GANTI BAHASA

Pengertian Jenis Akar dan Fungsinya

Akar adalah bagian dari tumbuhan yang tumbuh di dalam tanah atau bumi. Akar merupakan bagian tumbuhan yang sangat penting selain batang dan daun. Karena dengan akar ini tumbuhan bisa menyerap sari sari makanan dan air di dalm tanah.

Menurut jenis fisik dan fungsinya, ada berbagi macam akar yang di antaranya yaitu,
www.dwisangpetani.com
Jenis akar
Gbr dari google

Pengertian Jenis Akar dan Fungsinya


Secara umum ada 2 jenis akar yaitu, akar tunggang dan akar serabut, akan tetapi seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan yang berdasarkan pada observasi terdapat beberapa lmacam jenis akar seperti berikut yaitu"

1. Akar Tunggang


Jenis akar ini umumnya banyak terdapat pada tumbuhan dikotil, yang biasanya di jadikan tempat penyimpanan cadangan makanan seperti tumbuhan, wortel, singkong dan jenis umbi umbian lainya.

Akar tunggang merupakan jenis akar pokok yang menjalar sampai ke arah inti bumi, dan mencabang sampai titik yang terkecil, yaitu ujung akar. Akar tunggang ini mempunyai daya penompang batang yang sangat kuat karena memiliki postur ukuran yang besar dan bercabang.

Jadi tak heran apabila tanaman yang mempunyai akar tunggang tidak mudah roboh dibanding tanaman yang berakar serabut.

Adapun macam akar tunggang, jika di bedakan menurut bentuk fisiknya meliputi,

a. Akar tunggang tidak bercabang
Pada akar tunggang jenis ini tidak mempunyai cabang, hanya melainkan mempunyai serabut halus di tepi akar tunggang tersebut.

Akar tunggang tidak bercabang sendiri mempunyai macam jenis, sesuai dengan bentuknya yang di antaranya yaitu"

Berbentuk tombak atau pena ( fusiform).

  • Bentuknya meruncing ke ujung dengan pangkal yang besar, berfungsi sebagi penyimpanan cadangan makanan. Contohnya" lobak (raphanus sativus.L), wortel (daucus carota I).

Berbentuk Gasing ( napiformis)

  • Bentuknya meruncing dan berpangkal besar, mempunyai percabangan hanya di bagian ujung akar. Contohnya" bangkung ( pachyrrhizus erosus urb), biet ( beta vulgaris L)

Berbentuk Benang ( filiformis)

  • Akar tunggang kecil menyerupai akar serabut dan sedikit mempunyai percabangan.


Mari kita lanjutkan ke jenis akar tunggang yang lain yaitu,

b. Akat tunggang bercabang (ramosus)
Akar tunggang jenis ini mempunyai ciri ciri bentuknya kerucut memanjang, dan mempunyai banyak percabangan' setiap percabangan mempunyai cabang lagi, terus menerus sampai titik ujung pada cabang terkecil.

2. Akar Serabut


Akar jenis ini biasanya banyak terdapat pada tumbuhan monokotil, walaupun tumbuhan dikotil ada yang berakar serabut' yaitu tanaman di kotil yang di budidayakan dengan cara cangkok, setek batang dan yang lain.

Terbentuknya akar serabut yaitu ketika akar lembaga yang tumbuh dari perkecambahan biji mati dan di gantikan dengan akar yang tumbuh dari batang berbentuk serabut atau kecil kecil dan menjalar.
Contoh tanaman berakar serabut, pohon kelapa, pisang, padi, tebu, salak dan lain sebagainya.

Berdasarkan bentuknya akar serabut meliputi"

a. Akar serabut benang

  • Akar jenis ini berbentuk kecil seperti benang dan banyak, contohnya pada tanaman padi.

b. Akar serabut tambang

  • Akar serabut jenis ini bentuknya besar, kaku, dan kuat seperti tambang. Contohnya" pada tanaman kelapa.

c. Akar serabut besar

  • Akar serabut ini bentuknya besar dan bercabang contohnya pada tanaman pandan.


Demikian di atas adalah akar berdasarkan bebtuknya.

sekarang akan saya coba jelaskan akar berdasarkan fungsinya, yang di antaranya yaitu,,

1. Akat Gantung


Akar jenis ini tumbuh pada bagian cabang atas dan menjalar ke tanah, akar gantung ini berfungsi utuk menyerap uap air dan gas dari udara. Namun apabila sudah nyampai ke tanah akar ini masuk ketanah dan berfungsi untuk menyerap air dan zat mineral juga unsur hara pada tanah. Jadi apabila ajar gantung yang sudah lama dan membesar akan terlihat seperti menempel pada batang utama, contohnya pohon beringin dan anggrek.

2. Akar Napas


Akar napas tumbuh pada batang bagian bawah, akar tersebut tumbuh sebagian di permukaan tanah dan ada sebagian lagi yang tumbuh di tanah. Akar ini terlihat seperti menompang tegaknya berdirinya batang. Akar ini mempunyai banyak celah tempat masuknya udara, jadi sesuai dengan namanya akar napas berfungsi untuk bernafas. Tumbuhan yang mempunyai akar napas contohnya tumbuah bakau, atau juga sejenis pandan.

3. Akar Pelekat


Akar pelekat akar jenis ini tubuh di sepanjang batang, akar pelekat tumbuh pada tumbuhan yang menjalar seperti tanaman sirih. Fungsi akar ini utuk meletakan batang pada tembok atau ke tanaman lain.

4. Akar penghisap


Di temukan pada tumbuhan parasit, yang hidup dengan cara menyerap sari sari makanan dan cairan pada tumbuhan lain. Contoh tanaman yang mempunyai akar penghisap, tumbuhan benalu, endak endak cacing, dan madu maduan.

5. Akar pembelit atau pengikat


Akar jenis ini tumbuh pada setiap cabang yang menjalar, berfungsi utuk merabat dan sifatnya menjerat pada setiap para para atau batang tanaman lain yang di hinggapi, sehingga batang yang menjalar kuat biarpun terkena angin.
Tanaman yang mempunyai akar ini di contohkan seoerti, tanaman anggur, panili, dan juga labu labuan.

Penutup


Demikianlah pengertian jenis akar dan fungsinya yang bisa saya jelaskan, semoga bisa bermanfaat dan sobat semua lebih bisa memahami tentang macam pengakaran pada tanaman, atas perhatianya saya ucapkan banyak TERIMAKASIH.

12 Responses to "Pengertian Jenis Akar dan Fungsinya"

  1. dengan akar tumbuhan menghisap makanan dari dalam tanah
    kelapa yang segitu tingginya berakar serabut ya, kekuasaan Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia,,mba may, kelapa di beri sama Alloh dengan akar serabut jenis tali, mba jadi sangat kuat.

      Delete
  2. Saya jadi inget pelajarn di sekolah dulu mang

    ReplyDelete
  3. Tumbuhan dengan akar serabut mungkin lebih kuat ya mas tidak gampang dicabut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru yang susah di cabut malah yang tunggang mas,,kalo serabut akarnya mudah rapuh dan gampang roboh pohonya kalo terkena angin. ..

      Delete
  4. jadi teringat jaman dulu saat ikut mapel biologi

    ReplyDelete
  5. aku tahu itu akar buat nyari sari2 makanan yg ada di tanah. kalo nanam tanaman baiknya juga harus disiram buat menghidupi tumbuhnnya tssb. cuma kalo pohon kelapa iy=tu jenis akar apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pohon kelapa, akar serabut mas, jenis serabut tambang..

      Delete
  6. Baca artikel ini jadi ingat ketika dulu belajar tumbuhan beserta akar-akarnya pak hehe.. kayaknya pas jaman SD.. Tapi, bagus lah buat share faedah-faedah akar beserta kebesaran Allah dalam menciptakan bagian2 tumbuhan beserta manfaatnya, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,..mas sesungguhnya akar juga ivarat kita itu tangan..

      Delete