GANTI BAHASA

Cara Pembuatan Sambung Sisip Kaki Ganda untuk Tanaman

Kaki ganda merupakan salah satu metode penyambungan sisip dengan menambahkan batang bawah lebih dari satu, kaki ganda sekarang sudah mulai marak di budidayakan oleh para pencinta tanaman pohon.

Sambung sisip kaki ganda ini mulai di gemari para pencinta tanaman pohon, mungkin karena menjadikan batang bawah pada pohon jadi kuat, dan menghasilkan nutrisi yang banyak utuk kebutuhan tanaman. Bisa juga di jadikan hiasan depan rumah karena, menjadi tanaman yang unik.

Dengan memiliki batang bawah lebih dari satu, menjadikan tanaman banyak mempunyai pengakaran, yang bisa menyerap sari makanan dalam tanah, menjadikan tanaman cepat besar dan buahnya banyak.

Adapun manfaat apabila sebuah tanaman di tambahkan dengan, metode sambung sisip kaki ganda ini adalah"

www.dwisangpetani.blogspot.com
Tanaman kaki ganda
Gbr dari google

  1. Memperkuat dan memperluas pengakaran, sehingga bisa memberi nutrisi dan menyupplay sari makanan ke batang utama.
  2. Memberi cadangan akar, apabila suatu saat penyakit akar ( pythophtora ) menyerang, sehingga mengharuskan salah satu kaki harus di potong.
  3. Mempercepat pertumbuhan fegetatif sehingga tanaman bisa cepat besar, dan membentuk jaringan pembungaan dan pembuahan lebih cepat.
  4. Meningkatkan hasil produktifitas, baik ukuran maupun jumlah.
  5. Tampilan pohon jadi lebih terkesan unik, apalagi kalo pohon sudah besar, cocok sekali di tanam di area sekitar taman halaman rumah.

Setelah sobat petani sudah tau tentang keuntungan dari sambung sisip kaki ganda ini, sekarang waktunya sobat tani utuk mengetahui bagaimana proses cara pembuatanya, yuk di simak dengan baik"

Cara Pembuatan Sambung Sisip Kaki Ganda untuk Tanaman


Adapun cara pembuatanya adalah sebagi berikut"

Alat yang perlu di siapkan

  • Pisau gelati yang tajam dan tidak berminyak.
  • Tali, dari plastik es lilin yang dibelah menjadi 2.

Langkah langkah proses pembuatan sambung sisip kaki ganda,

1. Persiapan bibit tanaman

Utuk menghasilkan pohon yang berkualitas, di usahakan carilah bibit yang berkualitas pula. Dalam pemilihan bibit carilah bibit yang subur dan dalam keadaan tidak lagi terserang hama dan penyakit tanaman.

Carilah bibit yang masih di tanam dalam media polybag, dengan tujuan untuk memudahkan menyatukan bibit dalam proses penyambungan nanti.

Utuk menghasilkan tanaman yang nantinya cepat berbuah sebaiknya siapkan bibit yang sudah di sambung pucuk dengan bibit yang sudah pernah berbuah.

Setelah sobat petani sudah menemukan bibit utamanya, sekarang tinggal mencari bibit yang mau di ambil batang bawahnya, di usahakan calon batang bawah' di hasilkan dari bibit yang di tanam dengan generatif atau hasil tanam dari biji. Bertujuan' supaya batangnya kuat dan kokoh pada nantinya.

Harus sobat perlu ketahui, bahwa bibit utama dengan bibit calon batang ganda harus di pilihkan dari tanaman yang sejenis, misal" tanaman mangga dengan tanaman mangga juga, tanaman durian harus dengan tanaman darian juga.

Langkah berikutnya' menanamkan bibit secara berdekatan dalam satu area. Dengan cara' membuat galian pada tanah yang sudah ditentukan, yaitu di daerah lokasi yang sobat inginkan.

Adapun letak galianya sesuaikan dengan banyaknya bibit yang mau di jadikan calon kaki ganda ini. Yaitu" bibit utama di letakan di tengah tengah antara calaon bibit kaki ganda, dan calon bibit kaki ganda tempatkan memutari bibit utama.

Kemudian buka polybag dan tanamkan semua bibit, tunggu sekitar 2-4 minggu agar tanaman bisa menyesuaikan dengan lingkungan tanah tersebut.

Oo,, ia" lahan yang mau di tanamai, sebaiknya terlebih dahulu di suburkan dengan cara persiapan lahan tanam terlebih dahulu.

Setelah pemilihan dan penempatan bibit sudah siap sekarang waktunya utuk sambung sisip, yang dilakukan dengan detail sebagi berikut.

2. Penyambungan sisip kaki ganda

www.dwisangpetani.com
Proses penyambungan
Gbr dari google

  • Ambil pisau dan siapkan tali sesuai dengan petujuk di atas pada persiapan alat.
  • Langkah selanjutnya sayat tipis pada calon batang kaki, tingginya bisa sobat tentukan sendiri, yaitu dengan cara" sayat kulit mengenai kayunya sedikit, kira kira panjang 25-30 mm dan buat runcing pada bagian ujung.
  • Selanjutnya buatlah sayatan pada bagian bibit utama, tingginya sesuaikan dengan sayatan pada calon batang kakinya.
  • Dalam proses penyayatan batang utama' dilakukan dengan cara" mengelupas kulit dan sedikit mengenaai kayunya, kemudian memotong kupasan kulit dan sisakan sedikit di bagian akhir, untuk menahan sambungan sisip calon batang kaki nanti. Panjang sayatan kira kira 30 mm dan lebar sesuaikan dengan sayatan calon batang kakinya.
  • Langkah berikutnya tempelkan antara batang utama dengan batang calon kaki di usahakan serapat mungkin tanpa ada celah antara batang utama dan batang calon kaki.
  • Selanjutnya ikat dengan tali plastik es lilin dari bawah keatas sekuat mungkin dan tanapa ada celah, sehingga air tidak bisa masuk.


Cara di atas berlaku untuk sambungan kaki pertama, dan utuk kai ke 2, dan seterusnya sambungkan dengan cara yang sama tapi letaknya di bagian atas sambungan pertama, kita kira berjarak 10 mm, dari sambungan pertama.

Lalu kaki ke 3 letakan di atas kaki ke dua, dengan jarak 10 mm, dan seterusnya sesuai dengan sobat mau menambahkan kaki berapa.

3. Pemriksaan dan perawatan


Utuk pemriksaan dan perawatan di sini dilakukan dengan cara"

  • Membuangi rerumputan atau gulma yang mengganggu tanaman.
  • Merompes setiap kali ada tunas baru yang tumbuh pada calon kaki.
  • Membuat peneguh/ penguat batang, dengan cara menancapakan kayu pada bagian tengah pohon utama dan mengikatkannya, bertujuan agar sambungan tidak goyah apabila terkena hujan dan badai, sehingga sambungan bisa menyatu dengan maksimal.
  • Membuat pagar pada sekeliling tanaman, bertujuan agar tanaman tersebut tidak terserang binatang mamalia seperti kambing, kerbau dan lain sejenisnya.
  • Menyiram dengan teratur 2x 1hari, atau sesuaikan dengan kelembaban tanah.

4. Penutup


Apabila langkah penyambungan sisip kaki ganda ini di lakukan dengan benar dan sesuai pasti akan berhasil. Dan pada usia sambungan menginjak umur 3-5 minggu biasanya kulit pada sambungan sudah menyatu, itu tandanya sambungan sobat sudah berhasil. Pada usia 2-3 bulan, tali ikatan bisa di lepas.
Intinya" terus dan terus mencoba sampai sobat bisa berhasil.

Sekian dulu artikel tentang" Cara Pembuatan Sambung Sisip Kaki Ganda utuk Tanaman" dari saya, semoga bisa bermanfaat, selamat mencoba' atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

10 Responses to "Cara Pembuatan Sambung Sisip Kaki Ganda untuk Tanaman"

  1. Penyambungan sisip kaki ganda, tahapan ini yang terasa sulit. Harus sering melakukannya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, sedikit harus menguasai triknya, dan kebiasaan mencoba itu yang bakalan menjadi suksesnya.

      Delete
  2. Tampilannya jadi unik gitu ya, seoalah berkaki banyak, pantas saja harus bibit yang benar-benar baik kayaknya rentan mati ya pohonnya, karena harus di sayat-sayat utk mendapatkan kaki-kakinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru kalau akar gandanya sudah menyatu...malahan jadi kuat mba, bukan rentan..heer

      Delete
  3. pengetahuan baru bagi saya nih mas.

    biasanya yg saya tau cuman stik dan sambung batang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, mas yanto" silahkan di praktekan..hee

      Delete
  4. sangaT MENARIK MAS BOLEH SAYA pelajari nih pengalaman baru salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di pelajari dan di praktekan semoga berhasil.

      Delete
  5. dulu aku berapa kali mencoba hal ini tidak pernah berhAAasil mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti belum ketemu selahnya mas,,,di coba terus nanti juga bisa mas...cara cobanya pakai tanaman yang biasa aja mas..jadi ngga rugi.

      Delete