GANTI BAHASA

Ciri Ciri Tanah yang Paling Subur

Apa kabar sobat petani,,,,?

Jawab dengan lantang,,," SUKSES"

Ketemu lagi dengan saya dwisangpetani,,

Dalam kesempatan kali ini dwisangpetani akan memberi pencerahan,'he.he..pede sedikit tidak papa,,yaitu tentang "Ciri Ciri Tanah yang Subur" langsung saja"

Apa sih Tanah itu,,?

dwisangpetani.blogspot.com
Penerbit gbr, wikpedia.com

Tanah adalah sebuah kerak bumi yang terdiri dari mineral dan macam macam organik.

Menurur, wikpedia 'tanah dalam bahasa yunaninya adalah pedon, sedangkan dalam bahasa latinya adalah solum.

Tanah sangat berperan penting dalam kehidupan makhluk hidup di dunia ini, selain berfungsi sebagai alat untuk pengakaran bagai para tumbuhan, juga untuk penumpang hidup manusia dalam melakukan segala aktifis sehari harinya.

Ciri Ciri Tanah yang Subur

Tanah yang subur adalah tanah yang banyak mengandung zat organik, unsur hara, dan kandungan zat lain yang menyebabkan kelangsungan kesuburan tanah tersebut. Disini dwisangpetani akan menjelaskan secara rinci, ciri ciri  tanah yang subur, sesuai pengalaman saya.

Tanah yang di katakan subur adalah tanah yang mempunyai ketentuan sebagai berikut :

1. Tanah tersebut mengandung biota tanah, yaitu makrofaona dan mikroflora
dwisangpetani.blogspot.com
penerbit gbr,www.k-link.co.id

  • Makrofauna, adalah, sklompok sepesies biota tanah yang terdiri dari jasad hidup, begitu banyaknya sehigga belum bisa terindentifikasi oleh peneliti. Berbagai macam sepesies jazad hidup tersebut, peka terhadap perubahan lingkungan, praktek pengolahan tanah serta tanam, sehingga keanekaragam biota (makrofaona, mikrofaoma, mezofaona)  digunakan sebagai petunjuk terjadinya proses degradasi atau rehabilitasi tanah. Sehingga dekomposisi dalam tanah akan mudah gembur dan subur karena adanya biota jazat hidup.
  • Mikroflora, adalah sebuah jazat renik yang sangat kecil dan tidak terlihat oleh mata, biasanya para ahli menggunakan alat bantu yaitu mikroscop. Menurut sigee (2005) dalam yuhana.at .al (2011), mikroflora merupakan sebuah mikroorganisme "seperti tumbuhan", yang hidup pada suatu substrat terendam air termasuk di dalamnya adalah alga mikroskopis bakteri. Yang penempatanya di daerah tanah yang gembur, jarang di tanah yang gersqng, dangkal dan berkapur. Jadi secara otomatis tanah yang di tempati jazad renik tersebut sangatlah subur.

2. Memiliki struktur kandungan humus
dwisangpetani.blogspot.com
penerbit gbr.www.anggraeni.com

  • Humus, adalah lapukan dari batang, ranting, daun dan pohon, yang membusuk dikarenakan terjadi perombakan organisme dalam tanah. Secara kimia, humus di definisikan sebagai suatu komplek organik makromolekuler, yang mempunyai banyak kandungan seperti, fenol asam karboksilat dan alifatikhidrosida. Humus memiliki kontribusi terbesar terhadap kelangsungan kesuburan tanah, biasanya tanah yang mengandung humus berwarna coklat pekat(tua). Senyawa humus juga berperan penting dalam menghasilkan pengikatan toksit dalam air dan tanah.

3. Mengandung PH yang setabil

  • Untuk tanah yang berkualitas kesuburanya super, kandungan PH nya setabil dalam arti, 'tidak terlalau banyak, atau terlalau sedikit. Adapun kandungan utuk jenis tanah yang subur di definisikan sebagai berikut, " PH yang identik dengan tanah subur berkisar, tidak kurang dari " 6,80' dan tidak lebih dari, "7,20'. Sehingga unsur hara dan senyawa yang penting dapat di serap oleh tanaman.
  • Utuk tanah yang PH nya terlalu asam yaitu berkisar, " 6,80' ke bawah, bisa di netralisirkan atau di normalkan sehingga mendekati, 7, yaitu dengan cara menambahkan "CaCO3" sehingga kandungan PH pada tanah bisa normal.
Berikut adalah contoh PH dalam jenis tanaman, yang di antaranya"

4. Mempunyai paduan antara tanah liat dan pasir yang seimbang

  • Tanah liat, tanah jenis ini mempunyai kandungan kaya akan makanan untuk tanaman, cuma sayangnya 0², tidak bisa masuk menembus tanah ini sehingga tidak bisa di serap tumbuhan.
  • Tanah pasir, jenis tanah ini sebetulnya bagus, cuman susah untuk mengikat air, sehingga fenomenanya tanah menjadi mudah kering dan gersang.
  • Jadi kesimpulanya, tanah perpaduan antara tanah liat dan pasir, itu sangatlah bagus dan subur, yang berfungsi untuk kelangsungan akar tunggang ,karena letak posisi tanah liat berpasir ini letaknya di dalam , kurang lebih 1-2 m dari permukaan tanah.

5. Bisa di tanami beraneka ragam tanaman

  • Tanah yang mempunyai ciri ciri tanah yang paling subur, mudah di tanamin berbagai macam tanaman sesuai iklim pada suatu daerah tersebut.
  • Karena kandungan tanah yang subur ini terdiri dari , beraneka ragam zat organik alami, tanahnya berstruktur liat berpasir, serta mempunyai PH yang seimbang ,sudah jelas kualitas tanah ini sangatlah subur. Sehingga jenis tanaman yang tumbuh di tanah ini bisa berkembang biak dengan sempurna, sehingga bisa berbuah lebat dan manis.
Penutup
Begitulah sekiranya, tanah yang mempunyai "Ciri Ciri Tanah yang Paling Subur" 

Sedangkan untuk tanah yang kurang subur atau bahkan tidak subur , sobat bisa menyuburkanya dengan cara,"
Menambahkan pupuk organik ,menyetabilkan struktur PH tanah.

sobat bisa membuat paduan tanah antara tanah yang berpasir, pupuk organik (pupuk kandang, kompos, arang sekam), dengan cara mendaur tanah buar subur. Utuk lebih jelasnya lagi tentang pupuk organik, baca juga"cara sukses membuat pupuk organik".

Sekian dulu ,"Ciri Ciri Tanah yang Paling Subur" dari saya fersi dwisangpetani, semoga bermanfaat.

Apakabar...."SUKSES"

26 Responses to "Ciri Ciri Tanah yang Paling Subur"

  1. wah jadi nambah wawasan nih gan heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, bos semoga jadi tau tanah yang subur itu yang bagai mana,makasih sudah berkunjung

      Delete
  2. tanah yang dimaksud tu biasa disebut tanah aluvial, bener gak gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi gan, cuman kalo tanah aluvial, itu terdapat pada sungai atau dataran rendah dan tanah cekungan, emang sama subur juga, tapi kurang mengandung organik,kurang lebih begitu gan..

      Delete
  3. Manfaat buat ane nich"petani tulen"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali gan, selain kelak jadi pembloger yang handal/ besar,agan juga dalam segi pertanian bisa sukses..amin

      Delete
  4. sangat membantu gan, soalnya lagi blajar bercocok tanam nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi gan ,kalo ada yang belum tau silahkan di pertanyakan.

      Delete
  5. Kalau mau ngecek secara simple gimana ya? Kebetulan sering ngasih penyuluhan/sosialisasi ke masy, siapa tau ilmunya bisa ditularkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utuk pengecekan agan bisa melakukan secara manual,
      Gali tanah pada daerah yang di inginkan, setelah digali' lihat jenis tanah apa yang terkandung didalamnya,kalo jenis tanah yang subur, berwarna hitam pekat dan berpasir serta terlihat berkompos alamai, kaya dedaunan ranting dan sebagainya yang telah membusuk,itu pada permukaan tanah, sedangkan pada kedalaman ½m dari permukaan kalo di gali berbentuk lempung berpasir. Serta di sekitar tanah tumbuh ruput yang subur.

      Delete
  6. Secara umum di indonesia tanahnya subur-subur, tapi yang diranam malah bangunan dan beton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia gan..sebetulnya sangat di sayangkan tanah pertiwi ini, apalagi di perkotaan malah parah.makasih gan kunjunganya.

      Delete
  7. Akhirnya Saya Bisa Tau Ciri Ciri tanah Yang Paling subur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok,,gan sambil ngeblog belajarlah bertani gan, ngblog sukses bertani jg lebih sukses. Makasih kunjunganya gan, salam sukses gan

      Delete
  8. Kalau soal tanah subur Indonesia kan sangat subur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat swkali, tapi jangn salah biar tanah indonesa subur, tapi kalo belum paham betul ciri cirinya, kemungkinan besar kalo buat nanam, bisa berakibat fatal.gagal

      Delete
  9. sori gan baru bales, baru ada paket ni,hehe..utuk menguji ph tanah, bisa di lakukan dengan cara sederhana " yaitu dengan cara mengambil sempel tanah dengan cara menggali, ambil 1 cangkir tanah dan siram dengan air cuka, bila air berbusa tandanya ph tanah di atas 7,dan bersifat basa, kalo tidak berbusa berarti ph tanah netral. bagus untuk di tanami berbagai macam tumbuhan.ada yang perlu di tanyakan lagi..gan

    ReplyDelete
  10. Mungkin gw harus belajar lg tentang pertanian. Bantu bantu bokap wkwkk

    ReplyDelete
  11. Mungkin gw harus belajar lg tentang pertanian. Bantu bantu bokap wkwkk

    ReplyDelete