GANTI BAHASA

Beraneka Ragaman Jambu Air di Indonesia

Jambu air merupakan jenis jambu jambuan yang menjadi primadona masyarakat, terutama bagi ibu ibu' yang memanfaatkan jambu air ini sebagai bahan utuk membuat rujak atau lutis.

Selain itu buah jambu air juga bagus utuk di buat manisan, berdasarkan macam jenisnya buah jambu air ini mempunyai bentuk dan warna yang berbeda beda.

Berikut akan saya coba memperkenalkan berbagai macam buah jambu air yang sudah menyebar di indonesia, yang di antaranya yaitu"

Beraneka Ragaman Jambu Air di Indonesia

www.dwisangpetani.com
Jenis jenis jambu air
Gbr dari google

1. Jambu Citra


Jambu air citra merupakan jenis jambu unggulan, pohon jambu citra ini merupakan jenis pohon yang di bilang rimbun dan relatif pendek, dengan bentuk cabang ranting yang membulat, daunya berbentuk tombak dengan ujung yang meruncing. Ketika masih muda daun jambu citra ini berwarna merah kecoklatan, atau atau kuning muda keunguan, kemudian berubah menjadi hijau tua saat daun sudah tua.

Ciri ciri buah jambu air Citra

  • Besar buah bisa mencapai 100 - 200 gr perbuah, dan berkadar air 93% dalam tiap buahnya.
  • Daging buah tebal, bertekstur renyah, rasanya manis, dan banyak mengandung vitamin C, dan A.


Manfaat jambu air citra

  • Dengan buah yang banyak mengandung vitamin C, buah jambu air kristal ini bagus untuk memelihara kesehatan kulit.
  • Sedangkan vitamn A yang terdapat pada jambu air ini mampu menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan mata.


2. Jambu Madu Deli Hijau


Jambu jenis ini' mempunyai rasa yang sangat manis, dengan ciri khas warna buah hijau agak kekuningan sehingga terlihat segar dan menggoda saat sobat melihatnya.

Selain itu jambu Deli Hijau juga termasuk buah jambu yang nonbiji, sehingga sangat nyaman dan puas saat meniknmati jambu biji ini.

Tanaman utuk jambu madu Deli Hijau ini, termasuk tanaman jenis genjah atau gampang berbuah, dari masa tanam cangkok, kira kira 6-9 bulan sudah bisa menghasilkan buah yang lumayan banyak, dengan perkiraan tinggi 60 -70 cm.

3. Jambu Air Kusuma Merah


Jambu ini memiliki tekstur daging yang renyah berair dan manis, dengan daging yang tebal dan sedikit rongga di dalamnya bahkan ada juga yang tidak berongga, utuk bijinya mungkin susah utuk menemukan karena hampir semuanya daging.

Bentuk buahnya seperti lonceng, dengan kulit berwarna merah dan berdaging putih kehijauan, kalo di gigit renyah manis dan lezat.

Secara umum jambu air kusuma merah, pohonnya sama seperti jambu air yang lain, pohon jambu ini bisa tumbuh mencapai 2,5 - 5 m, dengan tajuk seperti piramida tumpul, dengan daun memanjang berwarna hijau tua pada bagian atasnya, berbatang silinder berwarna kecoklatan.

4. Jambu Bol Jamaika


Jenis jambu air ini sangat di minati orang mungkin karena buahnya besar dan jumbo, 1 buah bisa mencapai 500g, begitu juga dengan pohonya rajin sekali berbuah.

Jambu bol ini memiliki rasa yang beraneka, kadang kecut (asem), kadang sepet dan kadang manis, biasanya mengikuti musim kalo musim hujan sepet, pasca kemarau kecut, tapi manis apabila sudah bener bener tua pada musim kemarau.

Buah ini berwarna merah apabila masak, dan kuning kehijauan saat muda, dengan bunga yang indah berwarna jingga kemerahan.

Berikut adalah macam jenis buah jambu air yang lain..

www.dwisangpetani.com
Macam macam jambu air
Gbr dari google

5. Jambu Air Super Green


Jambu Air jenis ini termasuk dalam varietas unggulan, yang mempunyai bentuk buah yang lumayan besar 1 buah bisa mencapai 250g. Selain itu jambu ini rasanya juga manis dan berdaging renyah.

Warna buah jambu ini putih kekuningan berbiji, dan berongga. Pohon jambu Gren ini muli bisa berbuah sekitar 1-2 tahun dari penanaman.

6. Jambu Merah Delima


Jambu ini merupakan khas dari Demak, Jawa Tengah. Buah jambu air ini sering di sebut sebagi jambu merah demak, yang rasanya manis, renyah dan berair, katanya sangat cocok utuk hidangan pas buka puasa.

Jambu air khas kota Wali ini, memang tanamanya belum tersebar luas di indonesia, tapai sobat bisa temukan di kabupaten demak ini, dengan harga yang relatif terjangkau dari pada beli di supermarket dan di luar daerah kabupaten demak.

7. Jambu Air King Ros


Jambu air ini termasuk juga dalam jenis jambu unggulan, di samping rasanya yang manis, jambu air ini juga berukuran lumayan besar, 1 buah bisa mencapai 300gr.

Selain itu jambu ini juga mempunyai warna yang merah seperti bunga mawar, tapi ada juga king rose yang berwarna merah marun dan mengandung banyak air, tapi sesikit renyah, dalam buah sedikit berongga dan kadang bisa non berbiji.

8. Jambu Air Cincalo


Jambu air ini sering disebut juga jambu salju, katanya jambu cincalo ini merupakan hasil silang antara jambu Thailan dengan Taiwan, yang di lakukan oleh pak, Zen Ginting, yang memiliki sebuah usaha jambu air di daerah desa Mekar Jaya kecamatan Wampu kabupaten Langkat.

Banyak yang baca"
Panduan lengkap cara budidaya jambu air
Panduan lengkap cara budidaya jambu biji
Jenis jambu biji yang wajib sobat ketahui

Sekian dulu artikel tentang "Beraneka Ragaman Jambu Air di Indonesia" dari saya ini, semoga bisa bermanfaat, atas perhatianya saya ucapkan banyak TERIMAKASIH.

4 Responses to "Beraneka Ragaman Jambu Air di Indonesia"

  1. wah ini aku sering bikin jambu air buat dijadiin lotis, pedes dan asem. haha. dulu waktu jaman SD sering banget tuh mas tapi sekarang jarang bikin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas,,sekarang malah di perumahan lagi musim rujakan nih mas...

      Delete
  2. Ternyata ada banyak juga ya pak macam-macam jambu air yang ada di indonesia..
    kalau di daerah saya sih paling banyak yang jambu air macam king rose, sedap lah rasanya.. seger pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ia..mba, saya juga lebih suka king rose ini,,maknyos..

      Delete