GANTI BAHASA

Jenis Buah Jeruk yang Lagi Populer di Indonesia

Masih penasaran' dengan buah jeruk yang ada di indonesia. Tidak perlu mencari satu persatu, sampai sobat tau semua jeruk jeruk yang sedang berkeliaran di indonesa ini..."cape"..

Cukup dengan membaca artikel dwisangpetani ini, sobat akan tau jenis jenis jeruk yang ada di indinesia.
dwisangpetani.com
Macam macam buah jeruk
Penerbit dari google

Sebetulnya buah jeruk itu darimana sih..pak..?

Menurut wikipedia' buah jeruk itu berasal dari asia timur dan asia tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari jepang terus belok ke arah india bagian timur.

Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari asia timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis, dan jeruk purut berasal dari asia tenggara, termasuk indonesia.

Buah jeruk banyak sekali jenisnya, karena dengan cara menyilangkan antara sepesies jeruk yang satu dengan jeruk yang lain sehingga menghasilkan hibrida antar sepesies yang khas, jadinya menghasilkan buah jeruk yang berbeda atau tidak sama dengan induknya.

Ke anekaragaman ini membuat bingung untuk mengenali jenis jenis buah jeruk, karena begitu banyaknya.

Tapi sudah dapat di pastikan dan dikenali oleh kebanyakan para petani, yaitu buah jeruk yang namanya sudah populer di kalangn masyarakat.

Apa saja sih' buah jeruk yang di maksud..?

Yuk''' di simak penjelasanya di bawah ini...

Jenis Buah Jeruk yang Lagi Populer di Indonesia


Jeruk manis

dwisangpetani.com
Jeruk manis
Penerbit dari google

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa buah jeruk beraneka ragam karena sudah di silangkan antara spesies jeruk manis yang satu dengan yang lain.

Seperti jeruk manis ini, di indonesia banyak sekali jenisnya, seperti" jenis jeruk manis keprok yang menyangkup banyak sepesies seperti"
Keprok boci (jeruk mandarin)
Keprok brastepu
Keprok cina konde
Keprok fremonte
Keprok garut
Keprok ponkam
Keprok madura
Keprok batu atau puncen.
Itulah contoh dari macam jeruk keprok.

Kembali kejeruk manis, jeruk manis ini mempunyai rasa yang tentunya seperti namanya yaitu manis. Sehingga banyak di minati oleh kalangan masyarakat, dan juga karena harganya yang relatif murah.

Sangat cocok untuk di simpan di kulkas sobat sebagai pelengkap buah buahan.

Jeruk lemon

dwisangpetani.com
Jeruk lemon
Penerbit dari google
Jeruk lemon berwarna kuning muda berkulit licin, dan mengandung banyak air.

Jeruk lemon ini juga banyak di manfaatkan oleh pemilik restoran sebagi hiasan minuman. Juga utuk pelengkap bumbu masakan.

Buah jeruk lemon ini berasal dari asia timur, yang berbentuk bulat lonjong, dengan rasa asam agak kemanisan sedikit.

Jeruk pacitan

dwisangpetani.com
Jeruk pacitan
Penerbit dari google
Sebetulnya jeruk pacitan, tergolong dari jenis jeruk manis. Di banding dengan jeruk keprok, jeruk pacitan ini sedikit lebih unggul, dengan rasa yang lebih manis.

Jeruk pacitan biarpun belum begitu tua rasanya sudah manis jadi cocok untuk bayai, sehingga dikenal masyarakat sebagai jeruk baby.

Berkulit tipis bulat agak lonjong dan kalo sudah masak warna daging kuning kemerahan, itu sedikit ciri dari buah jeruk pacitan.

Jeruk sukade

dwisangpetani.com
jeruk sukade
Penerbit dari google
Jeruk sukade dalam bahasa latinya citrus medica adalah sebuah sepesies yang pada umumnya mempunyai kulit tebal, dengan bagian dalam yang kecil kecil, yang berasal dari asia tenggara.

Jeruk sukade ini sering di manfaatkan masyarakat untuk di jadikan manisan, selai dan sebagai pelengkap masakan dapur.

Jenis jeruk ini sangat unik, dengan tekstur permukaan yang kasar, dan terdapat banyak benjolan, dengan rasa yang asam sehingga banyak mengandung vitamin C, berkulit tebal dan berdaging tipis.

Jeruk nipis

dwisangpetani.com
Jeruk nipis
Penerbit dari google
Jeruk nipis merupakan jeruk yang mempunyai ukuran kecil, dan berkulit tipis, kalau masih muda berwarna hijau tua, sedangkan kalo sudah masak atau tua berwarna hijau kekuningan.

Jeruk nipis merupakan jeruk yang banyak di sukai ibu rumah tangga, selain di manfaatkan untuk kebutuhan dapur, jeruk nipis ini juga bisa untuk mengobati penyakit batuk, dengan cara dicampur kecap dan diminum.

Jeruk orange

dwisangpetani.com
Jeruk orange
Penerbit dari google
Tentu sobat tidak asing lagi dengan buah jeruk orange ini, dengan buah berbentuk bulat berwarna kuning, dan rasanya yang manis bercampur masam ini, yang sering di gunakan untuk membuat jus yaitu orange jus.

Sehingga jeruk orange ini banyak di cari oleh pengusaha pembuatan jus tepatnya di restoran.

Jeruk orange juga banyak mengandung fitamin C, dan juga di manfaatkan utuk bahan pembuatan sabun bahkan kecantikan.

Jeruk pontianak

dwisangpetani.com
Jeruk pontianak
Penerbit dari google
Jeruk pontianak ini, berbentuk bulat lonjong, berkulit tipis, licin mengkilap. Jeruk jenis ini merupakan salah satu jeruk terpopuler di daerah pontianak, jadi di namakan jeruk pontianak.

Sebetulnya jeruk ini bukan asli dari pintianak, tapi dari kecamatan tebas, kabupaten sambas. Karena merek produknya bernama pontianak jadi tenar dengan sebutan, jeruk pontianak.
Dalam istilah bahasa melayu" tebas punye jeruk, pontianak punnye name..

Jeruk mandarin

dwisangpetani.com
Jeruk mandarin
Penerbit dari google
Jeruk ini merupakan tanaman asli melayau, tetapi sekarang penyebaranya sudah meluas, keseluruh dunia yang beriklim tropis maupun subtropis.

Jeruk mandarin terkenal dengan daging buah berwarna orange muda, rasa bervariasi tergantung varietas, tapi kebanyakan rasanya manis segar, agak asem sedukit.

Jeruk grapefruit

dwisangpetani.com
Jeruk grapefruit
Penerbit dari google

Jeruk ini bentuknya besar, berwarna orange, dengan daging yang berwaarna merah keunguan seperti anggur.

Jeruk grapefruit bentuknya besar, mirip dengan jeruk bali namun jeruk ini lebih kecil, lain dengan jeruk bali yang kulitnya kehijauan.

Menurunkan kadar kolesterol dan membuat kulit halus adalah sebagian dari manfaat jeruk ini.

Grapefruit banyak di kembangbiakan di daerah amerika serikat, tapi sudah ada keberadaanya di indonesa, karena datang dari inspor luar negri. Sobat bisa menemukanya di supermarket kelas atas.

Jeruk bali atau pomelo

dwisangpetani.com
Jeruk bali
Penerbit dari google
Jeruk bali atau jeruk besar, adalah buah jeruk terbesar di antara kalangan buah jeruk yang lain.

Nama pamelo sekarang di sarankan oleh departemen pertanian karena, jeruk ini tidak ada kaitanya dengan bali.

Jeruk ini cukup besar, kulitnya berwarna hijau sampai hijau kelabu, sedangkan dagingnya berwarna merah, rasanya manis apabila sudah tua.

Jeruk darah

dwisangpetani.com
Jeruk darah
Penerbit dari google
Jeruk darah merupakan jeruk dari negara italia yaitu di daerah sisilia. Warna daging buah jeruk darah sangat mencolok dengan gradasi warna mulai dari oranye berserat merah gelap, merah oranye, merah terang keungu unguan dan merah ke hitam hitaman.

Selain warnanya yang unik ternyata buah ini mempunyai rasa asem manis yang mirip dengan buah raspberry. Tak hanya itu, buah ini ternyata mempunyai kandungan gizi yang tinggi.

1 gelas air perasan jeruk ini mengandung karbohidrat, mineral dan serat yang mudah di cerna.

Jeruk Jarpaya

dwisangpetani.com
Jeruk jerpaya
Penerbit dari google
Jeruk ini mirip dengan bentuk pepaya mempunyai kulit, daging, dan biji didalam.

Jeruk ini tergolong jeruk yang unik, karena kulitnya yang berpori besar layaknya buah jeruk, namun daging buahnya padat seperti pepaya, rasanya seperti jeruk.
dwisangpetani.com
Jeruk jerpaya
Penerbit dari google

Jeruk pepaya konon ditemukan oleh uztad fauzi, tahun 1988. Berawal dari di beri okeh seorang kakek tua yang berumur 90an, karena sang uztad merasa ini adalah pemberian maka bibit ini di tanam deket kolam, setelah berbuah ternyata buahnya besar dan berbentuk seperti pepaya.

Pada waktu itu sempet heboh sehingga banyak di budidayakan oleh masyarakat.

Jeruk Purut

dwisangpetani.com
Jeruk purut
Penerbit dari google
Jeruk purut merupakan jenis tanaman perdu, yang dimanfaatkan, terutama daun dan buahnya sebagai pelengkap atau pewangi makanan.

Ciri khusus jeruk ini, pohonya berbenyuk pohon kecil/perdu, rantingnya berduri, daunya membentuk khas 2 helai daun yang bersamaan, daun mudanya berwarna ungu, buahnya kecil tidak lebih dari 2 cm.

Buahnya bulat, beraroma has wangi purut, rasanya masam, permukaan kulitnya kasar dan berlapis tebal. Perkembangbiakan dengan cara biji atau cangkok dan okulasi.

Jeruk purut ini banyak di manfaatkan, oleh masyarakat sebagi penghilang bau amis pada ikan, sebagi pengharum makanan seperti somay dan soto.

Jeruk santang

dwisangpetani.com
Jeruk santang
Penerbit dari google
Jeruk santang bisa di sebut jeruk santang madu atau jeruk madu, merupakan varietas jeruk yang unggul berasal dari cina.

Ciri has jeruk ini, buahnya berkulit orange terang dan berbiji sedikit, buah berbentuk lonjong.

Buah jeruk santang di sukai semua kalangan penggemar jeruk, buahnya kecil sampai sedang rasanya yang sangat manis, sehingga di sebut juga jeruk madu.

Di budidaya dengan biji maupun okulasi dan juga cangkok. Tumbuh di dataran rendah sampai tinggi, dengan suhu panas maupun dingin. Sarat berbuah dari awal tanam bibit okulasi 1-2 tahun.

Jeruk michi

dwisangpetani.com
Jeruk michi
Penerbit dari google
Jeruk ini mirip dengan jeruk santang, cuman seruk michi sedikit lebih manis dari pada santang.

Jeruk mici biasanya dibungkus dengan jaring benang yang di jual di pasaran, jeruk ini laris manis kalo di jual pada masa imlek.

Jeruk Kumquat

dwisangpetani.com
Jeruk kumquat
Penerbit dari google
Jeruk kumquat atau biasa di sebut jeruk kingkit merupakan keluarga jeruk jerukan (rutaceae), buahnya mirip dengan jeruk keprok atau orange, hanya saja buahnya lebih kecil dan berbentuk oval.

Jeruk ini pada saat masih muda kulitnya hijau dan akan berubah menjadi orange muda pada saat sudah masak atau tua. Rasanya manis sedikit asam, dan tergolong jeruk segar.

Jeruk medan

dwisangpetani.com
Jeruk medan
Penerbit dari google
Jeruk medan merupakan salah satu jeruk agroindustri yang berasal dari sumatra utara. Yang kini sudah menyebar ke seluruh pelosok tanah air, karena lewat jalur pemasaran.

Jeruk medan (citrus sinesis) ini, buahnya berukuran sedang, tangkainya kuat, berbentuk bulat lonjong atau bukat rata (papak).

Ujungnya papak bergaris tengah dengan 4 - 12 cm. Buah yang masak berwarna orange kuning hijau kekuningan, beraroma harum, kulit halus dan tipis, agak sedikit kusam.

Bagian sisi berwarna kuning orange tua dan makin kedalam berwarna putih kekuningan. Jeruk ini rasanya manis segar, lebih cocok di tempatkan pada tempat yang sejuk.

Jeruk jari buda

dwisangpetani.com
Jeruk jari buda
Penerbit dari google
Jeruk ini tergolong jeruk yang unik karena bentuknya yang menyerupai jari tidak beraturan, maka dari itu orang cina menamakn jeruk jari buda.

Jeruk jari buda ini, mempunyai kandungan khusus sebagai obat, sakit perut, gangguan pencernaan, dan masuk angin. Dengan cara memotong tipis tipis, kemudian di keringkan. Kemudian di rebus dan air rebusanya di minun.

Jeruk satsuma

dwisangpetani.com
Jeruk satsuma
Penerbit dari google
Jeruk satsuma adalah salah satu jeruk yang mampu bertahan di tempat yang dingin, jeruk ini berasal dari jepang.

Buahnya mirip dengan buah pir, yaitu banyak mengandung air, dan beraroma khas jeruk.

Ada beberapa jenis jeruk satsuma yang diantaranya yaitu"
Owari satsuma, yang hampir tidak berbiji dan wase yang buahnya segar.

Jeruk Navel

dwisangpetani.com
Jeruk navel
Penerbit dari google
Jeruk ini merupakan jeruk yang unik karena hanya mempunyai 3 sekat pada bagian dagingnya,.

Disebut navel karena di bagian bawah pada jeruk tersebut, terdapat lubang yang menyerupai pusar manusia (dalam bahasa inggris= Navel).

Jeruk ini banyak di budidayakan di daerah Brazilia, California, Aruzona dan Florida.

Baca juga
Panduan lengkap cara budidaya tanaman jeruk
Khasiat buah jeruk untuk kesehatan dan kecantikan

Penutup

Demikianlah jenis buah jeruk yang lagi populer di indonesa, untuk keterangn yang saya bisa sampaikan hanya sekedar pengetahuan dasarnya saja. Jadi maaf kalo ada sedikit kekeliruan yang mungkin menurut sobat tidak sesuai, yang penting sobat sobat semua bisa tau macam macam buah jeruk dan jenisnya, semoga bermanfaat. TERIMAKASIH.

18 Responses to "Jenis Buah Jeruk yang Lagi Populer di Indonesia"

  1. wah baru tau banyak juga jeruk di Indonesia, terutama jeruk darah :v nyeremin gan wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia..bener sekali gan, makasih kunjunganya.

      Delete
  2. Wah banyak juga ya jenis-jenis jeruk
    yang bikin penasaran jeruk grapefruit sama jeruk darah, kok tampilannya beda ya, ingin mencoba tp di indo jarang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di indo tersedia di toko buah,kelas atas gan, seperti Al fresh,atu yang lain.

      Delete
  3. Baru tau ada jeruk tapi bentuk aneh gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia gan, kebanyakan jeruk dari hasil penyilangan gan.

      Delete
  4. krena khasiat jeruknya belum diganti maka saya maennya keruangan jenis buah jeruk yang top di Indonesia ini nih.
    Salam sehat dan ceria selalu yeah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salm balik mang,..ia nih mang' blum sempet liris artikel baru lg banyak kerjaan mang..

      Delete
  5. mantabb.. jadi pengen makan nih mas

    ReplyDelete
  6. walah banyak juga jenis jeruknya, yang enak jeruk grapefruit kayanya duh ngiler bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa..tinggal comot aja mas..sus...hee

      Delete
  7. Paling sering beli jeruk medan, itu yang banyak sih di kampungku, penasaran dengan jeruk darah belum pernah lihat apalagi merasakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mba, jeruk medan rasanya mantep,,bikin ketagihan..

      Delete