GANTI BAHASA

Khasiat Jambu Biji yang Wajib Anda Ketahui

Jambu biji selain enak untuk di makan, atau di buat jus untuk di minum, ternyata di balik itu mempunyai kandungan manfaat yang luar biasa, baik itu untuk kesehatan mapun kecantikan.

Selain banyak mengandung vitamin C, ternyata jabu biji ini mempunyai banyak lagi kandungan vitamin yang sangat berguna untuk tubuh, yang di antaranya yaitu"

Kandungan yang terdapat dalam jambu biji
Vitamin C, A, B6, E dan K, Flavonoid beta karoten, icopene, antioksidan ( lutein dan crypotoxanthin), dan kalium.

Dalam 100g jambu biji mempunyai kandungan gizi, yang di antaranya yaitu"
Kalori 49 kal, Vitamin A 25 Sl, vitamin B1 0,02 mg, vitamin C 87 mg, kalsium 14 mg, hidrat Arang 12,2 g, fosfor 28 mg, zat besi 1,1mg, protein 0,9 mg, lemak 0,3g, Air 86g, flavonoid, zat likopen, serat larut 5,4
Dengan kaya kandungan seperti di atas, maka jambu biji ini mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, mari sobat simak uraian di bawah ini.
www.dwisangpetani.com
Jus jambu biji
Gbr dri google

Khasiat Jambu Biji yang Wajib Anda Ketahui



1. Mengurangi Hipertensi


Jambu biji merupakan buah yang kaya akan serat dan hipoglikemik yang efektif membatu menurunkan tekanan darah juga membatau melancarkan kerja jantung sehingga jantung bisa bekerja dengan normal.

Khasiat dalam jambu biji juga bisa mencegah terjadinya penebalan darah sehingga mempertahankan fluiditas darah dan juga tekanan darah.

Penelitian telah menjelaskan bahwa hal yang bisa menabah tekanan darah adalah makanan yang kurang serat, sehingga menjadikan konversi gula meningkat. Sedangkan jambu biji mempunyai kandungan yang kaya akan serat, jadi segala penyakit yang berbau darah tinggi atau hipertensi bisa teratasi.

2. Mengatasi Diabetes


Menurut penelitian mengkonsumsi jambu biji bisa mencegah munculnya diabetes tipe 2, karena dalam jambu biji banyak mengandung serat yang dapat membatu penyerapan gula dalam tubuh, yang kemungkinan besar bisa menurunkan insulin dan glukosa dalam tubuh.

3. Menyehatkan Tiroid


Tiroid adalah suatu kelenjar yang paling penting dalam tubuh untuk mengatur hormon dan fungsi sistem organ tubuh, dan fungsi jambu biji ini mampu menyeimbangkan kesehatan fungsi tubuh, sehingga kelenjar tiroid bisa bekerja semestinya. Semua itu karena di asop oleh zat tembaga yang terkandung dalam jambu biji.

4. Mengoptimalkan penglihatan


Penglihatan sangat di dominasikan oleh kesehatan mata, agar mata tetap sehat harus banyak makanan yang banyak mengandung vitamin A, di sini kelebihan jambu biji banyak mengandung vitamin A sehingga apabila sering mengkonsumsi jambu biji ini mata kita jadi sehat, karena matakita sehat' jadi penglihatan bisa optimal.

5. Mengatasi Diare


Senyawa astringents pada jambu biji, membuat perlindungan terhadap timbulnya diare, penyembuhan disentri dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir ekstra pada usus ini, dilakukan oleh astringents sebagai disenfektan serta anti bakteri yang bersifat alkali.

Selain itu nutrisi dalam jambu biji seperti vitamin C, karotenoid dan kalsium, memperkuat sistem pebcernaan sekaligus disenfektan.

6. Sebagai obat demam dan batuk


Demam seperti DBD, juga bisa di cegah atau di sembuhkan dengan menggunakan jambu biji, karena ekstrak jambu biji bisa meningkatkan trombosit dalam darah.

Selain itu batuk pilek juga bisa di sembuhkan dengan jambu biji ini, karena vitamin C yang terkandung dalam jambu biji ini ampuh mencegah infeksi dingin dan virus. Jus jambu atau rebusan daun jambu bisa mengurangi lendir saat batuk, sebagai disenfektan tenggorokan yang menghambat mikroba pada saluran pernafasan dan paru paru.

7. Mencegah kanker


Jambu biji rendah kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting yang di antaranya yaitu, mineral, senyawa fenolik, antioksidan poli dan flavonoid, yang berperan penting dalam mencegah kanker.

8. Mengobati Sariawan


Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, jambu biji bisa mencegah maupun mengobati sariawan yang di akibatkan kurangnya pasokan vitamin C.

9. Meningkatkan fungsi otak


Vitamun B pada jambu biji mempunyai peranan penting dalam meningkatkan fungsi otak, yaitu dengan tercukupinya tubuh dengan vitamin B3, B6.

Vitamin B3 di kenal sebagi niacin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, sedangkan B6 dikenal sebagai pyridoxine yang berperan penting utuk fungsi otak dan saraf.

Selain utuk kesehatan ternyata jambu biji juga mempunyai khasiat sebagi sarana dalam hal kecantikan yang di antaranya yaitu"

Sebagai pelembab dan mencerahkan kulit wajah


Dengan mengkonsumsi jambu biji, bisa melembabkan kulit, yaitu dengan kandungan mineral yang terdapat jambu biji mengakibatkan kulit tidak mudah kering dan terjaga dari sinar matahari.
Jambu biji juga dikenal sebagai pencerah kulit wajah, apabila kulit wajah sobat, pingin cerah halus merona lakujan hal ini,"

  • Ambil jambu biji ( merah atau putih) kemudian blender dengan di campur kuning telor, kemudian jadikan masker selama 15 menit pagi dan sore hari sebelum mandi. Lakukan dengan rutin kulit wajah akan cerah halus merona.


Sebagai bahan diet ( pelangsing tubuh)


Dengan mengkonsumsi jambu biji pada siang hari mampu menahan lapar sampai malam hari, hal ini di karenakan jambu biji mengandung serat yang mengikat pada lambung. Protein dan mineral yang terkandung di dalamnya, membuat perut terasa kenyang tanpa kolestrol dan karbohidrat, sehingga sangat cocok utuk diet.

Mencegah Penuaan dini


Kandungan vitamin seperti A, B, dan C juga potasium merupakan antioksidan yang sangat penting yang dapat menjaga dan memperbaiki jaringan kulit dari bahaya radikal bebas, sehingga tanda tanda seperti, garis halus, kriput di wajah, flek hitam dapat di atasi.

Selain itu metabolisme tubuh dan polusi lingkungan, juga bisa mengakibatkan tubuh kita bisa terkena kontaminasi racun dan bisa berdampak pada kesehatan kulit kita, kandungan likopen pada daun jambu bisa melindungi sel sel kulit kita dari bahaya racun tersebut.

banyak yang baca
Panduan lengkap cara budidaya tanaman jambu biji.
Jenis jambu biji terpopuler di indonesia.

Demikian di atas adalah Khasiat Jambu Biji yang Wajib Anda Ketahui, semoga bisa bermanfaat, atas perhatianya saya ucapkan TERIMAKASIH.

4 Responses to "Khasiat Jambu Biji yang Wajib Anda Ketahui"

  1. Wah, mantap jiwa ya Pak!
    Selain rasanya yang enak dan nyegerin ternyata banyak juga khasiat dari jus jambu ini..
    Hmm, emang top lah jus jambu itu setelah jus mangga, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mba,zalfaa,,pokoknya maknyos,,jus jambu..

      Delete
  2. Semakin cinta dengan jambu biji nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee,,,kalo cinta di tembak aja mba" lin,. Heee

      Delete