GANTI BAHASA

Aneka Ragam Jenis Mangga Terpopuler di Indonesia

Menurut wikipedia' mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah yang sama dengan nama pohonya, tanaman jenis ini termasuk kedalam marga mangifera yang terdiri dari 35 - 40 anggota dari suku anacardiaceae, yang mempunyai nama ilmiahnya mangifera indica.

Tanaman mangga merupakan tanaman tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus" yaitu tanaman berkayu yang mempunyai tinggi batang di atas 5 meter bahkan bisa mencapai 10 - 40 meter lebih.

Awal mula nama mangga dari kata malayalam dan maanga. Kemudian kata ini di padankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga. Berasal dari perbatasan India dan Burma, kemudian menyebar sampai ke Asia tenggara, sekurangnya semenjak tahun 1500 yang silam, buah ini juga dikenal dengan bahasa jawa pelem atau poh.

Untuk di Indonesia sendiri banyak sekali macam buah mangga, tapi yang banyak di kenal dan populer dalam masyarakat ada beberapa bagian saja, mukin karena jenis mangga yang lain kualitasnya jelek atau bagaimana itu yang tidak saya pahami.

Baiklah sobat' kita mulai saja, tentang jenis mangga yang lagi populer di indonesia, yang di antaranya yaitu"

Aneka Ragam Jenis Mangga Terpopuler di Indonesia

www.dwisangpetani.com
Jenis jenis mangga
Gbr dari google

1. Mangga Arumanis

Jenis buah mangga ini berasal dari jawa timur tepatnya di probolinggo, kecamatan Gading, desa condong. Tapi sekarang sudah menyebar sampai pelosok tanah air, mungkin karena rasanya yang khas harum dan manis ini membuat masyarakat tertarik untuk menanamnya.

Ciri ciri mangga Arumanis

  • Buahnya berbentuk jorong, sedikit berparuh dan ujungnya meruncing, pangkal buahnya berwarna sedikit ungu kekuningan dan yang lain berwarna hijau.
  • Berkulit tipis, kelihatan bintik bintik, kelenjar berwarna keputihan dan sedikit berlilin.
  • Dagingnya tebal, berwarna kekuningan, lunak, tidak berserat dan sedikit mengandung air.
  • Buahnya rasanya harum dan manis, berbiji tipis dan lonjong, memiliki panjang antara 13 - 14 cm.
  • Panjang buah bisa mencapai 15 cm, berat 1 buah mencapai 450 gr.


2. Mangga Mana Lagi

Mangga manalagi adalah salah satu jenis varietas dari mangifera indica, yang menjadi primadona masyarakat, mangga ini terbagi menjadi 2 jenis yautu" manalagi besar yang berasal dari situbondo, dan manalagi kecil berasal dari kraksaan.

Ciri ciri mangga manalagi
  • Buahnya apabila tua, berwarna hijau tua kelabu, berkulit tebal bertutup lapisan lilin. Apabila matang, pangkal buah berwarna kuning sedangkan ujung buah berwarna tetap hijau, berbintik keputihan dan pada bagian tengah buah berwarna kecoklatan.
  • Buahnya berdaging tebal, berserat halus' bahkan sampai seperti tidak berserat.
  • Daging buah berwa kuning, rasanya manis dan lezat.
  • Segi tanamanya tidak terlalu tinggi, kira kira 8 - 12 m dari hasil setek, berdaun sedang, bentuk lonjong, berujung runcing, pangkal daun lebar sedikit berombak, panjang daun sekitar 25 cm lebar 7,5 cm. Pada daun muda (pupus) berwarna kuning muda.


3. Mangga Indramayu


Sebetulnya bingung nih' mau ngasih keterangan tentang mangga indramayu, soalnya mangga indramayu banyak jenisnya, mungkin karena di daerah ini cukup bagus untuk pertanian mangga' kali ya,,' jadinya banyak jenis mangga ada di sini.

Tapi saya akan mengambil yang ciri hasnya saja, atau mangga yang paling unggulan di kabupaten Indramayu ini, ada 2 jenis mangga indramayu yang populer di indonesia' yang di antaranya yaitu"

a. Mangga Cengkir

Jenis mangga ini merupakan khas asli Indramayu, karena sudah mempunyai sertfikat yang di keluarkan dan di akui oleh semua pihak.

Ciri ciri mangga cengkir Indramayu

  • Bentuk buahnya bulat lonjong, berkulit tebal, apabila tua kulitnya warnanya hijau muda, dan hijau kekuningan kalo sudah matang.
  • Berdaging tebal sedikit berserat, warna daging kuning tua dan orange, berbiji lonjong pipih panjang 13-14 cm dan panjang buah mencapai 15 cm, dengan berat 450 perbuah.
  • Rasanya manis dan kering, tidak terlalu banyak air.


b. Mangga Gedong gincu indramayu

Jenis mangga ini memang sangat menarik, di percantik dengan tampilan buah yang berwarna warni, di mulai dari pangkal buah berwarna merah orange, kuning, dan hijau muda ini sehingga sangat menarik dan kesanya menggemaskan untuk di santap.

Tak heran bila jenis mangga gedong gincu ini di bandrol dengan harga yang tinggi, karena rasanya yang manis, dan warna buah yang sangat cantik. Buah gedong gincu ini adalah sangat berkualitas sehingga banyak di ekspor keluar negri.

Menjadikan banyak daerah sekitar yang berlomba lomba berbudidaya mangga ini, seperti Cirbon, Majalengka, Sumedang, dan sekitarnya.

Ciri ciri mangga gedung gincu

  • Memiliki bentuk buah yang bulat lonjong, besar buah kira kira sebesar buah pir, dengan panjang di perkirakan 10 - 12 cm dan berat 200 gr/ buah.
  • Kulit berwarna warni, mulai dari merah ke orangean, kuning, sampai hijau kekuningan, kulit berukuran tipis.
  • Daging buah berwarna kuning kemerahan, berserat halus, rasanya manis dan wangi.


4. Mangga Golek


Jenis mangga ini banyak dibudidayakan di daerah probolinggo dan pasuruan, kepopuleran mangga ini sungguh luar biasa, sampai sampai mentri pertanian mengumumkan' bahwa varietas jenis mangga golek ini menjadi salah satu mangga lokal yang unggul.

Ciri ciri mangga golek

  • Memiliki bentuk buah yang panjang dan besar bisa menncapai lengan orang dewasa. Apabila muda berwarna hijau bintik putih, kalo sudah tua dan matang berwarna kuning pada pangkal buah, hijau kekuningan pada ujung buah, berkulit sedang tidak terlalu tebal.
  • Daging buah tebal, berwarna kuning menuju orange, kenyal tidak berserat dan rasanya manis.
  • Berbiji tipis panjang kira kira 15-17cm dan panjang buah bisa mencapai 20cm.


5. Mangga Apel


Jenis mangga ini disebut mangga apel, mungkin karena bentuk buahnya yang seperti apel, dengan warna yang merah kebiruan menyerupai apel.

Mangga apel digemari masyarakat biasanya untuk di tanam di depan rumah, karena saat berbuah bisa menghasilkan buah yang sangat banyak, jadi kesanya ramai.

Biarpun banyak yang menanam, tapi buah mangga ini jarang di gemari masyarakat karena rasanya yang kurang manis ( masam) apalagi kalo masih muda masem banget. Paling cocok untuk di rujak.

6. Mangga madu


Jenis mangga ini banyak di budidayakan di daerah probolinggo , mungkin karena di daerah sana sangat bagus untuk tanaman mangga ini, biarpun tanaman ini bisa tumbuh dan berbuah di daerah manapun.

Ciri ciri mangga madu

  • Buahnya bulat lonjong sedikit mengecil pada bagian ujung buah. Berkulit tipis apa bila matang kulit menguning kehijauan.
  • Daging buah tebal, berwarna kekuningan dan kuning tua pada bagian dalam, rasanya manis dan menggigit seperti madu, berserat sedikit dan sedikit mengandung air. Beraroma harum dan biji berserat pendek.
www.dwisangpetani.com
Jenis jenis mangga
Gbr dari google


7. Mangga lali jiwo


Jenis mangga lali jiwo merupakan tumbuhan endemik jawa, tanaman jenis mangga ini tumbuh dengan baik di jawa barat (indramayu), jawa timur (probolinggo), juga jawa tengah ( semarang juga yogyakarta).

Nama lali jiwo berasal dari kata "lali" yang berarti lupa" dan jiwo berarti jiwa (diri), konon katanya kalo makan mangga lali jiwo, akan lupa jiwa atau lupa diri, mungkin karena rasanya yang manis dan wangi.

Ciri ciri mangga lali jiwo

  • Bentuk buah sedikit membulat pada bagian ujungnya, dengan panjang 7 cm, berparuh dan terlihat ada lekukan sedikit.
  • Berkulit sedikit tebal, apabila sudah tua terlihat bintik putih ke hijauan dan apabila matang, kulit hijau ketuaan dengan bintik putih kebiruan.
  • Daging buah berwarna kuning sedikit berserat, rasanya manis.


8. Mangga kweni


Jenis mangga ini populer dengan tanaman mangga pekarangan, mangga kweni di sukai orang karena rasanya yang segar manis asem dan beraroma khas , sehingga banyak di gunakan sebagi campuran utuk es campur.

Curi ciri mangga kweni

  • Buahnya harum dan sangat menyengat di hidung, berdaging buah padat dan berserat halus, beraroma wangi, danging buah berwarna kuning agak jingga.
  • Rasa buah manis asam, berserat dan banyak mengndung air.
  • Bentuk buahnya lonjong miring, warna kulit hijau kekuningan, berkulit tebal berbintik kecoklatan.
  • Pohon berukuran sedang, tinggi antara 10 - 15 dan sampai 20, berdaun tunggal, lebar dan panjang kira kira 4 x 10 cm ujung daun melancip.


9. Mangga Endog


Jenis mangga ini dikenal karena bentuk fisik buahnya yang kecil seperti Endog, dalam bahasa jawa kata endog itu berarti telor, jadi mangga ini menyerupai telor.

Ciri curi Mangga Endog

  • Buah berbentuk bulat lonjong kecil menyerupai telor, berat buah rata rata 200gr dengan panjang 7 cm, pangkal buah membulat sedikit berparuh dan tidak memiliki lekuk.
  • Permukan kulit apabila tua menguning, halus berlilin dan terlihat bintik putih kebiruan.
  • Daging buah berwarna kunig, berserat agak kasar, sedikit mengandung air dan rasanya kurang begitu manis di banding mangga manalagi.


10. Mangga Pakel


Tinggi pohon anatara 20 -25 m, bertajuk membulat berdiameter 10 m, dan berdaun bergelombang panjang mencapi 35 cm lebar 15 cm.

Ciri ciri mangga pakel

  • Buah bulat sedikit lonjong, berwarna hijau kelabu, berbintik kecoklatan dan bergetah.
  • Daging buah berserat kasar, banyak mengandung air, rasanya manis asam bercampur rasa terpentin. Mempunyai aroma khas yang kuat, cocok di gunakan untuk jus atau es campur.


11. Mangga Malgova


Buah mangga jenis ini merupakan buah yang di tanam di indonesia, cuma jarang peminatnya. Padahal mangga malgova ini sering berbuah.

Ciri ciri mangga malgova

  • Buahnya berbentuk bulat sedikit elips, seperti buah apel, berkulit hijau tua dan menguning pada pangkalnya apabila buah sudah masak.
  • Daging buahnya cukup tebal, berwarna kuning muda, dan mengandung banyak air.
  • Rasa daging buah asam apabila muda, namun apabila di petik dalam keadaan matang di pohon rasanya lumayan manis.


12. Mangga Gajah


Mangga gajah sebetulnya masih sejenis dengan mangga Arumanis, rasa dan aromanya pun mirip dengan arumanis, cuma yang membedakan yaitu struktur buahnya, mangga gajah ini lebih besar dari pada mangga Arumanis, bahkan lebih besar dari jenis mangga mangga yang lain.

Mangga gajah ini terkenal dengan nama mangga gajah indramayu, jadi apabila sobat penasaran, silahkan datang ke indramayu, atau lewat saja, nanti di setiap pereng jalan kabupaten indramayu beraneka macam buah mangga terpajang dan siap untuk di beli.

Baca juga
Tips variasi tanaman mangga lain jenis dan cepat berbuah

Menurut wikipedia' vitamin yang terkandung dalm buah mangga adalah"
www.dwisangpetani.com
Suber wikipedia

Demikian ulasan tentang Aneka Ragam Jenis Mangga Terpopuler di Indonesia dari saya, semoga bisa bermanfaat, ya paling tidaknya menambah wawasan sobat dalam mengenal macam mangga lebih jauh.
Sekian dan TERIMAKASIH.

18 Responses to "Aneka Ragam Jenis Mangga Terpopuler di Indonesia"

  1. kalo aku sudah tahu kalo mangga itu dari india yang kini bisa ditemukan di indonesia. mangga bikin aku pengen makan, haha. kalo yang masih muda enak tuh dibikin rujak. iyuh ...... malah berasa ngidam yo mas. haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukp bagus untuk ibu muda , mas beny...heee

      Delete
  2. Banyak juga ya jenis buah mangga,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas..sebetulnya mah..masih banyak lagi mas...

      Delete
  3. tapi kenapa mangga makan dan minum atau mangga masuk nggak termasuk buah sorotop ya?
    oo...mangga yang tak maksudkan mangga bahasa sunda....hadeuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang itu namanya mangga muda mang,,, yang bohai...

      Delete
  4. Golek favorit saya.. Punya pohonnya tapi udah ditebang.. Ada juga mangga putih. Sekayak masih muda, tapi manis banget.. Di Thailand banyak tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia..mba,, kayaknya mba jasmi pengalaman juga tentang, jenis buah mangga ya mba..

      Delete
  5. mangga mana lagi tuh yang paling mantab!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas indra, memang kalo makan mangga manalagi,,ngga ada bosenya, udaah makan minta lagi..heee

      Delete
    2. saya lagi ngidam nih, mas. kirimin satu donk

      Delete
    3. Heeeer...nanti di anter mas...haaa

      Delete
  6. Jenis-jenis mangga ternyata banyak juga ya, selama ini cuma tahu makan dan mengenal sedikit sekali jenis mangga aja, paling sering mangga indramayu dan harum manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah nyobain mangga gajah ya mba...mantep mba..makan 1..langsung kenyang...hee

      Delete
  7. begitu banyak jenis mangga, kira2 ada yg mau ngirimin saya satu nggak ya? (berharap sangat)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa...kesini aja mas..nanti di kasih 1kg..hee

      Delete
  8. ngiler bener mas, faforitku mangga golek, manalagi dan madu. jadi pingin rujak mangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas,,kalo buat rujak yang setengah matang, langsung petik dari pohonya,,mantap mas...

      Delete