunakan pH meter, mungkin ini pilihan yang paling cocok untuk menganalisis berapa kandungan pH pada tanah. Karena dengan alat ini sangat akurat. Berikut caranya"

Buatlah lubang galian pada tanah yang mau di ukur kandungan pH nya. Kurang lebih p × L ½ m² , dengan kedalaman 1 jengkal tangan orang dewasa.

Kemudian hancurkan setengah tanah galian ,dan taruh lagi pada lubang galian, buang akar atau plastik yang mengotori tanah. Siram dengan air galon atau air yang sudah di netralisirkan. Kaloperlu sobat juga bisa membeli air destilasi pada apotik tanaman terdekat. Itupun kalo memang betul betul air murni.

Aduk sampai menjadi adonan lumpur,
Tancapkan pH meter tepat pada tengah tengah galian dan tunggu beberapa menit dan lihat hasilnya.
Hasil deteksi
Gbr dari google search
Jika jarum pada pH meter menunjukan
Angka di bawah 7, berarti pH nya asam, dan jika tepat pada 7, berarti netral, jikalau di atas 7 berarti basa.

Kiranya cukup sekian dulu sobat, "4 Cara Praktis Mengetahui Kandungan pH dalam Tanah" dari saya.

Atas perhatian dan kunjunganya saya ucapkan terima kasih.

44 Responses to "4 Cara Praktis Mengetahui Kandungan pH dalam Tanah"

  1. walah bisa dengan cara lain ya ane kerja di lab mls kalau gak ada pengukur oh paling oke kertas itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia gan..sekedar perkiraan tapi cukup membatu juga si, biarpun belum begitu paten.
      Tapi biar lebih patenya lagi saya anjurkan pakai pH meter gan.

      Delete
  2. lumayan nambah pengetahuan, bookmark dulu barang kalii besok ada tugas wwakw

    ReplyDelete
  3. Wih bisa pake kunyit juga ternyata.

    ReplyDelete
  4. kalau dalam pertanian penting ya ini gan ,tpi banyak yang gak memikirkan PH ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan..kalo kurang memperhitungkan struktur tanah kemungkinan tumbuh dan berbuah bisa, tapi kurang maksimal gan.

      Delete
  5. Replies
    1. Monggo di coba gan..kalo ada yang belum jelas jangan sungkan sungkan bertanya..makasih kunjunganya.

      Delete
  6. terakhir ngitung2 ph ya jaman SMA, skrng mainannya komputer hehe, nice info gan

    ReplyDelete
  7. Baru tahu saya kalau ph tanah bisa diukur dengan bahan di sekitar kita, jadi pengen nyoba pake kunyit

    ReplyDelete
  8. kayaknya kagak terlalu ribet nih hehehe boleh dicoba juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali gan emang kaga ribet si...monggo di coba

      Delete
  9. Dulu waktu SMA hanya diajari untuk hitung pH air doang gan

    ReplyDelete
  10. wah baru tau nih ane gan bisa hitung pH tanah pakai kunyit, makasih info nya gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, gan ..tapi untuk lebih akuratnya pakai pH meter, kalo pakai kunyit sekedar perkiraan saja, tapi hasilnya tidak beda jauh ci..

      Delete
  11. terima kasih infonya. Praktis dan mudah dilaksanakan oleh masyarakat di pedesaan

    ReplyDelete
  12. kebetulan agak awam dengan yang gituan. tujuan untuk mengukur PH tanah buat apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bertujuan untuk, mengetahui struktur kesuburan tanah tersebet,sehingga tau cocok tidaknya di tanami jenis suatu tumbuhan gan...

      Delete
  13. saya teringat pelajaran ipa kelas 7 smp gan.. mantap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia gan jadi,bisa mengenang memory masa lalu..heeee

      Delete
  14. Infonya sangat berguna, jadi inget pljrn tentang ipa dulu

    ReplyDelete
  15. Paling praktis cara ketiga waktu smp pun belajar hhee pake kertas lakmus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia betul gan praktis,, emang sebetulnya semua pelajaran waktu sekolah berguna, buat sekarang ya gan

      Delete
  16. Baru tahu saya cara mengukur ph tanah selain pake alat ph meter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia gan...selain pakai pH meter, sekedar buat perkiraan gan.

      Delete
  17. Oh bisa pake air soda juga yah gan ?
    thx infonya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia bisa gan, cuman kurang akurat gan..untuk perkiraan gan

      Delete
  18. enakan pakai kertas p meter, hehehe
    lebih gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda betul gan...pakai yang mana aja boleh gan untuk pertanian kita.

      Delete
  19. wahh.. mantap nih gan infonya.. baru tau ane cara ngukur PH tanah, kirain ribet caranya dan butuh alat-alat ribet.. ternyata simple juga ya.. hehe.. nice gan (y)

    ReplyDelete
  20. wah bru tau nih.. biasanya di sekolahan cuma diajarin cara mengetahui pH air..
    boleh dicoba nice info

    ReplyDelete