GANTI BAHASA

Mengenal Beraneka Ragaman Jenis Labu Labuan

Setelah kemarin saya sudah posting tentang cara budidaya labu siam yang berkualitas, sekarang saya akan memostingkan kembali artikel tentang Mengenal Beraneka Ragaman Jenis Labu labuan.
www.dwisangpetani.com
Anak labu labuan
Gbr dari google

Seperti yang tertulis pada judul artikel' tentang mengengenal aneka labu, mungkin di pikiran sobat sudah terbayang labu itu seperti apa, warnanya, bentuknya dan juga kalo di masak itu rasanya seperti apa, itu yang mungkin terlintas di pikiran sobat. Semua itu karena sobat mungkin belum paham dan paham bangt tentang jenis labu ini.

Agar sobat tidak penasaran mari kita mulai saja tentang, mengenal aneka ragaman labu tersebut.

Mengenal Beraneka Ragaman Jenis Labu labuan


1. Labu Siam

Labu siam atau jipang adalah jenis tumbuhan labu labuan yang merambat dan dapat dimakan pucuk batang mudanya dan juga buahnya apa bila sudah di masak.

Tumbuhan jenis ini bisa merambat menjalar di tanah dan juga pula bisa memanjat seperti di para para atau pagar. Bisa di budidayakan di pekarangan, teras rumah atau bisa juga di tanam di dalam pot.

Utuk budidaya labu siam sangatlah mudah dan gampang utuk di praktekan, sehingga tidak jarang masyarakat menanam labu jenis ini di depan rumahnya.

Ciri ciri labu siam
  • Buahnya sebesar genggaman tangan orang dewasa, ada juga yang lebih.
  • Kalo masih kecil buahnya terlihat ada duri duri tipis, kemudian berubah menjadi hijau halus dan berwarna hijau kekuningan apabila sudah tua.
  • Berbiji satu, daging buahnya berwarna putih sedikit kekuningan dan bergetah.

Kegunan labu siam
  • Bisa di gunakan utuk pelengkap sayur seperti" sayur asem, gado gado, dan tumis labu.

2. Labu kuning atau labu parang

Labu kuning atau parang juga merupakan tanaman jenis labu labuan yang merambat, sama seperti tanaman labu yang lain pucuk batangnya yang masih muda bisa utuk di sayur.

Labu kuning atau sering di kenal dengan labu waluh ini, awalnya berasal dari benua Amerika yang sekarang meluas sampai ke asia, terutama di Indobesia.

Budi daya labu kuning ini banyak di gemari masyarakat, karena bisa tumbuh di jenis tanah apapun, baik dataran tinggi maupun rendah, suhu panas maupun dingin.

Ciri ciri labu kuning
  • Buahnya besar, bahkan lebih besar dari kepala manusia.
  • Berbentuk lonjong melebar, dan kelihatan bergaris pada masing bagian buah.
  • Apa bila muda berwarna hijau pekat, dan kalo sudah tua berwarna hijau kekuningan bahkan sampai kuning keseluruhan pada buahnya.
  • Dagingnya berwarna kuning, berbiji banyak, sedikit bergetah sampai sama sekali tidak bergetah.
Kegunana labu kuning
  • Labu kuning ini mempunyai kegunaan sebagi sayuran, manisan, membuat selai, kolak, dan bijinya bisa di sangrai utuk di makan mirip dengn kuaci.
  • Selain itu daging labu ini bisa di manfaatkan utuk kecantikan, dan kesehatan.

3. Labu air

Jenis labu air ini sangat mudah untuk di sayur, dan kulitnya' kalo sudah tua bila di keringkan bisa buat tempat air minum, labu air masih kerabat dekat dengan bligo rasanya pun tidak jauh berbeda.

Bentuk buah labu air ini berbeda beda dari bulat, lonjong, panjang. Tanaman ini termasuk jenis budidaya tanaman tertua, namun apabila di tuakan, bukan utuk tanaman pangan, dimanfaatkan sebagai alat rumah tangga.

Manfaat dari labu ini cukup banyak yang di antaranya yaitu,
-Mampu menurunkan panas tubuh yang tinggi
-mengatasi penyakit flu
-mengobati sariawan
-mengobati penyakit tiypus
-mengobati penyakit asma
-membersihkan paru paru dan lain lain.

4. Labu pahit atau pare

Labu pahit yang sering di sebut pare ini merupakan jenis labu labuan juga, namun labu pare ini berbeda dengan labu lainya. Yang membedakanya yaitu dari segi tanaman daun dan buahnya.

Kalo tanaman labu yang lain batang serta daunya besar, tapi kalo tanaman pare ini batang dan daunya kecil, daunya membentuk seperti jari jari, dan tingkat rambat pada tanaman jenis ini pun tidak terlalu jauh menjalar.

Kegunaan dan manfaat labu pait atau pare
Labu pare ini biasanya dibuat tumis, dengan rasa yang pahit dan khas pare ini bisa mengundang selera makan, apa lagi di tumis dengan campuran ikan teri asin, tentunya rasanya luarbiasa.

Disamping mantap untuk di masak, ternyata labu pare ini banyak manfaatnya untuk kesehatan, yang di antaranya yaitu"
Sebagai obat malaria, menambah nafsu makan, memperlancar pencernaan, dan obat untuk demam.

Kandungan pada jenis labu ini juga tidak boleh di ragukan lagi, karena banyak mengandung vitamin A, B, C yang cukup bagus untuk tubuh.

5. Labu ular atau pare belut

Labu ular atau pare belut ini, memang tidak setenar di banding dengan labu pahit atau pare. Labu ini di sebut dengan labu ular atau pare belut karena bentuk buahnya yang memanjang seperti ular dan belut, dengan panjang bisa mencapai 40 - 120cm dan berdiameter 5 - 8cm.

Tanaman labu ular atau pare belut termasuk dalam family Cucurbitaceae atau keluarga timun maupun labu air.
Yang cara penanamanya cukup mudah dan bisa tumbuh di mana saja, namun untuk saat ini bibji atau bibitnya susah di cari di pasaran.

Kegunaan pare belut
  • Pare belut bisa untuk di jadikan sayuran segar, baik sayur bening maupun sayur santan.
  • Biisa di jadikan bahan alternatif untuk obat cacing dan pencahar.

6. Labu oyong atau ridge gourd

Di daerah tanah air, jenis labu ini banyak di budidayakan, karena sangat cocok untuk di buat sayur .

Tanaman labu oyong ini biasanya di panen pada saat usia masih muda, karena apabila di panen sudah tua kalo di sayur berserat kasar dan alot.

Kegunaan labu oyong atau ridge gourd
  • Di jadikan bahan pelengkap sayuran, seperti" sayur bening, sup, dan bisa juga untuk di oseng.
  • Sebagai bahan obat, yang di percaya bisa mengobati radang usus, kolestrol, nyeri otot serta menormalkan siklus menstruasi.

7. Ketimun

Ketimun termasuk juga dari golongan labu labuan, jenis ketimun ini juga ada beberapa aneka ragam seperti"

Ketimun biasa, atau yang di sebut "timun" yang berciri ciri berkulit tipis, kalo muda berwarna hijau keputihan dan kalo tua berwarna coklat.
Jenis timun ini termasuk kelas unggulan karena kebanyakan petani menanam jenis timun ini, di karenakan ketimun ini apa bila panen' mudah untuk di pasarkan, yaitu karena banyak peminatnya. Di samping itu ternyata cara budidaya timun ini sendiri sangatlah mudah.

Ketimun watang, ketimun ini mempunyai kulit yang agak keras, apa bila muda berwarna hijo keputihan dan kalo tua berwarna kuning tua.

Ketimun wuku, ketimun ini berkulit agak keras, kalo muda warna kulitnya agak coklat dan tuanya berwarna coklat tua berkulit tebal.

Ketimun suri, jenis ketimun ini sering di jumpai masyarakat dan sangat di gemari pada saat bulan puasa. Ketimun ini bercirikan dengan buah besar, apabila masih muda berwarna putih, dan kalo tua berwarna kuning.

Kebanyakan kegunaan timun suri ini di manfaatkan sebagi pelengkap membuat es buah, sop buah, dan jus timun.
Timun suri ini jarang di jumpai kalo bukan pas bulan puasa, karena para petani kebanyakan memilih untuk menanam timun ini sebelum bulan pusa.

8. Semangka

Semangka masih tergolong kerabat labu labuan, karena rasanya manis dan segar, sehingga buah semangka banyak di gemari oleh kalangan masyarakat. Cara budidaya semangka pun tidak jauh berbeda dengan budidaya labu labu yang lain.

Cuman kalo semangka lebih identik dengan lahan kering, biasanya di musim kemarau dengan penyiraman secara rutin. Pada saat musim kemarau petani mengambil langkah untuk menanam semangka dengan tujuan" mengurangi penyakit pada semangka, menjadikan buahnya manis karena tidak terlalu banyak kandungan air, lain seperti pada saat musim hujan.

Kegunaan semangka
Semangka selain bisa di makan langsung, juga bisa untuk campuran es buah dan dijadikan hiasan gelas minum seperti di restoran ternama.
Selain utuk sekedar di santap semangka juga banyak mengndung vitamin, sehingga cocok utuk kebutuhan serat dan kebugaran tubuh.

9. Melon

Jenis labu ini juga tidak kalah jauh dengan semangka, buah ini juga merupakan primadona masyarakat. Karena rasanya manis, harum sehingga membuat ketagihan bagi para penyantapnya.

Utuk budidaya tanaman melon ini sangt perlu perawatan dan pemupukan yang teratur, sehingga melon terbebas dari hama dan bisa tumbuh besar dengn sempurna.

Kegunaan melon ini pun tidak jauh berbeda dengan buah semangka, bisa di makan langsung, buat campuran sop buah, buat bikin jus dan lain lain.

10. Penutup

Setelah sobat sudah mengerti tentang semua jenis labu labuan di atas, jadi sobat tidak merasa asing kalo memang keluarga besar jenis labu labuan ini ada beraneka ragam. Sekian dulu artikel tentang Mengenal Beraneka Ragaman Jenis Labu labuan ini, semoga bisa bermanfaat buat sobat. Atas segala perhatianya saya ucapkan TERIMAKASIH.

11 Responses to "Mengenal Beraneka Ragaman Jenis Labu Labuan"

  1. Oh,ternyata semangka termasuk jenis labu ya ms Dwi,,baru tahu nih..

    ReplyDelete
  2. ehternyata semangka dan ketimun pun masuk kedalamkategori labu-labu-an ya...ya udah atuh yang penting nggak masuk pelabuhan ya mang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee..benar sekali mang lembu..nanti kalo sudah yes...baru masuk pelabuhan..heee

      Delete
    2. kenapa labuan bajo nggak masuk kedalam labu-labuan ya?

      Delete
    3. Haaaa..bisa aja nih mamang,...

      Delete
  3. wah baru sadar kalau ternyata jennis labu ada banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas..jenis labu labuan ini sangat banyak sebenarnya...

      Delete
  4. Tahu saya hanya labu gosok��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia..pawarti,,,tapi kalo dari suku labu labuan ,banyak jenisnya pak.

      Delete
  5. wah oyong termasuk labu ya, hehe baru tahu mas kirain termasuk terong-terongan nah loh salah alamatkan

    ReplyDelete