GANTI BAHASA

Penyebab Tanaman Cabai tidak Berbuah dan Solusinya

Menyinggung tentang masalah budidaya tanaman cabai, memang tergolong gampang gampang susah, nyatanya' banyak kasus yang sering di alami para masyarakat, baik masyarakat umum maupun para petani. Yang mengeluh tentang tanaman cabainya yang tidak kunjung berbuah, padahal' tanaman berbunga banyak tapi tidak menghasilkan buah, yang ada bunga malah rontok. Kalo sudah begitu sangat di sayangkan bukan, seharusnya sudah bisa menuai buahnya, malah gagal.

Berikut akan saya sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi permasalahan seperti kasus di atas, yaitu' tentang tanaman cabai yang tidak kunjung berbuah. Mari di simak dengan baik"
www.dwisangpetani.com
Tanaman cabai sukar berbuah
Gbr dari google


Penyebab Tanaman Cabai tidak Berbuah dan Solusinya



Penyebab utama tanaman cabai tidak kunjung berbuah biasanya di sebabkan oleh beberapa vaktor yang di antaranya yaitu"

1. Terjadinya kerontokan pada bunga dan buah


Salah satu penyebab tanaman cabai tidak kunjung berbuah adalah terjadinya kerontokan bunga dan buah, yang di akibatkan oleh banyak penyebab yang di antaranya yaitu,

  • Tanaman mengalami kekeringan, solusi yang tepat agar tanaman cabai bunga dan buahnya tidak rotok karena kekeringan, sobat harus rajin mengecek kelembaban tanah' sehingga sobat bisa menganalisa kapan harus menyiram tanaman dan berapakali harus di siram dalam 1 hari. Yang intinya tanaman cabai tidak akan kekurangan air. Lakukan penyiraman rutin sesuai dengan musim, pada musim kemarau lakukan penyiraman 2x dalam satu hari, pagi dan sore, sedangkan musim penghujan" lakukukan penyiraman dengan melihat kelembaban tanah. 
  • Kurangnya sinar matahari, solusinya adalah lokasi penanaman sebaiknya pilih tempat yang terkena sinar matahari langsung, hindari penanaman pada tempat yang teduh, karena tanaman cabai perlu sekali sinar matahari utuk menunjang kelangsungan hidupnya.
  • Tanah terlalu lembab dan basah, solusi yang bisa sobat lakukan utuk mencegah agar tanah pada tanaman cabai tidak terlalu lembab dan basah adalah, dengan menggunakan media mulsa plastik pada saat tanam cabai di musim penghujan, utuk mencegah tanah terlalu banyak air yang masuk. Sehingga kelembaban tanah selalu terjamin.
  • Serangn virus CMV (cucumber muzaik virus) dan virus gemini, pengendalianya bisa melakukan pencegahan dengan cara, mengendalikan vektornya yaitu kutu kebul dan aphids, semprotkan pestisida ke seluruh tanaman. 
  • kelebihan dan juga kekurangan pupuk yang mengandung nitrogen (N), dan Kalsium (K), solusinya" utuk pupuk nitrogen, sebaiknya jangan terlalu banyak di berikan, sehingga akan over, lebih baik sebelum memberikan pupuk (N) ini, di lihat dulu daun tanaman kelihatan subur atau tidak, kalo subur biasanya di tandai dengan daun yang berwarna hijau muda atau sedikit tua' tergantung dari jenis cabainya.


  • Sedangkan utuk pupuk kalsium, tidak boleh kekurangan, sebaiknya di berikan pada saat tanaman sudah menhinjak remaja, berikan 10 - 15 hari sekali dengan sesuai dosis.


Demikian di atas adalah penyebab tanaman cabai bunga dan buahnya rotok dan juga solusinya, mari kita lanjutkan' pembahasan kenapa tanaman cabai tidak kunjung berbuah.

2. Vaktor cuaca

Vaktor cuaca sangat menentukan apakah tanaman cabai akan berbuah atau tidak, karena apabila cuaca ekstrim di musim penghujan kebanyakan lahan tanaman cabai terkena banjir daya lembab tanah berlebih, sehingga bisa menjadikan tanaman cabai mudah terserang penyakait dan mengalami gagal buah.

Solusinya, apabila menanam cabai di musim hujan, sebaiknya di buat tenda tenda dari bambu dan di atapi dengan plastik atau atap yang tembus cahaya. Jadi apabila hujan tidak mengenai pohon cabai,,tapi sinar matahari tetap bisa masuk mengenai pohon.

3. Tanah kurang gembur (keras dan padat)


Salah satu faktor yang menyebabkan tanaman cabai sukar utuk berbuah adalah kurangnya kegemburan tanah, sehingga pada saat melakukan penyiraman tanah kurang cukup bagus untuk menyerap air. Yang ada air terbuang dan tidak di serap tanaman, karena tanah terlalu padat dan keras.

Solusinya" lakukan pendangiran sekaligus penyiangan pada tanah di daerah tanaman cabai, dengan cara mencangkuli tanah pada sekeliling tanaman, dan membuang gulma atau rumput liar yang mengganggu, kemudian di siram dengan kocor air.

4. Terserang hama dan penyakit


Ini adalah kendala yang paling sering di alami oleh tanaman cabai yang mana tanaman tidak cuma rontok bunga dan buah, melainkan tanaman jadi kerdil dan bisa juga mengakibatkan kematian pada tanaman cabai. Yaitu karena tanaman cabai tersebut terjangkit hama dan penyakit.

Hama yang sering menyerang tanaman cabai, biasanya"
hama ulat, hama tungau, hama kutu daun, hama lalat buah, hama trips.

Sedangkan penyakit yang sering menyerang yaitu"
bercak daun, patek ( antraknosa), busuk (busuk cabang dan kuncup), layu oleh cendawan, bule atau firus kuning, kriting daun atau mosaik.

Demikian di atas adalah hama dan tanaman cabai yang menyebabkan tanaman gagal buah atau bisa juga mati, semua itu di atas bisa di cegah atau di basmi dengan menyemprotkan fungisida usahakan yang mempunyai daya perekat.

Banyak di baca:
Cara menanam cabai rawit di teras rumah.
Macam jenis cabai yang ada di dunia.

Penutup


Setelah sobat mengetahui penyebabnya dan sudah bisa mengambil solusi yang tepat dalam penanganinya, dan bisa memahami seluk beluk tanaman cabi kenapa tidak kunjung berbuah, sudah pastilah sobat akan menjadi seorang pembisnis cabai yang sukses. Yang di karenakan setiap budidayanya menghasilkan produksi buah yang melimpah.

Saya rasa sekian dulu artikel tentang " Penyebab Tanaman Cabai tidak Berbuah dan Solusinya" semoga bisa membatu dan bermanfaat utuk sobat petani semua, atas perhatianya saya ucapkan banyak TERIMAKASIH.

2 Responses to "Penyebab Tanaman Cabai tidak Berbuah dan Solusinya"

  1. Seminggu yang lalu tanaman cabe-ku banyak semut dibagian bawah daunnya, aku langsung semprot pake obat nyamuk Hit, daunnya seperti terbakar hehe, tp alhamdulillah pohon cabe-ku nggak sampai mati dan sekarang semutnya nggak ada lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa,,untung g di smprot semua mba,,kalo di semprot semua bisa kering tu tanaman..heee..

      Delete