GANTI BAHASA

Pengertian Pepaya dan Jenis Jenisnya

Apa kabar sobat petani....?

Jawab dengan lantang .."SUKSES"

Untuk kesempatan kali ini, saya dwisangpetani akan menuliskan artikel yang sebetulnya adalah pelengkap dari artikel saya sebelumnya, yaitu Cara Paling Jitu Menanam Pepaya

Yang mana artikel saya sebelumnya membahas cara budidaya tanaman pepaya, kali ini saya akan membahas "Pengertian Pepaya dan Jenis Jenisnya" kita langsung saja ketopik yuk..

Sebetulnya Apa sih pepaya itu...
dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google
Pepaya adalah" Tumbuhan yang berasal dari meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan yang kini sudah menyebar luas di tanam di daerah yang ber iklim tropis untuk di manfaatkan buahnya.
Pepaya juga satu satunya tanaman dari jenis genus carica, yang mana awal namanya di indonesia, di ambil dari bahasa Belanda yaitu papaja, yang pada giliranya di ambil dari bahasa Arawak yaitu papaya. Kemudian oleh bahasa jawa pepaya disebut kates / gandul.

Buah pepaya ini sudah menjadi faforit masyarakat kalangan dunia, seperti di Indonesia sediri sudah beribu ribu petani membudidayakan tanaman ini.

Selain di makan dalam bentuk masak, buah pepaya yang muda, juga bisa untuk di buat sayuran pelengkap lauk, untuk santapan sehari hari, sebagai teman nasi. Buah pepaya juga banyak mengandung serat yang sangat baik untuk membatu melancarkan pencernaan dalam tubuh.

Selain buahnya, daun pepaya pun bisa di olah sebagai, bahan makanan seperti buntil, pecel, dan untuk membuat obat jamau nafsu makan. Bahkan banyak di manfaatkan oleh kalangan restoran sebagi bahan pelunak daging.

Di Indonesia beraneka ragam jenis pepaya yang sering di budidayakan oleh para petani yang di antaranya" pepaya bangkok, pepaya callina, pepaya cibinong, pepaya hawai, pepaya emas, pepaya arum bogor, pepaya red lady, pepaya gunung. Pepaya california mari kita ulas satu persatu"


Pengertian Pepaya Dan jenis jenisnya




1. Pepaya Bangkok


dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google
Pepaya bangkok ini merupakan jenis pepaya yang berukuran super jumbo, dan mempunyai daging buah yang tebal dengan rasa yang sangat manis.

Berbudidaya tanaman pepaya bangkok sangat menguntungkan, setiap batangnya bisa menghasilkan 15- 20 buah, dan bisa berbuah setelah 5-7bulan setelah tanam, dengan pemanenan 7 hari sekali.

Pepaya bangkok bisa di tanam di tanah dataran rendah tinggi maupun sedang, sehingga para petani senang dengan budidaya tanaman ini.

Dengan rasa yang manis, buah yang besar, daging yang tebal sehingga banyak konsumen yang suka dengan pepaya bangkok ini.


2. pepaya callina


dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google
Pepaya Callina ini adalah jenis pepaya yang lagi ngetren di bududayakan masyarakat. Pepaya ini merupakan jenis tanaman california yang di muliakan menjadi varietas callina atau juga IPB -9. Pepaya ini adalah hasil pemuliaan PKBT -IPB.

Pepaya unggul dari jenis callina, sangat berpotensi jika di budidayakan secara intensif. Pepaya callina ini mampu berbuah tanpa mengenal musim.

Rasanya manus, pepaya ini mempunyai tinggi pohon yang cukup ideal yaitu hanya 1,5 m buahnya sudah lebat.

Buah pepaya callina ini tidak terlalu berat, 0,8 -2 kg tiap 1 buahnya. Berkulit tebal, buh lonjong dan buah matang cenderung dengan kulit kuning, rasanya manis, tekstur yang kenyal daging yang tebal.

Pepaya jenis callina ini bisa di budidayakan dengan penanaman, 1 hektar bisa di tanami 1000 sampai 1500 pohon /hektar.

Tanaman ini mudah di budidayakan karena bisa di tanam di tanah yang kandungan air sedikit bahkan kering. Tanaman pepaya callina adalah komonditas tanaman yang cocok untuk memaksimalakan tanah marginal yang tidak produktif menjadi produktif yang sangat menguntungkan dari segi ekonomi.

Jenis pepaya ini sangat di gemari petani, karena produktifitasnya sangat tinggi dan juga harganya juga lumayan tinggi.


3. Pepaya Cibinong


dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google
Pepaya cibinong ini mempunyai ciri tersendiri yaitu" buah yang sudah masak biasanya pada ujung buah berwarna kuning, yang terlihat pada warna kulitnya. Sedangkan bagian kulit yang lain berwarna hijau.

Buahnya panjang dengan postur yang besar, 1 buah bisa menycapai 2-2,5 kg. Pangkal buah kecil, dan membesar pada bagian tengah buah dan melancip pada ujung buah.

Permukaan kulit buah halus dan tidak rata, daging buah berwarna merah ke kuningan.

Buahnya manis, dengan tekstur daging yang keras, cocok jika di kirim ke luar daerah, karena buah tidak mudah bonyok.


4. Pepaya Hawai


dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google
Pepaya hawai ini mempunyai bentuk yang kecil, mungil, imut imut, bentuknya bisa bulat penuh dan juga ada yang sedikit memanjang.

Pepaya mungil ini biasa di sebut pepaya solo, tetapi bukan berarti berasal dari solo, di sebut demikian karena cara makanya yang pas di santap secara solo, atau 1 buah cukup buat satu orang.

Bagi sobat yang senang dengan makan buah sekali santap, buah pepaya ini adalah jawaban yang paling tepat.

Buah pepaya ini terbilang kecil ukukuranya berkisar, 0,5 kg/ buah. Dagingnya tebal dan rasanya manis, warna dagingnya merah kekuningan.

Tanaman jenis pepaya hawai ini, dibudidayakan dilahan yang cukup kandungan air. Saat berbuah biasanya tiap tangkai batang di tumbuhi banyak buah kecil yang kesanya buahnya melimpah.



5. Pepaya mas


dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google
Jenis pepaya ini merupakan pepaya yang sudah langka, karena jarang sekali para petani membudidayakan tanaman ini. Dikarenakan tanaman ini tumbuh di daerah tertentu.

Pepaya mas ini identik dengan warna kuning, biarpun muda bahkan sudah tua atau matang. Yang membedakan tanaman mas ini antara matang atu belumnya adalah" bila matang, buahnya di pengang empuk, sedangkan yang masih mentah buahnya keras.


6. Pepaya Arum Bogor


dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google
Varietas tanaman pepaya arum bogor merupakan hasil dari pemuliaan yang di kembangkan oleh prof.dr. Sriani sujiprihati, dari Pusat Kajian Buah buahan Tropika IPB. Varietas ini telah mendapat sertifikat pendaftaran pemuliaan dari Pelidungan Varietas Tanaman (PVT) kementrian pertanian pada tanggal 1 agustus 2007.

Buah pepaya arum bogor mempunyai bobot sekitar, 634 gr/ buah. Berbentuk lonjong kecil dengan panjang 14 cm dan diameter buah berukuran 10 cm.

Daging buah arum bogor berwarna kemerahan/jingga, dengan rasa yang sangat manis dan kulit buah berwarna hijau sedang.

Umur petik buah pepaya arum bogor berkisar 140 hari dari proses berbunga. Juga mempunyai keunggulan bersosok kecil dan mungil, berukuran 0,63 kg sehingga mudah di konsumsi, tinggal di belah 2 dan disantap menggunakan sendok. Pepaya ini bisa berpotensi menyaingi keberadaan pepaya hawai.


7. Pepaya Red Lady


dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google
Pepaya red lady dikenal sebagai pepaya yang mempunyai kandungan kemanisan yang sangat tinggi. Untuk 1 buah pepaya saja mempunyai tingkat kemanisanya 13% di banding jenus pepaya yang lain.

Pepaya red lady mempunyai dagig buah yang berwarna jingga bercampur merah, kulit berwarna jingga dan agak tipis.

Bentuk buah ini memanjang dan ada juga yang lonjong juga bulet.


8. Pepaya Gunung


dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google
Pepaya gunung yaitu jenis pepaya perudu yang tidak berkayu seperti tanaman kebanyakan (carica). Tetapi mempunyai cabang yang makin banyak dan ukuran tanaman lebih kecil.

Tinggi rata rata yaitu berkisar antara 1- 2 meter. Bunga jantan mempunyai tangkai panjang sekitar 15 cm dan betina mempunyai ukuran lebih besar dengan tangkai yang pendek.

Buah pepaya gunung mempunyai bentuk bulat telur dengan panjang 6- 10 dan dia meter 3-4 cm.

Buah yang masak mempunyai struktur buah telur lonjong sungsang, dengan duameter 3-8 cm dan panjang 6- 15 cm. Dagingnya ber tekstur keras dan berwarna kuning jingga, rasa sedikit asam dan berbau harum.

Buah yang belum masak memiliki kulit yang berwarna hijau gelap dan bisa berubah kekuningan setelah buah masak.

Buahnya mempunyai kandungan getah dan getah ini bisa semakin berkurang setelah buah mendekati masak. Getah pada pepaya ini mempunyai kandungan papain yang berupa proteolitik.


9. Pepaya California


dwisangpetani.blogspot.com
Gbr dari google
Pepaya California yakini pepaya yang lagi menjadi primadona di seluruh market di indonesia, penghasil enomi terbanyak karena banyak penggemarnya.

Pepaya yang berbentuk lebih kecil dan berdiameter lonjong, berkulit halus dan cantik ini datang dari Ameruka Tengah tepatnya pada Karibia.

Dagingnya tebal kenyal dan manis, kulit sedikit tebal berbiji. Kebanyakan datang dari inpor, yang kualitas buahnya sempurna.

Kurasa sekian dulu "Pengertian Pepaya dan Jenis Jenisnya" dari saya. Semoga bermanfaat.
Baca juga
Cara mencangkok peoaya dengan mudah
Vidio mencangkok pepaya
Apakabar...SUKSES

18 Responses to "Pengertian Pepaya dan Jenis Jenisnya"

  1. Diantara 9 Pepaya itu yang paling manis yang mana gan? Maklum sukanya yang manis2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sbetulnya si,,hampir semua manis,,gan..
      Tapi kalo menurut selera aku lebih manis pepaya bangkok.

      Delete
  2. saya suka pepaya Bangkok gan, udah mah gede, warnanya merah beah maning banget. nice post!

    ReplyDelete
  3. Bikin laper nih gan.. nice artikel .. tapi aku lebih suka pepaya thailand gan heheh

    ReplyDelete
  4. Heeee..ia..makasih kunjunganya gan..

    ReplyDelete
  5. Yang paling murah pepaya apa ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya california gan yang murah..karena keberadaanya sudah menyebar kepelosok nusantara.

      Delete
  6. Baru tahu ada pepaya mas...unik tuh pepaya warnanya kalau udh matang

    ReplyDelete
  7. Tepat sekali gan..memang jenis pepaya mas ini,,sering di tanam sebagai penghias taman/teras rumah.

    ReplyDelete
  8. buah kaya vitamin & protein nih selain alpukat :) thx gan infonya

    ReplyDelete
  9. ternyata bnyak juga jenisnya, thanks info gan

    ReplyDelete
  10. Akhirnya says tau jenis-jenis pepaya yang enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia gan..silahkan di cicipi satu per satu..heee

      Delete
  11. Itu pepaya mas , mirip timun suri ? Apa emg timun suri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pepaya gan, hasil dari IPB. pepaya arum bogor.

      Delete