GANTI BAHASA

Cara Mudah Mempersiapkan Lahan Tanam

Dalam pertanian' pengolahan tanah itu sangat penting, untuk memaksimalkan produktifitas mekanisme unsur hara dalam tanah. Sehingga apabila digunakan utuk menanam, akan terlihat hasil tanaman yang bagus, subur dan tentu hasilnya pun memuaskan.

Lahan tanam' merupakan faktor penentu antara baik buruknya sebuah tanaman yang mau di budidayakan oleh para petani.

Karena sumber pokok makanan tumbuhan sebagian besar berasal dari tanah dan para petani pun harus bisa memberikan makanan terbaik utuk tanaman tersebut, yaitu salah satunya dengan mempersiapkan lahan tanam dengan cara pengolahan tanah.
www.dwisangpetani.com
Persiapan lahan
Gbr dari google

Dalam bidang pertanian, persiapan lahan tanam ada 2 macam jenis' yaitu di sesuaikan dengan lokasi dan jenis tanaman itu sendiri, yang di antaranya yaitu" lahan kering dan lahan basah, mari' akan saya jelaskan satu persatu.

Cara Mudah Mempersiapkan Lahan Tanam


1. Lahan Basah


Lahan basah atau wetland adalah suatu lahan yang mana tanahnya sebagian besar bercair atau tergenang oleh air. Baik itu lahan tadah hujan atau irigasi semua sama' termasuk lahan basah.

Kebanyakan pertanian yang memanfaatkan lahan basah ini adalah petani padi, petani kangkung air dan genjer. Yang mana jenis tanaman ini cocok di budidayakan di tanah yang tergenang air. Dalam penyiapan lahan basah ini, dilakukan melalui 2 priode yaitu" pada saat musim kemarau dan musim penghujan.

Berikut cara menyiapkan atau mengolah lahan yang baik, utuk jenis pembudidayaan dengan lahan ini"

a. Pada musim kemarau

Apa yang perlu di lakukan pada saat musim kemarau bagi para petani dalam persiapan lahanya..? Langkah langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Tebarkan jerami kering sisa pemanenan padi di atas permukaan tanah lahan.
  • Apabila di rasa sudah merata kemudian, langkah berikutnya adalah membakar jerami tersebut.
  • Taburkan pupuk kompos organik, seperti" kotoran kambing, sapi, dan ayam, ke seluruh bagian lahan.
  • Tujuan di lakukan semua itu di atas adalah" penyiapan pupuk dasar, yang nantinya pada saat air datang atau hujan pada musim penghujan, unsurhara yang terdapat pada pupuk tersebut dapat terserap oleh tanah, dan di sempurnakan dengan pembajakan dengan traktor.

b. Pada musim penghujan

Langkah yang perlu dilakukan dalam penyiapan lahan tanam pada saat musim penghujan ialah"


  • Pembajakan, bisa di lakukan dengan mesin seperti traktor, atau bisa dengan di cangkul.
  • Penampingan, penampingan adalah membersihkan rumput ruput yang keluar dari pembatas sawah atau orang jawa bilang galengan.
  • Perataan tanah dan pengairan yang cukup, tanah yang di rasa belum merata sebaiknya di ratakan, dan ukuran air harus di setandarkan jangan terlalu banyak, sehingga bibit apabila di tanam tidak tergenang dan mati.

Persiapan lahan tanam selajutnya yaitu"

2. Lahan Kering


Lahan jenis ini mempunyai kandungan air sedikit, bahkan ada juga yang gersang. Lahan kering kebanyakan di manfaatkan oleh petani untuk berkebun, buah buahan dan sayur sayuran, juga kacang kacangan.

Adapun ciri ciri dari lahan kering ini yaitu"

  • Kandungan air sedikit.
  • Tanahnya cendrung lebih labil dan mudah erosi.
  • Terletak di dataran tinggi kira kira 500 - 1500 diatas permukaan air laut.
  • Mengandalakan perairan dari hujan dan penyiraman.


Lahan kering cendrung banyak di gunakan untuk menanam, karena letak dan tempatnya mudah untuk di jangkau dan sangat erat hubunganya dengan masyarakat.

Dalam hal persiapan lahan tanam, menggunakan lahan kering ini di bagi menjadi 2 bagian yaitu"

a. Lahan luas

Yang di maksudkan dengan lahan luas di sini yaitu lahan yang akan di gunakan secara langsung untuk berbudidaya atau berkebun dengan kapasitas yang tidak terbatas. Lahan luas meliputi, tegalan, pekarangan, dan hutan.

Adapun lahan luas yang di maksudkan di atas, cara penyiapanya adalah sebagi berikut"

#. Utuk tanaman sayuran dan kacang kacangan

  • Bersihkan semua rerumputan yang tumbuh di area lahan.
  • Taburkan pupuk organik (kotoran kambing, sapi, ayam) dan lain sebagainya.
  • Kemudian cangkul dan haluskan lahan, agar tanah tercampur dengan pupuk dasar organik tersebut.
  • Buatlah bedengan dengan memanjang lebar 125 cm dan panjang sesuaikan dengan lahan.
  • Taburkan kapur dolamit untuk menetralkan kandungan pH dalam tanah.
  • Kemudian siram dengan kocor air 1hari 2 kali, dan lahan siap utuk di tanami.

#. Utuk tanaman buah buahan

  • Seperti biasa bersihkan rerumputan yang tumbuh di area lahan.
  • Tentukan berapa titik pada lahan, sesuaikan dengan target' berapa tanaman bibit buah yang akan di tanam.
  • Buatlah galian, dengan p × l × t = 100 cm × 100 cm × 50 cm.
  • Kemudian pada lubang siram dengan jenuh air, kalo bisa air sampai meluap.
  • Larutkan granul atau bisa juga dengan insektisida kedalam satu ember 50 liter' aduk terus siramkan ke dalam lubang galian, diamkan sampai air surut, bertujuan agar hama pada tanah tidak datang.
  • Campurkan tanah galian dengan pupuk dasar organik seperti kotoran hewan, ayam dan juga sekam padi, dengan paduan 50% tanah galian, 30% pupuk kompos organik, 20% pasir ber krikil.
  • Selanjutnya urugan kembali tanah galian yang sudah di suburkan ke dalam galian sampai penuh.
  • Larutkan kapur dolamit kedalam air sesuai takaran, kemudian siramkan ke tanah urugan tadi, bertujuan untuk menetralkan pH dalam tanah.
  • Biarkan selama 1 minggu sampai suhu udara kembali normal baru bisa di tanamai.

b. Lahan sempit

Lahan sempit adalah lahan yang di gunakan utuk bercocok tanam dengan kapasitas terbatas, seperti di pekarangan sekitar rumah. Biasanya lahan ini sering di gunakan utuk berkebun menggunakan media hidroponik dan media pot.

Utuk cara budidaya dengan hidrooponik silahkan klik" cara mudah membuat dan menanam dengan hidroponik.

Selanjutnya saya akan membahas persiapan lahan tanam dengan media pot.
Adapun alat yang di perku di siapakan yaitu"

  • Sebuah pot, sobat bisa memakai bekas ember, atau drum yang di potong, atau juga beli pot di pasar, sebagai tempatnya.
  • Pecahan genting atau pecahan batu bata. Dengan cara di hancurkan berkeping keping.
  • Pupuk organik ( kitoran hewan, unggas). Sobat bisa membuat pupuk organik sebdiri.
  • Tanah humus berpasir. 


Cara penyiapanya

  • Ambil pot, beri lubang pada dasar pot, sekitar 6 - 8 lubang, bertujuan utuk pembuangan air dan sirkulasi udara.
  • Taruh potongan kecil kecil genteng atau bata pada dasar pot.
  • Campurkan tanah humus berpasir dengan pupuk organik, dengan takaran 60% tanah humus berpasir dan 40% pupuk organik. Kemudian masukan ke pot sampai penuh.
  • Siramkan larutan kapur dolamit ke pot dan tunggu sekitar 1 minggu sampai suhu udara dalam pot normal baru bisa di tanami.

Penutup


Kalo semua cara di atas di lakukan dengan benar, di pastikan tanaman sobat bisa tumbuh subur. Cara di atas sudah di lengkapi dengan pupuk dasar, sobat bisa menambahkan beraneka ragaman pupuk susulan yang lain, apabila tanaman sudah mengijak dewasa dan siap di buahkan dengan membaca aturan pakainya.

Sekian dulu Cara Mudah Mempersiapkan Lahan Tanam dari saya" semoga bisa membantu dan bermanfaat, TERIMAKASIH.

10 Responses to "Cara Mudah Mempersiapkan Lahan Tanam"

  1. Dulu aku sebelum kerja biasanya nanam cabee bareng bapak. setiap sore haus sirami, capek banget. oiya, kalo perawatannya buruk maka hasilnya juga gak maksimal ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas..oky perawatan dan pemupukan mejadi prioritas utama, dalam bercocok tanam mas..

      Delete
  2. Jadi akan lebih baik dipisah pisah ya mas? Supaya menghasilkan tanaman yang lebih subur gitukan mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali mba nel,,di samping itu, kalo lahan di buat bedengan,,atau seperti kata mba nel di pisah pisah itu, bertujuan pula agar dalam merawat tanaman lebih gampang, jadi tanaman tidak ke injak injak, juga untuk tempat penampungan air apabila hujan terlalu deras,sehingga tanaman tidak kebanjiran.

      Delete
  3. Ayah juga sering pisah2kan tanah klau mau nanam sayur dalam pot, sempat juga berpikir tapi nggak tanya kok di pisah2 gitu.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia.mba,,penjelasanya sama seperti pertanyaan mba" nelisa di atas, mantep dong ayah mba wulan,,kayanya seorang petani yang sukses nih,,boleh dong belajar sama beluau..heee

      Delete
  4. Sesuatu dari hasil tani jangan di anggap enteng, 90% dari hasil tani telah menyumbang keberlangsungan hidup manusia dalam dunia ini, mulai sekarang saya akan belajar banyak tentang tani dari mas admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas, pertanian juga bisa di jadikan kerja sambilan..lo mas,,di samping rutinitas kerja yang lain...selamat belajar mas.

      Delete
  5. Aku coba tanam cabe rawit di pot, kelihatannya subur tanahnya aku campur pupuk kandang
    semoga sampai berbuah, meski cuma tiga pot lumayan pedes kalau berbuah nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia betul mba" maya" lumayan,,di samping buat hiasan rumah, bagus juga apabila mau masak jadi ngga perlu beli cabai,...

      Delete