GANTI BAHASA

Cara Mencangkok Tanaman Pepaya dengan Mudah

Setelah beberapa minggu yang lalau, saya menuliskan artikel tentang, cara paling jitu menanam pepaya, maka pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan bagaiman cara mencangkok tanaman pepaya.
www.dwisangpetani.com
Pepaya hasil cangkok
Foto dari google

Seperti yang mungkin sudah sobat ketahui, keistimewaan mencangkok sangat menguntungkan bagi kita, di samping pohonnya cepat berbuah, buah yang di hasilkan bisa lebat, karena umur tanaman yang di cangkok sudah pasti sama dengan induknya. Jadi di usahakan apabila mau mencangkok pepeaya lebih baik pilih induk tanaman pepaya yang sudah berbuah.

Keistimewaan mencangkok tanaman pepaya yang lain adalah' batang pohon tidak tinggi dan sangat bagus juga di tanam di pot atau polybag (plastik ukuran sedang), kenapa di bilang bagus..,? Karena akar pada tanaman pepaya hasil cangkokan ini tidak terlalu banyak, jadi kapasitas ruang pot untuk akar bisa maksimal.

Seperti kebanyakan proses mencangkok yang lain, cara mencangkok tanaman pepaya ini pun tidak jauh berbeda, pencangkokan pohon pepaya ini masih menggunakan tanah utuk perangsangan pertumbuhan akar.

Yang membedakan mencangkok pohon pepaya dengan mencangkok pohon lain adalah dari segi penyayatan atau melukai bagian batangnya, kalo untuk pohon pepaya cukup dengan membelah miring pada batang pohon, sedangkan pohon lain dengan cara mengupas melingkar pada bagian batang yang mau di akarkan.

Baik, mari di simak bagaimana cara mencangkok tanaman pepaya supaya sobat lebih paham dan jelas sehingga tidak ragu lagi untuk mencobanya.

Cara Mencangkok Tanaman Pepaya dengan Mudah



Alat dan bahan yang perlu di siapkan dalam proses penyangkokan adalah"
Pisau tajam, potongan kayu atau bambu yang di sayat halus.
Tanah olahan, tanah yang subur.
Plastik putih dan tali rafia.

Proses pencangkokan


www.dwisangpetani.com
Proses pencangkokan

Persiapan pohon


Dalam menyiapkan pohon pepaya yang mau di cangkok, sebaiknya pilihlah pohon yang sudah berbuah atau berbunga, dengan tujuan agar nanti setelah di tanam sudah langsung bisa menghasilkan buah. Sobat bisa pilih sesuai selera, jenis tanaman pepaya apa yang mau di cangkok.

Pengirisan batang


Irislah batang dengan menggunakan pisau yang tajam dengan posisi melajur ke atas tapi hati hati jangan sampai putus, kira kira dalm irisan ½ batangnya saja.

Pengganjalan


Setelah di iris agar kulit pada pohon pepaya tidak menyatu kembali, maka lakukanlah pengganjalan pada irisan tersebut, sobat bisa gunakan belahan bambu sebagai ganjalannya.

Pembukusan cangkokan


Ini adalah langkah terahir dalm proses pencangkokan pepaya, yaitu membungkus irisan pada batang tanaman pepaya.

Sebelumnya sobat siapkan dulu media tanah yang sudah di suburkan dengan pupuk organik, kemudian tanah tersebut masukan ke plastik ukuran ½ kg, kemudian di ikat.

Setelah media tanah sudah di bungkus plasyik, kemudian belah plastik tersebut pada bagian sisinya saja' secara memanjang kebawah.

Langkah berikutnya tempelkan media tanah ke bagian batang pepaya yang telah di iris tadi dengan cara" menekan plastik secara merata pada batang pepaya, kemudian ikat dengan tali rafia sampai kencang, lalu buatlah lubang kecil kecil dengan cara di tusuk tusuk menggunakan lidi, bertujuan utuk sirkulasi udara dan lubang air agar pada saat penyiraman air bisa masuk. Lakukan penyiraman 1 minggu 2 kali untuk menjaga agar tanah pada cangkokan tetap lembab dan tidak kering. Lebih jelasnya lihat contoh gambar di atas.

Baca juga
Pengertian buah pepaya dan jenis jenisnya

Proses pencangkokan selesai, tinggal menunggu 3 minggu atau 1 bulan utuk bisa memindahkan cakokan kepot atu ke lahan tanam.

Setelah menginjak 3 minggu sampai 1 bulan biasanya akar sudah memenuhi media cangkokan. Terus apa yang harus sobat lakukan setelah cangkokan sudah berakar...?

Yang perlu sobat lakukan adalah, segera memangkas kemudian di tanam, berikut caranya"
www.dwisangpetani.com
Proses penanaman
Hasil Cangkokan

Potong batang pohon tanaman pepaya tepat di bawah cangkokan, kemudian siapkan media tanam sobat bisa menggunakan pot atau di lahan tanah lepas, buatlah galian dengan ukuran sesuaikan lebar cangkokan.

Kemudian bukak plastik cangkokan dengan hati hati jangan sampai tanah hancur dan akar rusak, karena bisa mengakibatkan gagal tanam.

Apabila plastik sudah di bukak, kemudian segera di tanamkan dan urug kembali sambil tanah di tekan biar kencang. Tancapkan kayu atau bambu dan ikatkan pada cangkokan untuk mencegah goyahnya tanaman pepaya apabila terkena angin atau hujan. Lakukan penyiraman secara rutin dengan mengecek kelembaban tanah.

Utuk lebih jelasnya tentang cara mencangkok pohon pepaya ini, lihat vidionya"
vidio cara mencangkok tanaman pepaya.

Vidio cara menanam cangkokan pepaya di dalam pot.

Bagai mana sob cukup mudah kan' untuk di praktekan, selamat mencoba Cara Mencangkok Tanamn Pepaya dengn Mudah ini semoga bermanfaat,
TERIMAKASIH

16 Responses to "Cara Mencangkok Tanaman Pepaya dengan Mudah"

  1. Wah ternyata pepaya bisa di cangkok juga ya Mas,kira-kira bertahan berapa lama pelayannya Mas?

    ReplyDelete
  2. Pepaya cangkokan bisa bertahan 2-3 tahun mas, asalkan rajin merawatnya,,selalu dalam keadaan subur, jadi tanaman bisa awet muda..

    ReplyDelete
  3. Saya masih belum paham proses pengirisan batang, misal di iris seperti menyangkok pada umumnya bisa ngak ya kang dwi !

    ReplyDelete
  4. Proses pengirisanya sama dengan menggorok batang mas jun, cuma kalo ini nggoroknya miring ke atas, kira kira ½ dari batang mas,,lalu di ganjel pake apa aja yang penting ada celahnya..gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kang dwi, kapan2 langsung saya praktekkin.. Dari pada menanam dengan bijinya.. Mending nyangkok cepat membuahkan hasil.. Hehe

      Delete
    2. Benar..mas,,,punya tetangga aja di cangkok mas..heee

      Delete
  5. Baru tahu kalau ada cara mencangkok pepaya mas, cara ini seperti nya lebih cepat daripada nanam dari bijinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas...hasil cangkokan ini juga bagus di tanam di depan rumah untuk hiasan.

      Delete
    2. Pepaya jenis buah yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin, tak heran jika para petani akan terus membudi dayakan jenis buah pepaya ini

      Delete
    3. Betul..sekali mas..mudah ditanam, berbuah terus lagi...
      Begitulah tanaman pepaya

      Delete
  6. Kelebihan lainnya kayaknya terletak di ukuran tanamannya yang biasanya juga lebih mungil ya mas, tapi dengan buah yang lebat... nice sharing mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, mas hendra' buahnya lebat seperti pohon pepaya yang batangnya,,tinggi tinggi kebanyakan mas...

      Delete
  7. Jadi pepaya pun bisa dicangkok,ya mas? Saya baru mendengar ini lagi prosesnya pun juga cukup mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mva caranya cukup mudah..dan simpele..

      Delete
  8. Baru tahu kalau pepaya bisa dicangkok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar bu..dan hasilnya jg lumayan bagus bun..

      Delete