GANTI BAHASA

20 Macam Jenis Cabai yang Ada di Dunia

Cabai merupakan bahan pelengkap masakan yang menjadi faforit bagi para pencinta masak memasak, yang apabila kekurangan bahan yang satu ini masakan kurang nampol,,menutut orang yang suka dengan cabai,, lain dengan orang yang kurang suka, cabai merupakan musuh terbesar bagi mereka.

Keberadaan cabai di dunia ini mempunyai beraneka ragam jenis yang sangat banyak, terutama di indonesia sendiri terdapat cabai yang terkenal yaitu" cabai rawit merah, rawit hijau, cabai merah kriting, cabai merah besar dan lain sebagainya.

Itu baru di indonesia, masih banyak lagi jenis cabai di luar sana yang di miliki oleh masing masing negara, sesuai dengan keadaan iklim dan cuacanya.

Nah" setelah saya kemarin menerangkan cara budidaya cabai rawit, sekarang' tujuan saya menuliskan artikel ini utuk memberi perkenalan berbagi macam cabai yang ada di dunia, yang mana info ini saya ambil dari berbagai sumber seperti koran, tv , radio, dan dari hasil pencarian mbah kesayangan saya yaitu mbah google.

Okey", tidak perlu berpanjang lebar kita langsung saja ketopik pembahasan, yaitu" macam macam cabai di dunua, simak baik baik dan cermati ya' sob"

20 Macam Jenis Cabai yang Ada di Dunia


www.dwisangpetani.com
Jenis jenis cabai
Gbr dari google
Gambar di atas adalah jenis jenis cabai dan gambarnya utuk keterangan no 1 - 6


1. Cabai Rawit


Cabai ini banyak di temukan di wilayah Asia, terutama di indonesia, mungkin di sebut dengan cabe rawit karena bentuknya yang lebih kecil dan termasuk jenis cabai rawit super pedas. Cabai rawit di sebut juga dengan thai pepper bird's. Cabai ini di sebut juga dengan" jenis cabai rawit unggul".

Ciri ciri cabai rawit

  • Bentuknya lebih kecil dari pada cabai merah maupun cabai keriting.
  • Mempunyai rasa yang lebih pedas dari cabai kebanyakan.
  • Warna buah hijau pekat dan apabila tua banget warnanya berubah merah.


Manfaat cabai rawit

  • Digunakan sebagai teman lalap saat menyantap gorengan.
  • Membuat sambal, sambal rujak dan lain lain.


2. Cabai Merah Besar


Ciri ciri cabai merah besar

  • Memiliki bentuk tubuh yang besar meruncing membentuk kerucut.
  • Rasanya kurang pedas.
  • Apabila muda berwarna hijau tua dan berwarna merah ketika sudah masak( tua sekali).
  • Mempunyai kulit yang tebal berbiji sedikit.


Manfaat cabai merah besar

  • Digunakan debagi campuran pembuatan saos.
  • Sebagai hidangan ikan bakar.
  • Pelengkap masakan tumis.
  • Buat pelengkap sesaji ( menurut orang dulu).


3. Cabai keriting


Cabai jenis ini biasanya di budidayakan di tanah tegalan, yang bisa terkena sinar matahari langsung. Tanaman cabai keriting, biasanya di budidayakan oleh petani dengan sekali panen, mungkin karena panen yang ke2 tidak memuaskan jadinya sekali panen.

Ciri ciri cabai keriting
Buahnya panjang dan mengriting

  • Ukuranya lebih kecil daripada cabe merah besar.
  • Rasanya kurang pedas.
  • Bentuk buahnya, panjang mengriting, dan mudah kering.

Kegunaan cabai keriting

  • Di jadikan sebagai bahan pelengkap pembuatan saos.
  • Sebagai penghias ikan bakar.
  • Untuk pelengkap masakan tumis.


4. Cabai setan (cabai jablai)


Cabai ini merupakan jenis cabai rawit unggul, juga jenis cabai rawit super pedas. Sehingga di indonesia terkenal sebagi salah satu jenis cabai yang paling mahal, walau pun harganya turun naik.

Ciri ciri cabai Setan / jablai

  • Bentuknya pendek tidak sepanjang cabai merah besar dan cabai keriting.
  • Buahnya pipih dan keriput pada kulitnya.
  • Rasanya super duper pedas ( pedas banget)


Kegunaan cabai setan / jablai

  • Bisa di gunakan sebagi pelengkap makanan yang berciri khas pedas.
  • Di keringkan sebagai bahan cabai bubuk alami, yang sangat pedas.
  • Di percayai apabila memakan cabai ini, bisa mencegah" kanker, rematik, menurunkan kolesterol dan darah tinggi.


5. Cabai Rocoto


Cabai jenis ini bentuknya mirip dengan tomat, yang membedakan rasanya yang agak pedas.
Cabai jenis ini banyak di temukan di daerah peru, bolivia, cilli, Argentina utara dan Ekuadir.

Ciri ciri cabai rocoto

  • Bentuknya mirip dengan tomat, berbiji mendompol, dan bijinya berwarna kelabu gelap.
  • Rasanya kurang pedas. Berdaging tebal dan berair.


Kegunaan cabai ini, bisa di gunakan sebagai pelengkap pembuatan sambel , dengan menambahkan cabai yang berjenis pedas.

6. Cabai katur


Ciri ciri cabai katur

  • Apabila berbuah buaahnya menjulur ke atas.
  • Warnanya buah kuning apa bila muda, sedangkan merah sedikit pekat saat buah suda tua.
  • Bila di tekan buahnya keras, karena terlalu banyak biji.
  • Rasa buah sedikit pedas tapi tak sepedas cabe rawit.


Kegunaan cabai katur ini, tidak jauh beda dengan cabai rawit, yaitu" sebagi lalapan makan gorengan, sebagai bahan tumis sayuran dan lain lain.

Berikut adalah jenis jenis cabai dan gambarnya untuk keterangan no 7 - 12

www.dwisangpetani.com
Jenis jenis cabai
Gbr dari google

7. Cabai numex twilight ( boluvian rainbow)


Jenis cabai ini bisa di bilang jenis jenis cabai hias, karena bisa menghasilkan buah yang warna warni seperti pelangi. Cabai jenis ini di kembangkan oleh Mexico setate university.

Ciri ciri cabai numex

  • Hampir mirip dengan cabai katur, yaitu buahnya menjulur ke atas.
  • Buahnya keras berbiji, dan rasanya kurang pedas.
  • Warna buah, ber warna warni seperti pelangi.


Kegunaan cabe numex twilight
Bisa di jadikan hiasan taman.
Bisa juga untuk campuran masakan pedas.

8. Cabai jalapeno ( capsicum annuum)


Jenis cabai ini berasal dari meksico, jalapeno juga terkenal dengan versi keringnya yang di sebut chipotles.

Ciri ciri cabai jalapeno

  • Ketika muda berwarna hijau dan merah kalo sudah tua, berbentuk mirip dengan peluru.
  • Rasanya pedas menggigit.


Kegunaan cabai jalapeno

  • Digunakan sebagi acar, yang di kemas dalam kaleng.
  • Bisa di masak dengan minyak sayur.
  • Bisa di keringkan yang di sebut chipotles.


9. Cabai gendol / gendot


Cabai ini mempunyai banyak nama julukan, di setuap daerah pembudi dayaanya, seperti" di jawa barat' disebut dengan cabai gendot atau bendot, sedangkan di jawa tengah disebut cabai gendol. Pembudidayaan terbesar cabai ini yaitu terletak di meksico yaitu di daerah" yucatan, campechi dan quintanaro.

Ciri ciri cabai gendol

  • Bentuk buahnya pendek menggembung.
  • Mempunyai aroma yang has, perpaduan antara buah dan bunga.
  • Rasanya cukup pedas tapi tidak sepedas cabai jablai.
  • Warna buah kuning keorangean.


Cabai jenis ini di gunakan oleh orang sunda sebagi masakan tumis tumisan yang pedas.

10. Bell pepper atau paprika


Ciri ciri cabai paprika

  • Bentuknya unik, mempunyai warna hijau, kuning orange, dan merah.
  • Rasa buah ini apabila masih hijau agak sedikit pait, dan apabila tua agak pedas, seperti manis sedikit.


Kegunaan cabai paprika/ bell pepper
Bisa di jadikan bahan pelengkap pembuatan pizza, dan utuk mempercantik hidangan makanan.

11. Phimentho atau cabai cheri


Ciri cirinya

  • Bentuknya besar lonjong bulat, hampir mirip dengan buah ceri.
  • Ukuran buah panjqng 5-7 cm dan lebar 7- 10 cm.
  • Jenis cabai ini, berkulit tebal agak pedas dan berair.


Kegunaan cabai ini biasanya di gunakan sebagi pelengkap masakan tumis.

12. Serrano pepper


Ciri ciri cabai serrano pepper

  • Memiliki rasa yang sedikit pedas dibanding jalapeno.
  • Buahnya berwarna hijau tua, berkulit sedikit tebal dan berbiji


Cabai jenis ini banyak di gunakan sebagai tumis masakan daging.

Berikut adalah jenis jenis cabai dan gambarnya utuk keterangn no 13 - 18


www.dwisangpetani.com
Jenis jenis cabai
Gbr dari google

13. Anaheim pepper


Jenis cabi ini mempunyai nama yang sebenarnya sesuai dengan habitat tempatnya atau daerahnya. Konon seorang petani bernama emilio ortega membawa cabai ini sekitar tahun 1900, ke daerah anaheim, dan di budidayakan di sana.

Ciri ciri cabai anaheim

  • Bentuknya licin bulat memanjang, seperti pelor.
  • Buah berwarna hijau mengkilap.
  • Rasanya sedikit pedas, berkulit agak tebal.


Cabai ini bisa di manfaatkan sebagi lalapan, dan campuran masakan tumis.

14. Cayenne atau guinea pepper


Cabai ini berasal dari cayenne di french Guiana. Cabai ini merupakan cabai merah yang pedas, tak heran kalo masyarakat setempat menjadikan cabai ini sebagai bumbu bubuk pedas.

15. Red savina pepper


Cabai jenis ini merupakan cabai khusus, dari varietas habanero. Kemudian di kembangkan secara khusus sebagai jenis cabai super pedas. Cabai red savina ini di kembangkan oleh frank gracia di California. Utuk tehnik bembudidayaanya sampai saat ini belum di beberkan ke umum ( masih rahasia).

16. Bisohop Crown pepper


Jenis cabai yang satu ini bentuknya unik dan murip debgan cengkih. Cabai ini dikenal juga dengan nama perufian hot pepper. Yang mungkin kalo menurut namanya tanaman ini berada di peru, dan rasanya yang pedas panas.

17. Chilli tepin


Jenis cabai ini merupakan tanaman liar yang tumbuh di negara amerika tengah meksiko, dan barat daya USA. Cabai ini sering di sebut " ibu dari cabai segala cabe, karena merupakan varietas tanaman cabai tertua. Cabai ini dinamakan tepin di daerah texas, dan di resmikan sebagai tanaman asli texas pada tahun 1997.

18. Datil pepper


Cabai ini banyak di budidaya di daerah st. Augustine florida. Cabai ini asalnya dari Cuba, pada tahun 1880 di bawa oleh seorang pembuat jeli bernama, F.B valls. Cabai ini mirip sekali dengan cabai setan / jablay, yang membedakan apabila tua berwarna orange.

Berikut adalah gambar cabai untuk keterang no 19 - 20

www.dwisangpetani.com
Jenis jenis cabai
Gbr dari google

19. Peter pepper

Cabai jenis ini tergolong cabai langka, karena bentuk buahnya menyerupai anunya laki laki. Jenis cabai ini ditemukan di daerah texas bagian louisiana dan sebagian di meksico, kemudian dipopulerkan okeh frank x. Tolbert. Karena tanaman cabai ini mempunyai ranting yang cukup tinggi sehinga sangat cocok untuk" jenis jenis cabai hias". Rasanya pun tak kalah dengan cabai cabai pedas lainya.

20. Cabai thai pepper


Cabai ini banyak di temukan di daerah asia, seoerti thailand, indonesia dan lainya. Cabai ini mirip sekali dengan cabai rawit pada umumnya, rasanya pun cukup pedas.

Banyak di tonton
Vidio Beraneka Macam Jenis Cabi yang Lagi Populer di Indonesia.

Sekian dulu informasi mengenai 20 Macam Jenis Cabai yang Ada di Dunia semoga bisa menambah wawasan sobat tentang' aneka macam cabai di dunia. Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

22 Responses to "20 Macam Jenis Cabai yang Ada di Dunia"

  1. kalau untuk adik sih, yang pedes pedes itu sama aja, namanya cabe. cumabeda tempat asalnya aja mungkin ya kak :D.
    baru tahu ada cabe yang seukuran tomat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia..bener mas, biasanya di pengaruhi oleh iklim di suatu negara tersebut,,yang bikin beda.

      Delete
  2. bagiku yang paling menantang yg cabai setan mas. pedes banget rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya penggemar makanan pedas nih mas beny,,cabai setan atau jablay,,,memang dasyat mas pedasnya..

      Delete
  3. Saya hanya tahu 3 jenis cabe ajah.. yang lainnya ora mudeng mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa...adminya,,,aja tau macam jenis cabai' baru baru ini mas,,,heee

      Delete
  4. mantap nih cabenya kalau nggak ada sambel rasanya lemes nggak bergairah makannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas" keberadaan cabai memang sangat penting nih buat kehidupan...ia ngga mas.

      Delete
    2. iya mas soalnya kalau dingin-dingin nggak ada yang pedes nasi nggak mau masuk eh iya daerah mana mas tempat tinggalnya

      Delete
    3. Haaa...padahal tinggal nelen, kalo makanan itu tidak pedes, susah ya mas masuknya" asli saya kebumen, kalo sekarang di tanah perantauan, bekasi.

      Delete
    4. saya di Sulawesi Selatan Mas orang bugis Pinrang tapi koncoku jowo kabe mas Salam kenal

      Delete
  5. Ternyata banyak juga nama cabai. Saya hanya tau cuman tiga cabai saja. Cabe rawit, cabe merah dan cengek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haa,,,asal jangan cabai cabaian aja mas...heee

      Delete
  6. kurang satu lagi mas, cabai cabaian haha. tapi tetap senang dengan cabai rawit kalau saya soalnya baunya itu khas banget buat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mas..cabai rawit' top markotop...heee

      Delete
  7. 20 Macam Jenis Cabai , berarti saya sering makan masakan yang mengandung thai pepper ini ya mas....
    terus mas admin tau nggak ? kenapa cabe yang tadi waktu masih muda warnanya hijau, kalau sudah tua warnanya jadi merah, siapa yang mengecatnya ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa,,,mungkin pas orang lagi ngecat kejatuhan kali mas,,heeee

      Delete
  8. datang lagi mas dwi belajar cabe lebih teliti mumpung gratis nggak bayar

    ReplyDelete
  9. Kayaknya dari semua cabe di atas yang paling cocok buat gorengan si cabai Rawit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, memang cabai rawit yang paling jos utuk lalapan..

      Delete