GANTI BAHASA

Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Lebat

Apa kabar sobat...?

Jawab dengan lantang "SUKSES".

Oke  sobat  sebelum  kita  melangkah jauh  tentang  tutorial  Tips  Sukses Menanam  anggur  dengan  Pot  Berbuah  Lebat.

Alangkah  baiknya  sobat  tau  dulu, jenis  tanaman  anggur  ini , cocok ditanam  di  daerah  dan  tanah  yang bagaimana.


Kebanyakan  tanaman  jenis  fitis vinifera  (anggur)  sangat  cocok  hidup  di  dataran  rendah  1  sampai  300  diatas  permukaan  air laut,  beriklim  tropis  berkisar kemarau  4  sampai  7  bulan ,dan bertanah  yang  lempung  berpasir, berhumus,  banyak  mengandung unsur  hara , gembur , dengan keasaman  tanah  berkisar  7  (normal)  dan  terjangkau  sinar matahari.

Baca juga
Ciri ciri tanah yang paling subur

Suhu  untuk  tanaman  anggur  ini berkisar  rata rata  antara,  malam 13 °c  dan  siang  32°c  dengan  kelembaban  udara  antara  75 sampe  80%
Ada berapa jeniskah tanaman anggur ?

Adapun jenis anggur disini antara lain,

        Anggur Auxerrois
       Jenis anggur ini berwarna
        kuning keputihan buahnya
        bulat kecil.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba


       Anggur Barbarossa
        jenis snggur ini berwarna
        merah buah bulat besar.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba


       Anggur Cabernet franc
       jenis anggur ini berwarna biru
       dan banyak ditemui di negara
       prancis.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba


     Anggur  Kaiji
      jenis anggur kaiji ini berwarna
      merah muda.

     Anggur Rosario Binaco
     anggur ini berwarna hijo
     terang bentuk lonjong.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba

    Anggur  Sekire
     anggur ini berwarna merah pekat
     berbentuk lonjong.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba

Baiklah  sobat  setelah  sobat  tau  jenis tanah  dan  macam  macam  tanaman anggur,  mari  sobat  melangkah  ke topik  utama
Tips  Sukses  Menanam  Anggur  Dengan Pot  Berbuah  lebat.

Menanam  anggur  dengan  pot sangat efisien  dan  memudahkan  kita  untuk mengatur  kelangsungan  hidup tanaman  anggur  tersebut. Di banding dengan,
"Cara Menanam Anggur dari Bijinya"
Yang prosesnya lama.

Disamping  meminimalisasikan lahan, menanam  di  pot  juga  memudahkan sobat  untuk  mengolah  tanah  supaya subur ,karena  tanah  yang  akan  di gunakan  cukup  sebatas  pot  saja.

Dan  juga  mudah  untuk  mengatur suhu  udara  dari  trik  matahari, tinggal sobat  pindah  tempat  yang  lebih maksimal  beres.

Adapun  langkah  langkah  penanaman anggur  di  pot  antara  lain,

    1.Pemilihan bibit.
    2.mempersiapan pot dan tanah.
    3.Penanaman bibit.
    4.Pemangkasan dan pembuahan.
    5.Perawatan dan pencegahan dari
       hama tanaman.
    6.Pemanenan buah.

Kita langsung saja ke langkah pertama,

1. PEMILIHAN BIBIT

Untuk  memilih  bibit  ,sebaiknya  sobat
pilih  bibit  yang  berkualitas, dalam  arti  yang  benar  benar  bibit  super.

Dan  untuk  mendapatkan  bibit ,sobat bisa  beli  di  penjual  tanaman  anggur
dan  pilih  bibit  anggur  yang  batang bawah  berdiameter  besar ,daunya lebar, karena  anggur  yang menghasilkan  buah  yang  besar  dan
super  biasanya  bercirikan  daunya lebar.

Untuk  mendapatkan  bibit,  bisa  juga dengan  cara mencangkok, menyetek, atau  okulasi sendiri.


Tapi  saran  saya  untuk  mendapatkan hasil  yang  maksimal  sobat  bisa memilih  bibit  dengan  cara  menyetek, karena  dengan  cara  menyetek sangatlah  praktis.

Adapun  cara  memilih  bibit  anggur dengan  menyetek  sebagai  berikut,

 Siapkan  batang  anggur  yang  mau
disetek. Dengan  cara  minta
punya  temen  atau  yang  lain.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba
    
Potong  batang  pohon  anggur dengan panjang  kurang  lebih  20  cm.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba
Siapkan  tempat  untuk  penyemaian batang  pohon  anggur, biasa  dengan menggunakan  toples  atau  lebih simpelnya  lagi  dengan  botol  plastik minuman.
Dengan  cara  di  potong  menjadi  dua bagian. potongan  botol  plastik  di  isi dengan tanah lunak ,yang  bisa  di ambil  dari  selokan  ato  comberan belakang  rumah  dan  di  campuri pupuk  kandang.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba

Tancapkan  batang  anggur  dalam potongan  botol plastik  yang  sudah  di isi  tanah  olahan  tersebut.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba
Letakan  di  tempat  yang  teduh, di usahakan  jangan  kena  air  hujan  dan di  usahakan  terkena  sinar  matahari . jangan  lupa  di  cek  dan  di siram setiap  harinya  supaya  tidak  kering.

Tunggu sampe pada ruas batang anggur keluar mata tunas,biasanya antara 4 sampe 5 hari.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba
Setelah tunas baru muncul kira kira panjang 20 mm,.berarti bibit anggur sudah siap di pindahkan...gampangkan sob,cara menyeteknya .
    Kita lanjut ke langkah ke dua,


2.    MEMPERSIAPKAN POT
               DAN TANAH


Setelah  pemilihan  bibit  selesai, siapkan  pot,  yang  bawahnya  di lubangi  antara  6  sampe 7  lubang dengan  di  isi  tanah  yang  sudah  di olah  dengan  paduan ,pasir ,pupuk kompos , pupuk  kandang  atu  dengan di  campuri  serutan  gergaji  yang sudah  di  netralisir  dengan  perpaduan  2:1:1:1. Atau lebih sempurnanya lagi dengan campuran pupuk organik yang sudah suap pakai. Untuk lebih jelasnya tentang pupuk organik, sobat bisa baca, "Cara Sukses Membuat Pupuk Organik"

Di  dasar  pot  di  kasih  batu  krikil ,atau  serpihan  batu  bata..bertujuan untuk  sirkulasi  udara  pada  tanah ,dan  utuk  memperlancar pembuangan  air  yang  berlebihan dalam  penyiraman.

Setelah  bibit  dan pot  yang  diisi  tanah sudah  siap,  sekarang  sobat  lakukan langkah  yang  ke  tiga  yaitu,

Baca juga
Cara mudah menyiapkan lahan tanam

3.     PENANAMAN BIBIT


Untuk  penanaman  bibit  silahkan sobat  ambil  setekan  yang  sudah  di semaikan  tadi.

Kemudian  pot  yang  sudah  diisi olahan  tanah  tersebut  di  ambil tanahnya  setengah  dari  permukan pot.

Lalu  buka  polybek  yang  di  gunakan untuk  penyemaian  bibit  anggur. Setelah  polybek  di  buka , letakan  bibit  anggur  di  tengah  tengah  pot ,
dengan  catatan  tanah  yang  digunakan  untuk  penyemaian  bibit anggur  tadi  di  ikut  sertakan bebarengan  dengan  penanaman  bibit.

Kemudian  pot  di  isi   tanah  untuk pengurugan  bibit  anggur, setelah selesai  taruhlah  pot  yang  berisikan tanaman  anggur  tersebut  di  tempat teduh  dan  jangan  lupa  di  siram.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba

Kalau mata tunas  sudah panjang dan sudah  mulai  menjalar , yang  perlu sobat  kerjakan  adalah  membuat pagar  pagar  pada  sekeliling  tanaman anggur.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba


Setelah  umur  anggur  sudah  sekitar 4 sampai  5  bulan  lakukan  pemupukan dengan  memfasilitaskan  pupuk  NPK dengan  cara  di  tebar  langsung  di permukaan  pot, atau  bisa  juga  di larutkan  ke  air lalu  di siramkan. dengan takaran  2  sendok  makan perbulanya.

kita  lanjutkan  ke langkah  berikut,
Tips Sukses Menanam Anggur Dengan Pot  Berbuah  Lebat.
Yaitu langkah yang ke empat,

Jangan lupa penyiraman di lakukan sesuai kebutuhan dalam arti, apabila musim hujan sesuaikan dengan tekstur kandungan, atau kelembaban tanah.
Kalo musim kemarau harus lebih giat menyiram, 1 hari 2x juga harus melihat kelembaban tanahnya.

Lebih jelasnya..
Baca juga
Cara penyiraman yang baik dan benar

4.      PEMANGKASAN DAN
                PEMBUAHAN


Salah  satu  upaya  untuk  pembentukan cabang  dan  pola  ukur  tanaman anggur  adalah  dengan  cara pemangkasan , begitu  juga  untuk memaksimalkan  bunga  dan  buah yang  lebat.

Pada  dasarnya  pemangkasan  tanaman  anggur  bertujuan  untuk  me manipulasi,  seperti  habitat  asli  dalam kelangsungan  hidup  tanaman.

Sebenarnya  tanaman  anggur   memiliki  4  musim, ketika  musim gugur  tanaman  anggur  merontokan semua  daunya ,disaat  musim  dingin tanaman  anggur  memasuki  masa dormant, ketika  musim  semi  tanaman anggur  kembali  tumbuh  daun dengan membawa  kuncup  bunga  dan  siap untuk  berbuah.

Demikian  dilakukan  pemangkasan untuk  memanipulasi  ke  4  musim tersebut  sehingga  cepat  berbuah  dan tidak  perlu  nunggu  musim  lagi.

Ada  2  bagian  dalam  melakukan pemangkasan  untuk  tanaman  anggur.
        a. Pemangkasan  pembentukan
        b. pemangkasan  pembuahan

Adapun  cara  pemangkasanya  sebagai berikut,

   a.  Pemangkasan  Pembentukan

Pemangkasan  pembentukan  bertujuan  untuk  membentuk  pola tanaman  anggur  supaya  rapi  dan mengatur  cabang  cabang  dengan sesuai  keinginan  dengan  bantuan para  para. berikut caranya,

Setekan  tanaman  anggur  yang  sudah berumur  5  sampai  6  bulan  biasanya batangnya  sudah  panjang  dan berwarna  coklat ke  kuningan.

Dan  tunas  yang  menjalar  lurus  dan besar  di  namakan  batangb primer dan  ranting  yang  menjalar  kiri  kanan  pada  batang  primer  namanya batang  sekunder.

Setelah  batang  primer  sudah menglilingi  pot, yaitu  sudah  menjalari atau  memutari  para  para  pot  segera lakukan  pemangkasan.

Untuk  pembentukan  agar menyesuaikan  para  para pot , potong ujung  batang  primer, sammain  dengan  tinggi  para  para , dan  batang sekunder  dipotong  kira  kira 1  jengkal
tiap  cabangnya.

Sekitar  20  hari  di  ujung  potongan, ruas  akan  kluar  tunas  lagi   biasanya 2  atau  3  mata  tunas.  Kemudian rawat dan  atur  terus  tunas  baru  tersebut putarin  terus  menglilingi  parab para atau  pager  langkah  pemangkasan berikutnya  adalah,

   b. Pemangkasan Pembuahan

Setelah  umur  pohon  anggur  1  tahun sudah  bisa  di  buahkan  dengan  cara pemangkasan  pembuahan.

Bedanya  pemangkasan  pembentukan dan  pemangkasan  pembuahan adalah,
kalo  pembentukan  cuma  ujung  batang  primer  dan  sekunder  saja yang  di  pangkas .

Kalo  pembuahan  keseluruhan  total daun  dan  ujung  batang  di habiskan.
Sebelum  melakukan  pemangkasan pembuahan,  di  sarankan  sobat memupuk  dan  menyiram  pohon anggur  terlebih  dahulu . Supaya cairan dan  zat  makanan  yang  akan  dirubah menjadi  bakal  buah  maksimal.

Adapun  cara  mengeceknya  dengan cara  di  potong  salah  satu  ujung batang,  Kalo menetes  air  berarti sudah  maksimal.
Untuk  pemangasan  pembuahan  di awali  dengan  memotong  daun keseluruhan , dengan  catatan  batang daun  tidak  boleh  di  potek  dari pangkal  batang. Karena  menyebabkan ruas  batang  anggur  nantinya  luka.

Selanjutnya  diteruskan  dengan memotong  setiap  ujung  batang, baik batang  primer  atau  sekunder  semua di  potong  ujungnya.

Untuk  mempercepat  tumbuh  tunas semprot  dengan  perangsang  daun  di lakukan  1×5  hari  selama  3  minggu.
Pemangkasan  pembuahan  sebaiknya dilakukan 3x  selama  1  tahun,  pada awal  kemarau  yaitu  di  bulan  maret ,terus  dilakukan  pemangkasan  lagi agustus, dan  dilakukan  lagi  desember.

Dengan  sarat di  lakukan pemangkasan  lagi 2  minggu  sehabis panen.
Setelah  20  hari  habis  pemangkasan akan  keluar  pucuk  tunas  baru dengan  di  ikuti  nongolnya  bakal buah.
Untuk ,Tips  Menanam  Anggur  Dengan Pot  Berbuah  Lebat. langkah selanjutnya adalah,

5.       PERAWATAN BUAH DAN
         PENCEGAHAN DARI HAMA
                     TANAMAN

Setelah  20  hari  dari  pemangkasan biasanya  muncul  tunas  baru  yang di ikuti  dengan  pucuk  bunga  pada  ruas bagian  bawah  potongan.

Setelah  bunga  mekar  di  upayakan batang  yang  menjalar  di  atas  bunga di  potong , apabila  tumbuh  tunas  lagi juga  harus  di  potong. Sampai  bakal buah  keluar  bulat  bulat  kecil  baru tunas  di  biarkan  menjalar. Bertujuan untuk  penyempurnaan  pembuahan yang  maksimal.

Setelah  14  hari  bunga  mengebang bisa  di  clupkan  atau  di  semprot dengan  GA3   100pm, secukupnya. Bertujuan  untuk  penguat  bakal  buah yang  sedang  terbentuk.

Untuk  menyempurnakan pertumbuhan  buah  bisa  dilakukan dengan  melakukan  peregangan  buah yaitu  dengsn  cara  menyortir  buah yang  kurang  sempurna  dengan  cara di  buang . Di kirakan  setiap  dompolan buah  anggur  di  sisakan  30  sampai 40%  saja. Itu  di  lakukan  pada  saat buah  anggur  masih  sebesar  biji kedelai.

Setelah  buah  anggur  sudah  sebesar butir  jagung  masih  di  adakan penyortiran , tapi  di  lakukan sekedarnya  saja, Apa  bila  ada  buah yang  kuntet  atau  perkembanganya lambat  segera  di  buang  saja.

Untuk  tanaman  anggur  yang  sudah berbunga  dan  berbuah  sangatlah rentan  dengan  penyakit  dan gangguan  hama. Adapun hama tanaman anggur antara lain,

      Kumbang
 Jenis  hama  ini  menyerang  bunga, pada  saat  bunga  mulai pembuahan, efeknya  bisa  merotokan  bunga .Tapi berguna  juga  untuk  membawa  serbuk  sari  nyampe  ke  kepala  putik sehingga  jadilah  pembuahan.

      Kutu putih
 Kutu  putih  ini  menyerang  buah  dan daun  sehingga  buah  kuntet  dan  sukar  berkembang  menjadi besar. Pembasmianya  bisa  dengan menyemprotkan  insektisida.

     Penyakit embun madu
 Penyakit  embun  madu  atau  dikenal dengan  istilah  downy  mildew, yang disebabkan  oleh  jamur  plasnopara viticola  yang  menyerang  daun  tunas dan  buah  sehingga  mengganggu pertumbuhan  buah  dan  kalo  di biarkan  bisa  gagal  buah. Untuk pemberantasan  bisa  dengan fungisida sesuai  petunjuk.

    Penyakit embun tepung
Penyakit  embun  tepung  juga  di  sebut powdery  mildew  yang  disebabkan oleh  oidium  sp,  yang  menyerang daun  tunas  bunga  dan  buah muda, tampak  bercak  bercak  tipis  seperti bedak  putih  kelabu  sampai  ke  merah merahan  dan  retak  pada  buah . Bisa di  atasi  dengan  fungisuda  dengan sesuai  aturan  pakai.

        Penyakit karat daun
Penyakit  ini  disebabkan  oleh phalospora  vitis. Penyakit  jenis  ini menyerang  permukaan  daun  bawah kelihatan  percak  percak  tertutup tepung  berwarna  orange. Bisa di berantas  dengan  fungisida  dithane   m-45  manzate  sesuai  aturan  pakai.
Langkah  terahir  yang  di  tunggu tunggu  sobat  adalah,

   6.      PEMANENAN BUAH

Untuk  pemanenan  buah  alangkah baiknya  sobat  lebih  tau  dulu  tanda tanda  buah  yang  sudah  bisa  di panen. Adapun  tanda  tanda  buah yang  sudah  masak  dan  manis  adalah,

            Dalam 1 teros atau dompol
            sudah menujukan warna asli
            dari jenis buah anggur
            tersebut.misal anggur merah
           warnanya sudah merah ,anggur
           kuning warna sudah kuning.dan
           sebagainya.yang mana klao
           mudanya pasti warnanya hijau
           dulu.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba

         Tangkai anggur sudah mulai layu
         dan akan mengering dan tiap
         butiran sangat lah mudah di
         pisahkan dengan butiran yang
         lain.
        Warna kulit anggur yang
         trasparan dan kalo di terawang
         kelihatan bijinya.
        Sudah mengalami perubahan dari
        yang keras sampe yang lembek dan
         kelihatan kenyal. Dan kulut buah
         sudah kelihatan berpupur.

Kalo sudah menujukan ciri ciri di atas berarti sudah bisa di panen.adapun cara pemanenanya bisa di petik menggunakan gunting dan kalo untuk di jual hati hati pupur pada buah jangan sampe hilang.soalnya biar buah ga gampang busuk.
Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Leba

Umur untuk buah anggur yang siap untuk di panen biasanya berkisar,105 sampai 120 hari.
Hasil panen untuk yang penanaman pakai pot sekali panen bisa 5 sampe 10 kilo dan untuk pake media tanam bisa sampe 50 sampe 7,5 kg.

Tambahan
Agar pertumbuhan tanaman anggur bisa tahan lama dan tetap produktif sobat bisa mendaur ulang tanah tiap 1 tahun sekali.adapun caeanya sebagi berikut,

Diusahakan tanah sudah di siram dengan air lebih dan jeluhatan bener bener basah,lalu jabut batang sama tanahnya dari pot ,atau lebih gampangnya lagi potnya di balik tapi jangan sampe merusak batang anggur.
Setelah di cabut dari pot nya tanah di buang dan apabila ada akar yang kepanjangan sobat bisa memotongnya.

Selanjutnya pot bisa di ganti yang lebih besar dan di isi tanah yang baru yang sudah di suburkan.adapun penanaman ulangnya dengan cara masukan tanah setengah dari pot,kemudian letakan batang anggur yang mau di tanam ulang tepat di tengah tengah pot dan di urug lagi pake tanah,sukses.

Penelusuran terkait
Cara menanam anggur yang benar.
Cara menanam anggur di daerah panas.
Cara menanam biji anggur di kapas.
Cara budidaya anggur agar cepat berbuah.

Sampe sini dulu ya sobat sobat ,Tips Sukses Menanam Anggur Dengan Pot Berbuah Lenat.       
Sampai jumpa di tips berikutnya.
Apa kabar ....."SUKSES"

24 Responses to "Tips Sukses Tanaman Anggur Dengan Pot Berbuah Lebat"

  1. waduh pngn nyoba tpi gak ada modal hehrh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya tidak perlu banyak modal gan, tinggal minta batang sama tetangga, dan ikuti sesuai artikel saya pasti berhasil..klo ada masalah silahkan jangan sungkan sungkan di pwrtanyakan..slamat mencoba..

      Delete
  2. Replies
    1. asli gan, depan rumah sendiri saya nanemya..kalo mau boleh main..sekedar silatuhromi.

      Delete
  3. Oh gak harus diberi tempat buat merambat nya ya. Itu bisa berbuah di Batang bagian bawah nggak menggantung di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk anggur jenis bongsai, atau sekedar hiasan depan rumah , tidak usah pakai para para gan, tapi kalo memang untuk buat hasil buah yang banyak perlu para para,supaya batang tidak somplak/ patah.

      Delete
  4. kalo buat bibitnya beli dimana gan?? agan jual bibit kah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bibitnya biasanya banyak yang menyediakan gan, bisa di dapet pada penjual tanaman, atu bisa setek batang langsung minta batang sama tetangga atau temen. Kebetulan saya belum jual bibit gan.

      Delete
  5. kalo biji gitu gmna ngetahuinnya jenis anggur apa??, ada pohon anggur tapi gak berbuah mau tak bawa kerumah gak tau anggurnya jenis apa xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari biji susah di prediksi gan, kalo saya dari jenis daunya,,jika berdaun lebar dan batang daun berwarna merah biasanya anggurnya merah dan besar dan kebalikanya.

      Delete
  6. mau nyoba nanem anggur tapi daerah saya daerah laut, bisa enggk di daerah laut gitu bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, dengan cara menetralisirkan dulu PH tanahnya, dengan cara" membuat daur tanah sendiri, seperti"buat lubang 1m³ dan ambil tanah dari daerah subur campuri dengan pupuk organik,kompos, kandang. Kemudian di siram. Setelah 1 minggu bisa di tanami.dengan prosedur yang benar pasti bisa berbuah.

      Delete
  7. Replies
    1. Ia gan, awal awalnya si buat peneduh aja. Setelah tau trik pembuahanya,,e, jadi tambah seneng sama pohon anggur.he.e

      Delete
  8. itu bisa diterapin di cuaca yang panas ngkk yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tempat saya juga panas gan, di daerah cibitung, Bekasi..nyatanya berbuah..yang penting pemangkasan rutin gan. Sama pupuk.dan rutin di siram

      Delete
  9. Wah artikel rekomendasi nih untuk peluang usaha atau untuk yang suka anggur biar gak harus beli ke pasar. Terima kasih atas wawasannya kawan. Tips nya lengkap, artikel pun berkualitas. Sukses terus ya.

    ReplyDelete
  10. tertarik sekali menanam buah di pot yang diga difungsikan sebagaii hiasan halaman rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali gan, tapi kalo memang utuk berbisnis, bisa kok di banyakin potnya, yang penting perawatannya harus bener bener terjamin gan,,,

      Delete
  11. Kalau daerah jogja ini cocik ngk yah mas dwi, diliat dari hasilnya tampak menarik untuk di ikuti tips menanam anggurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menanam anggur, harus di lihat dari segi tanahnya dulu mas ihsan" anggur lebih suka dengan tanah yang lempung berpasir, mengabdung banyak kompos, tapi semua itu cukup gampang kok mas, bisa di olah sendiri tanahnya...heee..kalo mau sini ke bekasi aja nanti saya ajarin sekalian saya kasih bibitnya nih mas...

      Delete